10 Aplikasi Al-Quran Android Terbaik

10 Aplikasi Al-Quran Android Terbaik, Gratis dan Terlengkap

NESABAMEDIA.COM – Al-Quran merupakan kitab suci umat Muslim di seluruh dunia. Membaca Al-Quran akan memberikan kita pahala yang berlipat. Oleh karena itu, sebagai umat muslim sebaiknya kita membaca Al-Quran ketika kapanpun dan dimanapun. Bahkan kita juga disunahkan untuk membaca Al-Quran sehabis mengerjakan sholat 5 waktu.

Untuk membaca Al-Quran, sekarang Anda dapat membacanya hanya melalui smartphone. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu membaca kitab suci Al-Quran yang berbentuk buku kemana pun Anda pergi. Karena dengan smartphone, kita sudah bisa membaca Al-Quran.

10 Aplikasi Al-Quran Android Terbaik

Manfaat utama dari membaca Al-Quran dirumah yaitu akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Bahasa yang digunakan dalam Al-Quran yaitu Bahasa Arab. Oleh karena itu, sebagian orang pasti akan merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Tetapi Allah Maha Baik, karena Ia tak akan menyia-nyiakan usaha yang dilakukan hambanya.

Bahkan bacaan dari orang yang belajar membaca Al-Quran secara terbata-bata pun akan mendapatkan 2 kebaikan, yakni pahala membaca huruf di Al-Quran dan pahala dari usahanya untuk belajar membaca Al-Quran. Nah, maka sekarang Anda dapat memperbanyak pahala menggunakan aplikasi Al-Quran Android. Karena dengan aplikasi ini, Anda dapat membaca Al-Quran kapanpun dan dimanapun.

1. Al-Quran Indonesia

Al-Quran

Aplikasi Al-Quran Android yang pertama yaitu bernama Al-Quran Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Yayasan Griya Kafil Yatim, Gunung Sindur, Kab. Bogor. Didalamnya sudah terdapat terjemahan Al-Quran dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mendengarkan audio dalam bentuk MP3 dari murottal secara full tanpa adanya pembatasan.

Adapun berbagai fitur yang Anda dapatkan pada aplikasi ini yaitu :

  1. Tersedia dalam mode gelap dan terang
  2. Bacaan pada Al-Quran juga sudah disediakan dalam bahasa Latinnya
  3. Dapat menyalin ayat Al-Quran
  4. Dapat membagikan ayat Al-Quran
  5. Dapat membaca Al-Quran dalam layar potrait maupun landscape

2. Al’Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al-Quran Android Terbaik

Membaca Al-Quran dapat dilakukan dengan mudah apabila Anda menggunakan aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia. Karena pada aplikasi ini memiliki fitur terbaru, yaitu terdapat warna pada tajwid. Sehingga Anda dapat membaca Al-Quran menggunakan bacaan Tajwid dengan sangat mudah. Apabila Anda ingin membuat pengingat waktu sholat, aplikasi ini dapat membuat alarm pengingat waktu sholat yang sesuai dengan posisi atau lokasi Anda saat ini.

Adakah ayat yang Anda sukai ? Jika iya, maka Anda dapat lakukan klik lama pada salah satu ayat dan kemudian Anda dapat menambahkannya ke daftar favorit. Tidak hanya itu, Anda dapat membagikan ayat tersebut ke media sosial, pesan dan alin sebagainya.

3. Al-Quran (Free)

Al-Quran

Aplikasi Al-Quran Android yang populer ini telah memiliki 10.000.000 lebih pengguna diseluruh dunia. Pada saat Anda membuka aplikasi ini pertama kali, maka Anda akan mendapati Index Al-Quran. Index Al-Quran merupakan daftar surah yang ada di AlQuran. Dan setelah Anda klik salah satu surah yang ada pada aplikasi Al-Quran ini, Anda akan diminta untuk mengisi gaya membaca yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

Aplikasi ini juga sudah memberikan fitur menghafal dalam 2 tingkat. Tingkat pertama yaitu untuk menghafal ayat dan tingkat kedua adalah menghafalkan kata-kata dengan cara mendengarkan ayat tersebut agar Anda mengetahui cara pengucapan hurufnya dengan benar.

4. Quran for Android

Aplikasi Al-Quran Android Gratis

Quran for Android merupakan sebuah aplikasi Al-Quran yang dapat Anda akses secara gratis di perangkat Android. Terdapat berbagai macam fitur yang tengah dikembangkan untuk aplikasi ini. Berikut adalah beberapa fitur pada aplikasi Quran for Android :

  1. Dapat memutarkan audio murottal
  2. Dapat mengaktifkan mode gelap
  3. Memiliki terjemahan kedalam lebih dari 20 bahasa

5. MyAlquran

Al-Quran

Aplikasi MyAlquran merupakan aplikasi terjemahan Al-Quran dalam bahasa Indonesia. Didalamnya juga sudah dilengkapi dengan audio MP3 murottal. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu memiliki user interface yang sangat menarik dengan kombinasi warna yang menarik pula.

Apabila Anda ragu dengan aplikasi lainnya, untuk aplikasi ini Anda tidak perlu merasa ragu atau khawatir lagi. Karena aplikasi ini sudah memiliki sertifikasi TASHIH oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pada aplikasi ini juga sudah tersedia kumpulan doa yang dapat Anda akses secara offline. Dan pada fitur MyDoa, Anda dapat menuliskan doa Anda dan dapat dibaca oleh pengguna lainnya.

6. Al-Quran 30 Juz tanpa Internet

Al-Quran

Aplikasi satu ini telah memiliki pengguna sebanyak 1 juta orang. Seperti namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses Al-Quran tanpa menggunakan koneksi Internet. Anda dapat membaca Al-Quran, mendengarkan murottal dan membaca doa serta azkar setiap hari dan setiap saat.

Fitur yang menarik dari aplikasi ini yaitu :

  1. Membaca dalam halaman penuh
  2. Memiliki pilihan Bookmark
  3. Slide kesamping untuk mengganti halaman
  4. Terdiri dari 15 baris bacaan Al-Quran setiap halamannya

7. Al-Quran MP3 (Full Offline)

Al-Quran

Apabila Anda ingin mencari aplikasi Al-Quran yang dapat mendidik anak Anda untuk menghafal Al-Quran, maka Aplikasi ini akan sangat cocok untuk Anda install. Karena pada aplikasi ini Anda dapat mendengarkan Al-Quran dengan nyaman. Mainkan terus MP3 Murottal tersebut agar Anda dapat mengingat ayat yang dilantunkan dengan cepat. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan bahasa Latin, fitur zoom in di ayat Al-Quran, font kemenag, dan lain sebagainya.

8. Al-Quran (Tafsir & Per Kata)

Aplikasi Al-Quran Android Playstore

Sesuai dengan namanya, pada aplikasi Al-Quran Android satu ini Anda dapat menikmati Tafsir menurut Kementerian agama RI, tafsir menurut Ibnu Katsir, dan Tafsir menurut Jalalayn yang telah di terjemahkan kedalam bahasa indonesia. Untuk membaca Al-Quran juga Anda sudah dimudahkan dengan adanya kode berwarna pada bacaan tajwid serta analisa pada kata perkata bacaan Al-Quran.

Anda juga bisa membaca Al-Quran dalam mode Mushaf. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan mendengarkan lebih dari 30 Qari serta dapat membuat sebuah catatan pada ayat Al-Quran.

9. Al’Quran dan Tafsir

Al-Quran

Aplikasi ini telah didesain dengan mode terang maupun gelap dengan menampilkan background serta warna font yang senada. Dengan begitu, maka Anda dapat membaca Al-Quran pada siang maupun malam hari dengan nyaman. Pada aplikasi ini juga akan menampilkan hadist shahih yang memiliki hubungan dengan surah-surah tertentu.

Aplikasi ini juga telah menyediakan berbagai macam doa yang mustajab yang diambil dari Al-Quran. Anda dapat membacanya kapanpun dan dimanapun juga. Dalam bacaan Al-Quran juga sudah ditambahkan Bahasa Latin.

10. Al Quran Lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia

Al-Quran

Fitur utama dari aplikasi ini yaitu dapat melakukan penanda ayat, penunjuk ayat, dan terjemahan dalam bahasa indonesia.  Penanda ayat berfungsi untuk menandai ayat-ayat yang hendak dibaca dan kemudian dapat ditandai juga apabila Anda sudah selesai membaca ayat tersebut.

Sedangkan fitur penunjuk ayat merupkaan fitur untuk menunjukkan pengguna kepada ayar yang hendak dilanjutkan untuk dibaca dan pada saat sudah ditandai dan pada saat keluar dari aplikasi ini. Nah, fitur ini sangat bermanfaat untuk kita dalam membaca Al-Quran.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai 10 aplikasi Al-quran android terbaik dan terlengkap yang dapat Anda install di handphone Android Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda referensi dan manfaat dalam memilih aplikasi Al-Quran Android yang terbaik.

Leave a Reply

Send this to a friend