Browser Chrome Versi 89

Chrome 89 Bawa Antarmuka Berbagi Baru, Reading List dan Peningkatan Lainnya

NESABAMEDIA.COMGoogle Chrome 89 kini telah tersedia untuk semua pengguna Windows 10, Mac, Linux dan juga Android. Pembaruan ini memperkenalkan beberapa fitur baru, termasuk pengalaman pencarian tab yang baru, daftar baca, dukungan untuk antarmuka berbagi yang asli di Windows 10 dan banyak lagi. 

Seperti yang sudah diketahui, Windows 10 hadir dengan sebuah antarmuka pop-up spesial yang bernama “Share”, yang memungkinkan pengguna untuk meneruskan konten melalui aplikasi dan browser yang mendukung fitur tersebut. Misalnya, ketika pengguna mengklik tombol “Share” di File Explorer, sebuah panel untuk berbagi akan muncul, berisi daftar kontak, perangkat terdekat, dan aplikasi dan melalui itu semua pengguna bisa meneruskan tautan. 

Sejauh ini, hanya beberapa aplikasi Windows Store, File Explorer dan browser Edge yang telah mendukung antarmuka Share ini, namun Google kini telah bekerjasama dengan Microsoft untuk menyediakan dukungan tersebut di browser Chrome. 

Mulai Chrome versi 89, tombol berbagi untuk website yang mendukung akan membuka menu berbagi Windows 10, yang juga akan menawarkan kemampuan berbagi tautan ke perangkat terdekat melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Antarmuka berbagi ini juga akan bekerja dengan baik pada aplikasi Windows lainnya seperti Outlook dan Edge. 

Antarmuka Share Chrome 89

Antarmuka Share Chrome 89

Untuk saat ini, antarmuka berbagi ini bekerja di beberapa website tertentu saja. Namun, sepertinya akan mendapatkan tombol berbagi di menu untuk lebih mendukung antarmuka berbagi asli, berbagi dengan perangkat di sekitar, dan aplikasi Your Phone dari Microsoft. 

Selain itu, ada beberapa peningkatan lain yang dibawa oleh Chrome versi 89 ini, seperti:

Reading List

Chrome 89 adalah versi browser pertama yang menyertakan dukungan untuk fitur Read it Later (baca nanti), yang diharapkan akan bisa membantu pengguna untuk mengelola daftar bacaan.

Fitur Reading List Chrome 89

Fitur Reading List Chrome 89

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa mengklik pada tombol Bookmark dan memilih opsi daftar bacaan pada menu yang muncul. Pengguna bisa dengan mudah menuju ke daftar bacaan, dan akan menemukan tautan yang sudah dikategorikan dalam dua bagian, yakni daftar yang sudah dan belum dibaca.  

Kategori Reading List Chrome 89

Kategori Reading List Chrome 89

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini tidak akan aktif secara default, yang mengindikasikan bahwa perilisan fitur ini dilakukan secara bertahap. Jadi akan membutuhkan waktu agar fitur tersebut bisa tersedia untuk semua pengguna. 

Peningkatan Lain

  • Google telah menghentikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan prosesor x86 yang lama.
  • Aplikasi Web (PWA) kini bisa menggunakan NFC.
  • Peningkatan dukungan untuk keyboard dan gamepads yang sudah distandarisasi.
  • Tombol ‘Pasang’ baru di bagian address bar untuk aplikasi web.
  • Peningkatan pada performa secara umum, keamanan dan alat-alat pengembang.

Selain itu, Google diyakini juga tengah bekerja dalam peningkatan performa untuk Chrome, yang diperkirakan akan hadir pada akhir tahun ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend