Apa itu multi boot

Apa itu Multi Boot? Mengenal Pengertian Multi Boot

Apa itu multi boot? Istilah ini mungkin cukup asing di telinga beberapa orang. Sebenarnya melalui namanya saja sebenarnya kita bisa mengetahui bahwa istilah tersebut berkaitan dengan booting.

Sekadar informasi bahwa booting merupakan sebuah istilah yang mengarah pada proses loading pada saat Anda pertama kali menghidupkan komputer atau laptop. Tujuan dari booting adalah mengecek kondisi hardware atau perangkat keras apakah dalam kondisi baik atau ada bagian yang bermasalah.

Lalu bagaimana dengan istilah multi boot? Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai istilah tersebut. Kami akan memberikan informasinya pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Multi Boot

Pengertian Multi Boot | Kelebihan dan Manfaat Lengkap Penjelasan

Multi boot merupakan sebuah penggabungkan terhadap beberapa sistem operasi yang nantinya akan Anda jadikan sebagau booting pada flashdisk.

Dengan kata lain, di dalam flashdisk tersebut akan ada beberapa sistem operasi yang terinstal, bisa lebih dari dua sistem operasi. Kemudian flashdisk tersebut akan ditancapkan ke komputer maupun laptop. Selanjutnya, komputer atau laptop tersebut akan booting melalui sistem operasi yang ada di dalam flashdisk.

Dengan adanya multi boot ini, maka memungkinkan file ISO bisa digabungkan dalam satu flashdisk. Flashdisk tersebut akan memiliki beberapa sistem operasi yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Lalu apa saja sistem operasi yang ada di dalam flashdisk tersebut? Jawabannya tentu saja tergantung pada si pemilik flashdisk. Dia akan menyesuaikan kebutuhannya, seperti membuat flashdisk tersebut terinstall Windows 10, Windows 7, dan Linux.

Kelebihan Multi Boot

Lalu apa kelebihan yang bisa kita peroleh ketika menerapkan multi boot? Beberapa  kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Hemat biaya: seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakan multi boot maka Anda tidak harus menghabiskan biaya untuk membeli banyak flashdisk yang digunakan pada masing-masing sistem operasi. Anda hanya memerlukan satu flashdisk saja kemudian Anda bisa menginstalnya dengan beberapa sistem operasi
  • Untuk cadangan sistem operasi: terkadang sistem operasi yang kita gunakan bisa mengalami masalah, baik masalah yang berat maupun masalah ringan. Ketika terjadi permasalahan tersebut, Anda masih bisa menggunakan sistem operasi yang lain jika Anda belum memiliki waktu untuk memperbaiki permasalahan pada OS tersebut
  • Menyesuaikan kebutuhan: mungkin sebenarnya Linux merupakan sistem operasi utama yang Anda gunakan. Namun karena banyak game yang tidak bisa dimainkan di Linux, maka Anda memutuskan untuk menginstal OS Windows. Jadi, Anda bisa menggunakan dua sistem operasi dengan menyesuaikan kebutuhan Anda

Tentunya dengan adanya multi boot ini maka bisa menghemat biaya. Kita tidak perlu menginstal satu flashdisk dengan satu sistem operasi. Namun kita hanya memerlukan satu flashdisk untuk menginstal beberapa sistem operasi. Dengan begitu, Anda tidak harus membeli satu flashdisk untuk satu OS.

Leave a Reply

Send this to a friend