Laptop Framework Yang Mudah Dibongkar Pasang

Framework Bikin Laptop Modular Yang Komponennya Bisa Dibongkar Pasang

NESABAMEDIA.COMDidirikan oleh mantan teknisi Oculus Nirav Patel, Framework merupakan startup perangkat keras yang ingin memberikan solusi dalam siklus pendauran ulang teknologi yang lebih nyata. Terinspirasi dari proyek Ara Modular Phone milik Google yang sudah tidak lagi dilanjutkan dan juga proyek Fairphone, Framework mengenalkan produk laptop yang seluruhnya modular dan bisa diperbaiki bernama Laptop Framework.

Hadir lengkap dengan obeng di dalam paketnya, notebook dengan layar berukuran 13.5 inci itu terbuat dari komponen-komponen modular yang bisa dengan mudah dibongkar pasang ketika komponen itu mengalami kerusakan atau ingin dilakukan peningkatan untuk perangkat yang lebih baik lagi. 

Selain itu, setiap Laptop Framework 50 persennya terbuat dari aluminium daur ulang, 30 persen plastik daur ulang dan juga packaging dengan bahan yang bisa didaur ulang tanpa menggunakan bahan dasar plastik sedikitpun dan dikirimkan dengan bahan bebas karbon. 

Seperti klaim sebelumnya, semua komponen mulai dari harddisk, memori, modul Wi-Fi, layar, baterai dan keyboard bisa dibongkar pasang. Dilengkapi dengan soket standar industri, semua modulnya memiliki konektor berlabel tunggal, dengan semacam tombol sehingga memudahkan saat dilakukan pencopotan. 

Prosesor quad-core Intel generasi ke-11 dengan dukungan Wi-Fi 6, RAM sampai dengan 64GB DDR4 dan SSD NVME Generasi ke-4 4TB adalah komponen yang hanya bisa diganti atau dicopot beserta motherboardnya, dan kemudian dikirimkan ke Framework jika menginginkan penggantian. 

Sementara bagian port berada di samping perangkat yang terdiri dari colokan USB-C, USB-A, HDMI, colokan layar, MicroSD, SSD tambahan atau headphone yang bisa dipasang melalui colokan USB-C. 

Meskipun harga pasti dari perangkat Laptop Framework ini masih belum terungkap, namun produk ini akan mulai dirilis pada musim panas tahun ini dengan sistem operasi bawaan Windows 10 Home atau Pro dan sebuah edisi khusus dalam bentuk laptop yang belum terakit. 

Tentunya apa yang ditawarkan laptop ini menjadi jawaban keluhan pengguna perangkat komputer mobile yang begitu kesulitan ketika mengalami kerusakan pada salah satu komponennya. Terkadang pengguna harus mengganti satu perangkat di saat hanya ada satu komponen yang rusak. Apalagi kalau alasannya karena masalah kompatibilitas.

Leave a Reply

Send this to a friend