Apa itu CCTV? Mengenal Pengertian CCTV

CCTV adalah sistem komputer yang bekerja dengan memanfaatkan video kamera yang akan menampilkan maupun merekam gambar di mana perangka tersebut dipasang. CCTV merupakan kependekan dari Closed Circuit Television. Artinya perangkat ini bekerja secara terutup serta rahasia.

Berbeda dengan televisi yang kita memiliki menggunakan broadcast signal. Kita sering menjumpai pada perangkat ini sering digunakan sebagai salah satu pelengkap sistem keamanan baik di kantor, sekolah, rumah sakit, toko, dan lain sebagainya.

Bahkan sekarang CCTV pun telah dipasang di rumah pribadi baik di dipasang di luar maupun di dalam rumah tersebut. Perangkat ini memang mampu memberikan manfaat yang begitu besar.

Kita bisa melihat setiap aktivitas yang dialakukan oleh seseorang kapan pun dan di mana pun selama CCTV tersebut menjangkau tampilan orang tersebut. Bahkan perangkat ini juga bisa merekam aktivitas yang sudah dilakukan oleh seseorang pada beberapa hari yang lalu.

Apa Saja Perangkat Pada CCTV?

Apa itu CCTV

Jika membahas tentang CCTV, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa CCTV adalah kamera yang dipasang di atas atau dipojokan di mana nanti kamera tersebut akan menampilkan gambar yang ada di bawahnya. Namun sebenarnya perangkat ini bukan hanya terdiri dari kamera saja. Ada beberapa perangkat CCTV yang perlu Anda ketahui seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Camera

Seperti kamera pada umumnya, camera yang terdapat pada CCTV yaitu untuk mengambil gambar. Camera ini hadir dengan beberapa tipe di mana Anda bisa membedakannya dari segi kualitas dan juga fungsinya. Setidaknya terdapat dua jenis kamera CCTV antara lain:

  • Camera CCTV Analog
  • Camera CCTV Network

2. DVR

Perangkat kedua CCTV yaitu Digital Video Recorder atau yang biasa disingkat dengan DVR. Sesuai dengan namanya, perangkat ini digunakan untuk merekam objek yang berasal dari camera. Ada dua elemen penting yang dimiliki oleh DVR yaitu:

  • PC Card DVR
  • Stand Alone DVR

DVR memiliki banyak fitur canggih yang dapat Anda gunakan selain digunakan sebagai alat keamanan. Salah satu fitur canggih tersebut adalah alat ini bisa digunakan untuk merekam berbagai kejadian di mana hasil rekaman tersebut nantinya akan dipakai dalam pengadilan sebagai bukti terhadap tindakan tertentu.

Selain itu, ada beberapa jenis DVR yang masing-masing jenis tersebut juga menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Keunggulan dan kualitas yang dimiliki oleh DVR ini lah yang nanti akan menentukan seberapa banyak camera yang dapat kamu pasang serta seperti apa kualitas gambar yang dihhasilkan.

3. HDD

HDD atau Hard Disk Drive adalah media penyimpanan. Media ini digunakan untuk menyimpan hasil rekeman yang selanjutnya dapat Anda lihat kapan saja. Perangkat akan dipasang di dalam DVR. Perlu diingat bahwa semakin panjang kapasitas HDD maka proses perekamannya juga semakin cepat.

Beberapa perangkat CCTV lainnya yaitu:

  • Cabel Coaxial
  • BNC Connector
  • Power Cable

Leave a Reply

Send this to a friend