• Our Partners:

Aplikasi Alquran untuk PC Laptop

10 Daftar Aplikasi Alquran untuk PC / Laptop (Terbaik 2022)

Mencari rekomendasi aplikasi Alquran untuk PC / laptop terbaik? Buat kamu yang butuh cara mudah dan praktis dalam mengamalkan Alquran saat tidak sedang di rumah, aplikasi Quran digital seperti ini akan sangat membantu.

Meski tidak menggunakan Al Quran dalam bentuk fisik, membacanya dalam format digital tetap memiliki pahala yang sama. Tak jarang ini menjadi opsi andalan para umat Islam yang sedang berada di perjalanan jauh namun tetap ingin memanfaatkan waktu senggang dengan kegiatan yang bermanfaat.

10 Daftar Aplikasi Alquran untuk PC / Laptop

Download aplikasi Al-Quran untuk PC adalah solusi terbaik buat kamu yang ingin tetap maksimal dalam beribadah meski ada beberapa halangan yang tidak memungkinkan untuk membaca Quran dalam bentuk fisik.

Tak hanya tersedia untuk smartphone, Al-Quran saat ini juga tersedia dalam bentuk digital untuk komputer. Pilihannya pun beragam dimana sebagian besar sudah dilengkapi dengan tafsir dan terjemahan yang lengkap. Memudahkan, bukan?

Kompatibel dengan berbagai versi Windows, mulai dari yang lawas atau terbaru sekalipun, berikut kami sajikan rekomendasi aplikasi Alquran untuk PC / laptop terbaik yang tersedia secara offline untuk kamu nikmati gratis.

1. Quran Auto Reciter 

Quran Auto Reciter

Quran Auto Reciter adalah aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu yang mungkin saat ini berada jauh dari Indonesia.

Quran Auto Reciter menghadirkan kemudahan dalam membaca maupun mendengarkan Al-Quran dimanapun kamu berada. Lewat user interface yang mudah, pengguna bisa memilih kedua opsi, mau membaca atau mendengarkan Al-Quran secara otomatis.

Aplikasi ini hadir dalam bahasa Inggris dan Arab. Fitur pendukung lainnya yang juga tersedia di Quran Auto Reciter adalah fitur adzan otomatis yang bisa disesuaikan dengan lokasimu berada saat ini.

2. QuranReciter

Aplikasi Alquran untuk PC QuranReciter

Mau download aplikasi Al-Quran untuk PC offline yang mendukung banyak bahasa? Jika iya, kamu bisa memilih QuranReciter sebagai andalan untuk membaca Quran tanpa batas waktu dan ruang.

QuranReciter adalah aplikasi Windows yang ditujukan untuk mereka yang ingin belajar membaca Al-Quran. Ia memungkinkan pengguna untuk mendengarkan surah-surah pendek dalam format MP3 lengkap dengan terjemahan ke lebih dari 20 bahasa.

Cara kerja QuranReciter sama seperti ketika kamu menggunakan aplikasi MP3 player sehingga dalam penggunaannya, ia tidak akan membingungkan kamu.

3. Quran-All-in-One

Quran-All-in-One

Quran-All-in-One ideal untuk kamu yang ingin meningkatkan ketekunan dalam beribadah kepada Allah SWT. Aplikasi ini menyediakan apapun yang kamu cari pada aplikasi Al-Quran untuk Windows.

Kompatibel dengan Windows 10, Quran-All-in-One memang memiliki ukuran yang besar, namun sebanding dengan fitur-fitur lengkap yang ia tawarkan. Lewat aplikasi ini, kamu bisa membaca dan mendengarkan Al-Quran.

Tak sampai disitu, tafsir dan terjemahan Quran ditampilkan secara rinci lewat Quran-All-in-One ini sehingga ideal bagi kamu yang ingin lebih mendalami Islam itu sendiri.

4. QuranCode

Aplikasi Alquran untuk Laptop QuranCode

Meski ukuran aplikasinya cenderung kecil, siapa sangka jika QuranCode menghadirkan Al-Quran secara lengkap dan akurat. Terlebih, ia bisa diakses meski tanpa koneksi internet sekalipun alias offline.

Ya, buat kamu yang ingin mencari makna atau arti setiap ayat pada surah yang ada di Quran, QuranCode adalah solusinya. Secara default, terjemahan Quran ditampilkan dalam bahasa Inggris, namun kamu juga bisa mengaturnya ke bahasa-bahasa lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan fitur pencarian otomatis untuk surah tertentu yang ingin dituju. QuranCode sendiri kompatibel dengan Windows 7 dan versi yang lebih baru.

5. Quran with Tafseer

Quran with Tafseer

Sesuai namanya, Quran with Tafseer menghadirkan Quran digital yang dilengkapi dengan terjemahannya dalam bahasa Inggris maupun Arab.

Yang menarik dari aplikasi Alquran untuk PC / laptop satu ini adalah user interface minimalisnya yang akan memudahkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur paling penting sehingga membaca Quran menjadi lebih efisien nantinya.

Sayangnya, Quran with Tafseer belum mendukung bahasa Indonesia hingga saat ini. Terlepas dari itu, ia cukup recommended untuk digunakan.

6. Quran-Terjemah

Quran-Terjemah

Quran-Terjemah menambah daftar aplikasi Al-Quran terbaik offline yang bisa kamu unduh jika mencari yang ukurannya relatif kecil.

Meski kecil, Quran-Terjemah mampu menampilkan Quran dalam format digital secara lengkap, termasuk terjemahannya yang mendukung beberapa bahasa.

Tak banyak membaca dan mendengarkan Al-Quran, kamu juga bisa menjadikan aplikasi ini sebagai sarana untuk belajar tajwid agar amalan membaca Al-Quran semakin baik.

7. The QURAN database

Aplikasi Alquran untuk PC The QURAN database

Sedang berada di perjalanan jauh atau lupa membawa Quran saat travelling? Kamu tak perlu cemas karena cukup dengan menginstal The QURAN database, kamu bisa mengamalkan Al-Quran kapanpun dan dimanapun.

The QURAN database didesain untuk membantu para muslim dan muslimah dalam mempelajari kitab suci Al-Quran. Fitur yang dihadirkan terbilang lengkap, berpadu dengan user interface yang mudah untuk dipahami.

The QURAN database tergolong aplikasi baru yang kompatibel dengan semua versi Windows. Jadi, walau perangkat komputer atau laptop sudah jadul, aplikasi ini masih bisa bekerja dengan optimal.

8. Qawl

Qawl

Butuh akses cepat untuk ke surah yang mau kamu baca? Membaca Al-Quran jadi lebih efisien jika kamu menggunakan aplikasi Windows bernama Qawl.

Lewat Qawl, kamu bisa mencari surah secara spesifik dan menemukannya dalam hitungan detik saja. Tentu mengamalkan pahala membaca Quran jadi jauh lebih efektif dengan cara seperti ini.

Tampilan Qawl juga dibuat sederhana sehingga cocok untuk semua kalangan, baik muda maupun tua. Terlebih, ukuran aplikasi ini juga kecil.

9. The Quran for Windows 10/8.1

The Quran for Windows 10/8.1

Buat kamu pengguna Windows 10 dan sedang mencari aplikasi membaca Al-Quran offline untuk komputer atau laptop mana yang mumpuni, The Quran for Windows 10/8.1 bisa dijadikan opsi.

Sesuai namanya, The Quran for Windows 10/8.1 kompatibel dengan Windows 8 maupun Windows 10. Keunggulan aplikasi ini ada pada dukungan bahasanya yang melimpah, mulai dari Inggris, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

Dikembangkan sejak 2018 lalu, saat ini The Quran for Windows 10/8.1 sudah digunakan oleh lebih dari 7.000 pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Pastinya ia bisa kamu akses secara offline, tanpa perlu koneksi internet. Memudahkan, bukan?

10. Prayer Times

Prayer Times

Prayer Times adalah aplikasi islami untuk Windows yang kaya akan fitur-fitur menarik. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dalam beribadah kepada Allah SWT. Kalau kamu butuh cara praktis dalam mendalami ilmu Islam, aplikasi ini layak install.

Prayer Times memungkinkan kamu untuk membaca Quran dalam format digital termasuk fitur pencarian yang memudahkan. Tak hanya itu, Prayer Times juga menghadirkan informasi arah kiblat yang akurat dimanapun kamu berada, ideal digunakan saat sedang travelling.

Yang membedakan Prayer Times dengan aplikasi serupa adalah dukungan kustomisasi yang bisa dilakukan pengguna pada tampilan aplikasi, mulai dari mengubah background, jenis font, dan ukuran font-nya.

Itu dia rekomendasi 10 aplikasi Alquran untuk PC / Laptop yang sudah kami ulas untuk Anda. Tersedia secara offline, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi untuk membaca atau mendengarkan Quran tanpa koneksi internet.

Dukungan bahasa yang disediakan pun terbilang lengkap, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan preferensimu saat ini. Sebelum download, pastikan aplikasi yang kamu pilih kompatibel dengan versi Windows pada perangkatmu. Aplikasi-aplikasi diatas mendukung Windows 7 hingga Windows 10.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend