• Our Partners:

Pengguna Windows 7 Masih Banyak

Pengguna Windows 7 Masih Banyak, Ternyata Ini Alasannya

NESABAMEDIA.COMBerdasarkan data statistik yang dikumpulkan, diketahui ada sekitar 10 persen pengguna perangkat desktop maupun laptop yang masih menggunakan Windows 7. Artinya, setiap 11 pengunjung yang membaca artikel ini, ada satu orang yang masih memakai Windows 7 untuk mengakses situs nesabamedia.com ini. 

Padahal Microsoft sendiri sudah menggratiskan peningkatan dari Windows 7 ke Windows 10, asalkan lisensi Windows 7 pengguna adalah lisensi yang masih valid.

Sebuah riset yang dilakukan oleh ZDNet misalnya, mereka mencatat aktivitas para pengguna selama kurun waktu 90 hari terakhir. Diketahui sebanyak 85,8 persen penggunanya mengakses menggunakan perangkat Windows 10, kemudian 10 persen menggunakan Windows 7 dan sisanya menggunakan perangkat dengan sistem operasi lain. 

Data tersebut hampir sama dengan riset yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat. Mereka melihat data pada 400 website sebagai sampel dan melakukan pelacakan selama 90 hari. Hasilnya, dari pengunjung yang menggunakan perangkat PC, 85.9 persen menggunakan Windows 10, dan 10 persen menggunakan Windows 7, sisanya sebanyak 3.7 persen menggunakan Windows 8.

Jika dibandingkan dengan data yang diambil pada awal tahun 2020, jumlah pengguna Windows 7 rupanya sudah mulai berkurang dengan mengganti sistem operasi mereka menjadi Windows 10. Sebagai informasi, data pada awal tahun lalu, jumlah pengguna Windows 7, masih berada di kisaran 18.9 persen, dan terjadi peningkatan persentase untuk Windows 10.

Survei pun kemudian dibuat yang ditujukan kepada para pengunjung situs sampel di atas, untuk mengetahui alasan para pengguna yang masih menggunakan Windows 7 itu masih betah dan enggan untuk mengupgrade ke Windows 10. 

Hasilnya, alasan utama mereka masih enggan upgrade ke Windows 10 adalah karena masalah kompatibilitas, atau kecocokan. Kompatibilitas di sini tentunya adalah kekhawatiran pengguna jika ketika mengupgrade Windows 10, mereka akan mengalami sejumlah masalah dengan hardware atau perangkat keras mereka. 

Mereka juga diketahui masih belum memastikan apakah pada tahun mendatang sudah mengupgrade perangkat mereka ke Windows 10 atau tidak. Meski mereka sendiri kebanyakan masih berminat untuk mengeluarkan uang guna mendapatkan fitur-fitur dan aplikasi tambahan untuk menunjang aktivitas mereka.

Leave a Reply

Send this to a friend