Apa Itu Taskbar? Mengenal Pengertian Taskbar pada Komputer

Sistem operasi semacam Windows memiliki Graphical User Interface (GUI) agar pengguna dapat lebih mudah berinteraksi dengan komputer.

Berbeda dengan Command Line Interface (CLI) yang menampilkan segala sesuatunya dalam bentuk teks, GUI terdiri dari berbagai elemen visual yang dapat diakses dengan keyboard dan mouse. Menu, icon, kursor, system tray, widget, taskbar, semuanya ini termasuk elemen-elemen visual yang ada di dalam GUI.

Apa Itu Taskbar?

Taskbar sebagai salah satu diantaranya memiliki fungsi yang berbeda. Taskbar adalah salah satu bagian di dalam GUI sistem operasi yang biasanya terletak di bawah untuk menampung berbagai shortcut dan untuk menampilkan berbagai software yang sedang dijalankan. Sebagai contoh, jika anda menjalankan browser Mozilla Firefox, maka icon browser tersebut akan muncul di taskbar.

Jika anda multitasking, misalnya menjalankan LibreOffice Writer dan Mozilla Firefox bersamaan, maka icon keduanya akan ditampilkan sekaligus pada taskbar. Anda bisa mengatur bagaimana Windows menampilkan semua icon tersebut melalui beberapa opsi yang tersedia.

Opsi-opsi tersebut antara lain:

Apa Itu Taskbar?

When taskbar is full. Misal, anda membuka dua jendela browser Mozilla Firefox. Opsi ini akan menampilkan keduanya secara terpisah di taskbar dalam bentuk tombol yang disertai dengan icon browser. Jika anda terus-menerus membuka jendela baru sampai taskbar penuh, maka semua icon tersebut akan dikumpulkan menjadi satu.

Never. Tak peduli seberapa pun banyaknya jendela yang terbuka, semua jendela ditampilkan dalam icon tersendiri di taskbar. Jika anda membuka 15 jendela, maka akan ada 15 icon di taskbar.

Always hide labels. Semua jendela yang berasal dari sebuah software (yang sedang dijalankan) akan selalu ditampilkan di taskbar dalam satu icon. Dengan demikian, 15 jendela Firefox ditampilkan dalam satu icon Firefox, 3 jendela Microsoft Word dalam satu icon Microsoft Word, dan seterusnya.

Opsi lain yang terkait dengan taskbar memungkinkan taskbar untuk disembunyikan secara otomatis ketika tidak sedang digunakan, ukuran tombol pada taskbar juga bisa diperkecil, dan warna taskbar pun bisa diatur supaya berubah secara otomatis sesuai theme atau diatur manual supaya tampil dalam warna yang spesifik.

Pengertian Taskbar pada Komputer

Di bagian kanan taskbar, terdapat sebuah area yang disebut area notifikasi, tapi banyak pengguna yang juga menyebutnya dengan istilah yang tidak benar, yaitu system tray. Miskonsepsi ini diduga berawal sejak Win95 dan muncul karena pemahaman yang salah terhadap systray.exe.

Area notifikasi berisi status atau pesan-pesan dari sistem dan software yang sedang dijalankan oleh pengguna. Misalnya, notifikasi yang memberitahu pengguna saat kapasitas harddisk mencapai ambang kritis, notifikasi Telegram ketika ada seseorang yang menghubungi pengguna, notifikasi antivirus ketika ada virus yang terdeteksi, status RAM yang ditunjukkan oleh software semacam Compact Tray Meter, dan lain-lain.

Taskbar di dalam sistem operasi Windows juga memuat Start Menu yang memuat sekumpulan shortcut untuk mengakses sebagian fitur bawaan Windows dan berbagai software yang diinstall oleh pengguna. Start Menu ini sempat dihilangkan oleh Microsoft tapi kemudian dikembalikan lagi setelah keputusan tersebut mendapat banyak kritikan dan hujatan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments