Pembaruan Chrome Berhasil Kurangi Penggunaan RAM di Windows 10

Pembaruan Google Chrome, Akhirnya Berhasil Hemat Penggunaan RAM di Windows 10

NESABAMEDIA.COMBulan lalu, Google dilaporkan secara internal sedang menguji coba sebuah fitur baru yang akan secara signifikan mengurangi penggunaan memori atau RAM di perangkat Windows 10 untuk browser Chrome. Dengan hadirnya Chrome 89, yang saat ini sudah tersedia untuk diunduh oleh publik, Google akhirnya mengaktifkan fitur dukungan ‘PartitionAlloc-everywhere’ di browser Chrome tersebut. 

Google sendiri juga telah melakukan konfirmasi bahwa Chrome 89 bisa memberikan pembatasan tab, membuang dan mengelola sumber daya yang lebih baik dengan adanya fitur dukungan ‘PartitionAlloc-everywhere’ tersebut.

Fitur ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja browser Google Chrome di Windows 10. Menurut tim pengembang Chromium, dukungan fitur ‘PartitionAlloc-everywhere’ itu memungkinkan browser Chrome dapat mengurangi penggunaan RAM, memuat halaman situs web lebih cepat dan menawarkan pengelolaan daya prosesor yang lebih baik. 

Lebih lanjut, fitur ‘PartitionAlloc-everywhere’ hadir dengan teknologi pengalokasian memori yang canggih, untuk mengurangi penggunaan memori di browser Chrome sampai dengan 22 persen dalam prosesnya. Demikian pula, Google juga mengatakan bahwa pembaruan telah mengurangi memori sebanyak 8 persen di perender browser dan 3 persen di GPU atau kartu grafis.

Google Chrome juga diklaim menjadi 9 persen lebih responsive, berkat adanya peningkatan pada fitur pengelolaan tab yang baru. 

Browser Chrome 89 juga menunjukkan adanya penurunan kecil dalam penggunaan memori di tab latar depan. Untuk mengurangi penggunaan memori tab latar depan tersebut, Google Chrome sekarang akan membuang tab latar depan secara otomatis dan mengklaim bisa mengembalikan memori sebesar 100MiB untuk setiap tab-nya. Jumlah ini bisa lebih dari 20 persen di beberapa situs populer. 

Selain memberikan peningkatan performa, Chrome 89 untuk Windows 10 juga hadir dengan dukungan awal untuk antarmuka berbagi modern, yang dalam waktu dekat memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membagikan halaman situs melalui aplikasi yang telah terpasang, seperti Outlook dan OneNote. 

Pengguna juga bahkan bisa menggunakan fitur berbagi modern itu untuk mengirimkan halaman situs ke perangkat terdekat melalui Wi-Fi ataupun Bluetooth. 

Perubahan di atas telah dirilis dengan Chrome 89 untuk Windows 10, dan Google juga mulai melakukan uji coba tambahan pada peningkatan baru lainnya. Misalnya, Google berencana untuk menggabungkan thread caches secara periodik pada sub proses dari browser Google Chrome. Hal ini akan dilakukan setiap prosesnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan performa rata-rata untuk GPU, rendering dan utilitasnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend