• Our Partners:

Linux Microsoft Windows

Eric Raymond : Linux Bakal ‘Kuasai’ Windows Dalam Waktu Dekat

NESABAMEDIA.COMEric Raymond, pengamat perangkat lunak dan open source, telah lama mengutarakan pandangannya bahwa Linux akan menguasai perangkat desktop. Menurutnya, tidak akan lama lagi Windows hanya akan menjadi lapisan emulator untuk kernel Linux. 

Pada tahun 2002 silam, Eric menyebut jika Windows yang selama ini menjadi aset utama Microsoft tidak akan bisa memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, ketika harga sebuah perangkat komputer jatuh di bawah USD350. Pajak yang dikenakan oleh Microsoft akan terlalu banyak memakan margin keuntungan dari sistem operasi Windows.

Dalam sebuah postingan blognya, Eric Raymond menyebut bahwa kemenangan Linux sudah berada di depan mata ketika Microsoft memutuskan untuk berinvestasi pada program Windows Subsystem for Linux (WSL) dan dukungan pada browser Edge di Ubuntu.

Seperti yang sudah diberitakan pada pekan kemarin, Microsoft mengumumkan pihaknya telah merilis browser Edge untuk perangkat Linux yang tersedia melalui versi Insider bulan Oktober mendatang. Browser Edge untuk Linux itu memungkinkan para pengembang untuk membuat website yang bisa berjalan di browser Edge dalam perangkat Linux.

Sementara program WSL sendiri bagi pihak Microsoft dianggap sebagai sebuah program yang sangat penting. Karena pengguna bisa menjalankan binari-binari Linux yang belum dimodifikasi menggunakan Windows 10 tanpa harus membutuhkan emulator.

Untuk tahun 2020 ini, market share Microsoft justru didominasi oleh layanan Azure Cloud. Sementara untuk Windows meskipun masih mendominasi untuk perangkat desktop, namun tingkat penjualannya terus mengalami penurunan. 

Karena alasan itulah, Microsoft akhirnya lebih memfokuskan dalam pengembangan Azure Cloud, di mana di lain pihak penggunaan Linux dalam server-server perusahaan jauh lebih banyak dibandingkan penggunaan Windows. 

Di masa mendatang, Eric Raymond kemudian melihat bahwa bisa saja nanti Microsoft akan benar-benar mematikan Windows emulation itu secara keseluruhan, setelah semua fitur antarmuka di Windows telah dipindahkan ke Linux. 

Akhirnya, sistem operasi bergambar pinguin itu akan benar-benar memenangkan kompetisi melawan Windows. Namun bukan dengan cara mengalahkan atau menghilangkan, akan tetapi dengan ‘menguasainya’. Membuat Windows begitu tergantung akan kehadiran Linux. “Hal ini mungkin sudah takdirnya memang demikian,” ungkap Eric.

Leave a Reply

Send this to a friend