• Our Partners:

Pembaruan Windows 10 20H2

Ini 5 Perubahan Yang Paling Ditunggu Di Pembaruan Windows 10 20H2

NESABAMEDIA.COMPembaruan fitur Windows 10 20H2 diperkirakan akan dirilis dalam waktu dekat, setidaknya dalam beberapa minggu lagi. Pembaruan yang dijuluki pembaruan Oktober 2020 itu kemungkinan akan dirilis dalam beberapa gelombang, guna mengatasi permintaan pembaruan yang cukup banyak sehingga tidak mengganggu proses perilisan. 

Pembaruan ini sangat ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows 10, karena menawarkan sejumlah fitur-fitur baru. Setidaknya ada lima fitur utama yang paling ditunggu antara lain yakni :

Browser Edge Terbaru

Microsoft begitu optimis dengan browser baru mereka yakni Edge, hingga memaksa pengguna Windows 10 untuk melakukan instalasi. Bahkan untuk sekedar melakukan pencopotan instalasi, diperlukan kode dan langkah-langkah yang cukup rumit.

Optimisme Microsoft ini tentu bukan tanpa sebab, karena browser Edge saat ini sudah memiliki banyak fitur dan performanya mampu bersaing dengan browser populer Chrome. Beragam pembaruan pun dilakukan sejak dirilis pada 2015 silam. 

Dalam pembaruan fitur Windows 10 20H2 mendatang, Microsoft menyebut akan banyak sekali peningkatan secara besar-besaran pada browser Edge. Di antaranya yakni akses secara komprehensif terhadap ekstensi dan library serta peningkatan kecepatan performa. Ke depan, Microsoft juga akan terus menjanjikan banyak sekali fitur-fitur baru yang bakal dibutuhkan oleh pengguna.

Perubahan Pada Alt + Tab

Salah satu alasan para pengguna menanti-nanti pembaruan, khususnya yang berhubungan dengan browser Edge adalah pengalaman dalam menggunakan shortcut Alt + Tab. Shortcut ini sudah sejak lama menjadi andalan para pengguna untuk berpindah dari satu tab ke tab yang lain. 

Namun pada pembaruan 20H2, kontrol akan bisa lebih banyak didapatkan oleh pengguna saat menekan tombol Alt + Tab. Kustomisasinya bisa dilakukan dengan mengakses halaman pengaturan Windows, dan mengatur seberapa banyak tab yang muncul ketika shortcut itu ditekan.

Start Menu Baru

Dalam beberapa periode terakhir, penampilan Start Menu adalah hal yang paling menonjol dalam penggunaan perangkat berbasis Windows 10. Sejumlah perubahan pun dirilis oleh Microsoft, untuk memberikan kesan yang berbeda. 

Pada pembaruan bulan April misalnya, tampilan Start Menu terlihat semakin minimalis dan menghilangkan aksen warna latar belakang yang memberikan kesan konsistensi Microsoft dalam menghadirkan penampilan yang lebih modern. 

Ke depan dengan adanya pembaruan fitur 20H2, Start Menu akan semakin menyesuaikan kebutuhan pengguna dengan bisa dikustomisasi sedemikian rupa sesuai selera pengguna. Termasuk bisa terintegrasi secara baik dengan versi sistem operasi lain dan tampilan layar perangkat yang berbeda-beda.

Modifikasi Taskbar

Meski tidak terlalu menonjol, terdapat juga pembaruan dan peningkatan pada bagian Taskbar Windows 10 nantinya. Salah satunya adalah pengguna bisa memasukkan nomor telepon ke bagian Taskbar. Dari situ, pengguna bisa dengan mudah melakukan panggilan dan terhubung dengan ponsel melalui aplikasi Your Phone dalam satu sentuhan saja.

Sementara untuk para gamers, icon Xbox juga akan ditampilkan di Taskbar sehingga pengalaman bermain game di perangkat Windows 10 akan jauh lebih baik lagi.

Peningkatan Pada Mode Tablet

Sudah sejak lama fitur mode tablet di Windows 10 menjadi sumber frustasi dan banyak dikeluhkan oleh pengguna. Khususnya pada perangkat 2-in-1 seperti Microsoft Surface Go 2

Meski peningkatan yang akan dilakukan tidak terlalu besar seperti yang diharapkan kebanyakan pengguna, namun kehadiran fitur pengaturan hybrid akan memberikan kemudahan pada pengoperasian dan perpindahan antara mode desktop dengan mode tablet.

Cara pengaturannya juga sangat mudah. Pengguna tinggal mengakses halaman pengaturan, lalu ke System dan pilih opsi Tablet Mode. Akan ada pilihan untuk mengaktifkan mode tablet hanya dengan menggeser tombol menjadi aktif atau nonaktif. 

Pada bagian di bawah Heading “When I’m Not Using Tablet Mode”, ada pilihan untuk menjadikan icon pada Taskbar jadi mudah disentuh atau dihilangkan, termasuk juga perubahan kecil pada on-screen keyboard dan File Explorer.

Leave a Reply

Send this to a friend