• Our Partners:

aplikasi desain rumah di PC/laptop

10 Aplikasi Desain Rumah di PC / Laptop (Terbaik 2022)

NESABAMEDIA.COM – Dulu, ketika arsitek ingin mendesain rumah maka mereka harus menggambarnya secara manual. Tentu saja hal ini memerlukan waktu lama dan mungkin tidak semua arsitek dibekali dengan kemampuan menggambar yang bagus. Selain itu, mereka juga harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.

Perkembangan dunia teknologi memberikan dampak positif kepada para arsitek dimana sekarang mereka bisa memanfaatkan software untuk mendesain rumah atau bangunan jauh lebih mudah dibandingkan secara manual.

Aplikasi Desain Rumah di PC / Laptop

Para arsitek sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi khusus yang memang digunakan untuk mendesain rumah atau bangunan yang lain. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mendesain bangunan 2D maupun 3D. Untuk selengkapnya, silakan simak rekomendasi aplikasi desain rumah di PC / Laptop berikut ini.

1. ArchiCAD

ArchiCAD

Aplikasi desain rumah di PC / laptop yang pertama kita bahas adalah ArchiCAD. Software yang satu ini diklaim merupakan aplikasi yang all in one. Alasannya karena anda bisa mendesai rumah baik dalam bentuk 2D dan 3D.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam penggunaannya sehingga bisa digunakan oleh seorang arsitek profesional maupun orang yang baru belajar desain arsitektur.

Semua fitur yang anda butuhkan bisa anda temukan di AchiCAD. Jadi, anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi lain untuk melengkapi fitur yang tidak ada. Dengan kata lain, ArchiCAD dapat menjadi aplikasi pilihan terbaik untuk membuat desain rumah yang mengagumkan sesuai keinginan.

2. Chief Architect

Chief Architect

Jika mencari aplikasi desain rumah 3D terbaik, maka salah satu pilihannya adalah Chief Architect. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang menyediakan semua fitur yang dibutuhkan untuk mendesian rumah 3D.

Meskipun begitu, jika anda memerlukan desain rumah 2D, maka aplikasi ini pun juga cocok untuk membuat desainn rumah sesuai apa yang anda harapkan.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Chief Architect adalah fitur otomatis yang membantu anda baik ketika membuat desain rumah maupun renovasi rumah. Jika anda benar-benar mampu memaksimalkan semua fitur yang disediakan, maka desain rumah yang anda buat dijamin memuaskan. Aplikasi ini pun juga sering digunakan oleh arsitek profesional dan juga cocok untuk orang yang baru belajar mendesain rumah.

3. Punch Software

Punch Software

Aplikasi desia rumah di PC . laptop yang ketiga adalah Punch Software. Memiliki nama yang terkesan agak aneh namun bukan berarti aplikasi ini bisa kita remehkan.

Perlu anda tahu bahwa Punch Software merupakan aplikasi desain rumah yang menempati urutan 1 di Amerika Serikat. Cara kerja Punch Software adalah dengan menggabungkan kekuatan NexGen untuk menghasilkan gambar yang realistis dengan kualitas yang sempurna dengan LightWorks.

Perpaduan inilah yang juga menghasilkan sebuah desain perumahan dan proyek besar secara lebih nyata dan lebih cepat. Jadi, ketika anda sedang menerima pesanan dalam jumlah besar, maka Punch Software dapat menjadi solusi terbaik.

Anda bisa menyelesaikan semua permintaan tersebut tanpa perlu meminta bantuan orang lain. Namun harga aplikasi ini memang cukup mahal. Meskipun begitu, kelengkapan fitur dan kelebihan-kelebihan lainnya membuat aplikasi ini masih layak untuk dibeli.

4. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture merupakan salah satu aplikasi desain rumah di PC / Laptop yang terkenal. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini masih bagian dari AutoCAD namun untuk digunakan oleh para arsitek.

Fitur-fitur yang disediakan membuat anda bisa menyusun dan mendesain rumah secara lebih rapi dan efisien. Selain itu, bagi anda yang mencari aplikasi dengan tampilan yang sederhana, maka AutoCAD Architecture merupakan jawaban untuk anda.

Tampilan yang sederhana tidak membuat orang awam kebingungan ketika pertama kali menggunakannya. Bagi yang mau mencobanya, silakan menggunakan AutoCAD Architecture yang versi uji coba atau trial version. Jika cocok, silakan anda menggunakan yang versi berbayar.

5. Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture

Jika kita bandingkan Vectorworks Architecture dengan keempat aplikasi yang sudah kami bahas, bisa dikatakan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Anda bisa melihat sendiri jika aplikasi ini digunakan oleh para arsitektur profesional yang memang sudah mengenal lama dunia arsitektur. Dengan menggunakan Vectorworks Architecture, anda bisa membuat sebuah desain yang mengagumkan dan sempurna.

Hasil yang didapat dengan menggunakan Vectorworks Architecture bahkan bisa lebih baik dibandingkan ketika anda menggunakan aplikasi lainnya. Untuk aplikasi lain, biasanya desainer memerlukan waktu berjam-jam untuk membuat desain terbaik mereka. Namun dengan Vectorworks Architecture, anda bisa membuat desain yang lebih cepat dan tetap sempurna.

6. Autodesk Revit

Autodesk Revit

Di urutan keenam ada Autodesk Revit yang juga bisa menjadi pilihan mendesain rumah sesuai kebutuhan. Aplikasi ini akan membantu desainer untuk mendapatkan desain terbaik mereka dan mampu memberikan hasil yang lebih akurta.

Melakukan analisa terhadap setiap konsep akan jauh lebih mudah karena dukungan informasi model bangunan yang diberikan oleh Autodesk Revit.

Aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk mendokumentasikan semua proyek pembangunan yang sedang anda kerjakan. Jadi, bagi anda yang mengedepankan fungsionalitas, maka Autodek Revit adalah solusi terbaik.

7. Softplan

Softplan

Aplikasi desian rumah yang juga mudah digunakan oleh para pengguna awam adalah Softplan. Aplikasi desain yang berbasis informasi ini nanti akan mendokumentasikan setiap proyek anda secara lengkap.

Beberapa kemampuan yang dimiliki Softplan antara lain: kemampuan dalam mendesain 3D, menampilkan perkiraan biaya secara real time, menyediakan daftar bangunan secara lengkap, dan lain sebagainya.

Sebuah aplikasi terbaik jika anda bukan hanya sekadar mendesain melainkan ingin tahu berapa banyak biaya yang harus anda habiskan untuk membangunnya.

8. Revit Architecture

Revit Architecture

Aplikasi desain rumah yang juga berbasis informasi adalah Revit Architecture. Semua perubahan yang anda lakukan melalui software ini nantinya akan diinformasikan secara otomatis pada semua proyek yang anda kerjakan.

Untuk fitur-fiturnya pun juga tidak kalah lengkap dibandingkan aplikasi desain lainnya sehingga sangat cocok untuk menjadi pilihan dalam mendesain rumah sesuai apa yang anda inginkan.

9. SketchUp

SketchUp

SketchUp adalah aplikasi yang haknya sudah diakuisi oleh Google. Sejak saat itu, aplikasi ini mulai terkenal dan banyak orang yang mencoba menggunakannya dan pada akhirnya mereka tertarik terhadap aplikasi ini. Sekarang, SketchUP sudah menjelma sebagai aplikasi desain yang terkenal baik di kalangan arsitek atau desainer. Salah satu keunggulannya adalah mampu menghasilkan desain 3D secara lebih cepat.

Untuk fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki aplikasi lainnya. Software ini merupakan pilihan yang cocok bagi mahasiswa yang belajar bagaimana cara menghasilkan desian 3D secara dengan baik dan cepat. Dengan menggunakan aplikasi ini, mereka lama-kelamaan akan menjadi seorang arsitektur profesional.

10. Microstation

Microstation

Aplikasi desain rumah di PC / laptop yang terakhir adalah Microstation. Software ini menjadi salah satu yang banyak digunakan karena memiliki tampilan yang sederhana serta penggunaannya yang tidak terlalu ribet.

Selain itu, stabilitas yang dimiliki aplikasi ini diklaim lebih baik dibandingkan yang lain. Namun yang menjadi kekurangannya adalah tingkat kompatibilitas yang masih rendah sehingga menghambat proses desain.

Salah satu contohnya adalah Microstation tidak bisa membaca gambar yang berasal dari AutoCAD. Namun kehadirannya tidak bisa kita pungkiri telah memberikan dampak positif sebagai jalan bagi yang baru belajar dunia arsitek untuk terus mengembangkan kemampuan mereka.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend