Mengenal Pengertian Plug and Play

Apa itu Plug and Play? Mengenal Pengertian Plug and Play

Pengertian Plug and Play

Plug and Play atau yang terkadang juga disingkat PnP merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah perangkat yang langsung bekerja ketika perangkat tersebut tersambung. Anda tidak harus menginstal driver atau program tertentu agar perangkat tersebut bisa berjalan di komputer maupun laptop Anda. Sebaliknya, komputer akan secara otomatis mengenali perangkat tersebut dan langsung bisa Anda gunakan untuk menjalankan aktivitas sesuai yang Anda inginkan.

Dengan kata lain, ketika Anda hendak menggunakan perangkat yang tergolong plug and play, maka Anda tinggal mencolokkan perangkat tersebut dan bisa langsung menggunakannya. Misalnya keyboard maupun mouse yang bisa langsung Anda gunakan ketika Anda mencolokkan ke komputer. Anda tidak harus melakukan berbagai pengaturan atau konfigurasi atau bahkan menginstal driver tertentu.

Istilah plug and play ini sebenarnya mengarah pada perangkat tambahan atau perangkat periferal komputer. Istilah ini juga terkadang digunakan untuk hardware yang bersifat internal seperti hard disk dan kartu grafis yang juga termasuk plug and play.

Komputer akan secara otomatis mengenali perangkat tersebut segera setelah Anda berhasil memasangnya. Perbedaan antara komponen internal dan eksternal adalah untuk komponen internal biasanya mengharuskan Anda untuk mematikan perangkat terlebih dahulu.
Setelah itu, perangkat tersebut bisa Anda gunakan.

Sebaliknya, untuk perangkat eksternal sudah bisa langsung Anda gunakan tanpa harus mematikan komputer atau laptop. Bahkan ketika komputer sedang menjalankan tugas tertentu dan Anda mencolokkan komponen eksternal ini, maka seketika itu Anda bisa langsung menggunakannya.

Jenis-jenis Plug and Play

Pengertian Plug and Play

Ada dua jenis perangkat yang termasuk ke dalam plug and play yaitu perangkat plug and play internal dan plug and play eksternal. Informasi keduanya akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Perangkat plug and play internal: merupakan beberapa komponen yang ketika dipasang hanya ketika kondisi komputer atau laptop mati. Misalnya ketika Anda ingin memasang PCI, PCI Express, kartu gratif atau VGA, dan lain sebagainya
  • Perangkat plug and play ekstenal? merupakan komponen yang ketika dipasang tanpa harus menunggu komputer dalam kondisi mati. Beberapa contohnya seperti keyboard, mouse, USB, joystick, dan lain-lain

Tips Ketika Menggunakan Perangkat yang Termasuk Plug and Play

Agar perangkat plug and play yang Anda miliki dapat berjalan dengan normal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Pastikan bahwa BIOS sudah mendukung plug and play
  • Anda juga harus memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan juga telah support plug and play
  • Pastikan perangkat yang Anda gunakan atau anda colokkan ke komputer juga sudah mendukung plug and play

Jika ketiga hal ini telah terpenuhi, maka Anda tinggal mencolokkan perangkat periferal tersebut. Kemudian Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu menginstal atau melakukan pengaturan apa pun.

Leave a Reply

Send this to a friend