Statistik Terbaru Ungkap Masalah Terbesar Microsoft Dengan Windows 11

Statistik Terbaru Ungkap Masalah Terbesar Microsoft Dengan Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 10 mungkin sudah menjadi sistem operasi yang ‘berumur’, namun statistik terakhir mengungkap bahwa sebenarnya sistem operasi ini mengalami pertumbuhan pengguna yang lebih cepat ketimbang Windows 11. 

Windows 10 memang tidak lagi menjadi sistem operasi unggulan dari Microsoft saat ini, namun hal itu rupanya tidak mempengaruhi popularitas sistem operasi tersebut. Sebuah statistik baru dari platform periklanan AdDuplex mengungkap bahwa jumlah pengguna Windows 10 mengalami pertumbuhan yang lebih cepat daripada sistem operasi penerusnya, Windows 11.

Dalam laporan tersebut, Windows 10 mampu mendapatkan peningkatan jumlah pengguna lebih dari 6%. Sementara Windows 11 hanya tumbuh tidak kurang dari 0,4% saja. Kondisi lebih buruk bahkan terjadi pada bulan Maret, di mana Windows 11 hanya mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 0,2% saja

Windows 11 kini telah memiliki pangsa pasar sekitar 19%, di mana ini adalah jumlah yang cukup mengesankan, mengingat sistem operasi ini baru saja diluncurkan beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada bulan Oktober 2021. 

Apa yang menjadi kekhawatiran Microsoft adalah bagaimana tingkat adopsinya yang kini justru stagnan. Kondisi ini dinilai disebabkan oleh persyaratan yang ketat, yang membutuhkan perangkat keras baru untuk bisa dipasang dan dijalankan.

Itu artinya bahwa beberapa pengguna mungkin tidak bisa meningkatkan sistem operasi mereka dari Windows 10, sampai mereka membeli perangkat PC yang baru, sehingga hal ini membuat pengguna enggan untuk meningkatkan ke Windows 11.

Sebagai informasi, Windows 11 memiliki persyaratan minimal perangkat keras yang sangat ketat, dan ini jauh berbeda dengan persyaratan yang dibebankan pada sistem operasi Windows sebelum-sebelumnya. 

Microsoft mengkonfirmasi bahwa pengguna membutuhkan minimal prosesor 64-bit 1GHz, RAM sebesar 8 GB, penyimpanan 64 GB atau yang lebih besar, layar monitor yang mendukung resolusi 720 piksel HD dan kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 dan driver WDDM 2.0. 

Prosesor apapun yang lebih lama dari Intel generasi ke-8 dan AMD Ryzen 2000, tidak akan bisa ditingkatkan ke Windows 11. Untuk membuat segalanya menjadi lebih membingungkan, perangkat PC itu juga harus memiliki modul TPM. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend