Apa itu Overclock

Apa itu Overclock? Mengenal Pengertian Overclock

Pengetian Overclock

Pernah mendengar istilah overclock atau overclocking? Bagi Anda setiap hari selalu berurusan dengan dunia komputer, tentu istilah ini tidak asing. Overclock merupakan sebuah teknik atau cara yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer.

Adapun bagian yang nantinya akan “dipaksa” untuk bekerja lebih keras adalah clock rate. Artinya komponen tersebut akan menjalankan tugas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal.

Teknik overclock ini biasa dilakukan pada GPU maupun CPU. Akan tetapi, komponen yang lain pun juga bisa kita lakukan overclock. Tentu saja dengan menerapkan cara ini maka kinerja dari perangkat tersebut akan lebih cepat. Namun juga ada risiko yang harus ditanggung. Risiko tersebut adalah komponen tersebut akan cepat panas dan bahkan tidak menutup kemungkinan mengalami panas yang berlebih.

Untuk itu, maka Anda memerlukan sebuah pendingin yang luar biasa juga. Yang tidak kalah penting adalah perawatan rutin untuk menjaga agar komponen tersebut tidak sampai mengalami masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan secara terus-menerus, terlebih lagi jika komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang standar namun tetap Anda paksakan.

Manfaat Menggunakan Overclock

Manfaat Menggunakan Overclock

Adapun mengenai manfaat yang Anda dapatkan dengan melakukan overclock sudah sangat jelas. Komputer Anda akan terasa lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Anda bisa membuka beberapa program atau bahkan memainkan game dengan lebih smooth. Namun teknik ini semakin lama sudah tidak diperlukan lagi. Hal ini karena sudah banyak teknologi yang memiliki kecepatan dan performa yang bagus.

Kita ambil contoh, hard disk yang menerapkan teknik overclocking masih kalah dibandingkan dengan harddisk yang sudah SSD. Namun, ketika Anda melakukan overclock terhadap harddisk SSD tersebut, baru peningkatan performanya akan terlihat jelas. Dulu bagi para gamer, melakukan teknik ini merupakan hal yang perlu dilakukan.

Namun hal ini sudah mulai ditinggalkan, terlebih dengan adanya komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi mempuni. Anda bisa memainkan berbagai game tanpa harus melakukan teknik ini. Game-game tersebut sudah bisa Anda mainkan tanpa kendala.

Akibat Melakukan Overclock

Sebenarnya melakukan overclock terhadap perangkat di komputer atau laptop adalah hal yang tidak seharusnya Anda lakukan. Ini bisa mengakibatkan garansi komputer tidak berlaku. Selain itu, panas yang meningkat sementara tidak didukung oleh pendingin yang sesuai, maka akibatnya bisa fatal. Kemungkinan terburuknya CPU tidak bisa digunakan kembali alias rusak secara permanen.

Selain itu, ketika Anda sudah sering melakukan overclock maka kondisi ini berpotensi membuat kinerja komputer menjadi tidak stabil. CPU akan membuat kesalahan dan akibatnya menyebabkan mudah restart. Kesimpulannya, ketika Anda ingin melakukan overclock maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja risiko yang akan Anda alami.

Leave a Reply

Send this to a friend