Perangkat PC Samsung Berbasis Windows 10 Dengan Exynos Chip

Samsung Bikin PC Windows 10 Dengan Chip Exynos dan AMD

NESABAMEDIA.COMSamsung Electronics dilaporkan tengah mengerjakan sebuah perangkat PC berbasis Windows 10. Perangkat PC ini diklaim akan menjadi perangkat yang unik, karena akan ditenagai oleh chip custom Exynos, yang akan disandingkan dengan kartu grafis buatan AMD. Diketahui, chipset tersebut bernama Exynos 2200

Dengan hadirnya perangkat PC ini nanti, Samsung menargetkan harga yang kompetitif dan di saat yang sama juga akan menjadi pembeda dari chipset Snapdragon milik Qualcomm. Untuk mewujudkan target tersebut, Samsung akan mengupayakan sinkronisasi pada bagian memori, layar, dan teknologi NAND Flash to APs. Sebagai informasi, Qualcomm selama ini telah memonopoli AP untuk perangkat Windows 10 ARM sejak tahun 2018. 

Lebih lanjut, laporan dari beberapa penyedia komponen utama dan rekan kerja Samsung juga menyatakan bahwa Samsung tengah menyiapkan peluncuran perangkat PC berbasis Windows 10 dengan chipset Exynos 2200 itu pada paruh kedua tahun ini. Meski tanggal pasti peluncuran perangkat itu masih belum jelas, diyakini akan dilakukan tepatnya pada kuartal ketiga tahun 2021, setelah dirilisnya smartphone Galaxy seri Note 21 yang segera hadir. 

Sayangnya detail lebih lengkap mengenai sosok perangkat PC berbasis Windows 10 buatan Samsung itu juga masih menjadi misteri, termasuk pada desain hingga spesifikasi komponen pendukungnya. 

Sementara itu, ada pernyataan dari salah satu pihak orang dalam Samsung yang mengatakan bahwa saat ini Samsung Electronics tengah melakukan peninjauan untuk memasang Exynos AP di notebook berukuran tipis yang mirip dengan Galaxy Book S yang dirilis tahun lalu. 

Samsung selama ini sebenarnya juga kerap meluncurkan produk berupa perangkat Windows 10 ARM, termasuk Galaxy Book S dan Galaxy Book 2. Namun perangkat itu masih menggunakan chipset Qualcomm. Chipset Exynos 2200 yang akan dipasang di perangkat PC berbasis Windows 10 itu sendiri juga merupakan suksesor dari chipset pendahulunya yakni Exynos 2100

Sedangkan untuk AMD, sebelumnya juga telah sering bekerjasama dengan Samsung untuk menghadirkan GPU pada perangkat mobile sejak tahun 2019. Jadi dengan demikian, kemungkinan besar proyek pembuatan perangkat PC tersebut sebenarnya sudah direncanakan keduanya sejak lama. 

Leave a Reply

Send this to a friend