• Our Partners:

Kebijakan Aturan App Store Apple Terbaru untuk Epic Games Fortnite

Apple Revisi Aturan App Store, Sinyal Baik untuk Epic Games?

NESABAMEDIA.COM – Apple pada hari Jumat (11/9/2020) mengeluarkan aturan App Store terbaru yang kemungkinan akan berdampak pada layanan streaming game dari Microsoft dan Google. Dan seorang analis industri video game papan atas mengatakan langkah tersebut dapat berdampak penting pada perseteruan yang sedang berlangsung antara Apple dan Epic Games.

Pedoman baru, yang diumumkan sebelum rilis iOS 14, berisi bahwa layanan streaming game (seperti Microsoft xCloud dan Google Stadia) diizinkan di perangkat iOS, tetapi semua game yang termasuk dalam langganan itu “harus diunduh langsung dari App Store “.

“Layanan streaming game mungkin menawarkan aplikasi katalog di App Store untuk membantu pengguna mendaftar ke layanan dan menemukan game di App Store, asalkan aplikasi tersebut mematuhi semua pedoman, termasuk menawarkan kepada pengguna opsi untuk membayar langganan dengan pembelian dalam aplikasi dan gunakan Masuk dengan Apple, ”baca pedoman tersebut. “Semua game yang disertakan dalam aplikasi katalog harus ditautkan ke halaman produk App Store individu.”

Itu bermasalah di beberapa sisi. Yang terutama, daya tarik dari layanan streaming game adalah pengguna tidak perlu mengunduh game. Mereka dimainkan dari server cloud, memungkinkan Anda masuk dari platform apa pun hampir secara instan. Dan banyak game di, katakanlah, xCloud, tidak akan memiliki halaman produk App Store. (Apple tidak mungkin membuat versi iOS dari Halo Infinite, misalnya.)

Selain menunjukkan kurangnya pemahaman yang mengejutkan tentang cara kerja layanan streaming game, langkah Apple dapat memiliki implikasi yang lebih luas, kata Michael Pachter dari Wedbush Securities.

“Apple membuat kesalahan,” katanya. “Semua yang mereka lakukan yang anti persaingan adalah panah dalam tabung hukum Epic – dan ini anti persaingan.”

Kunci dari klaim anti persaingan adalah Xbox Game Pass dan penyertaan xCloud yang akan datang. Stadia belum benar-benar menemukan daya tarik dengan gamer sejauh ini, tetapi Game Pass memiliki lebih dari 10 juta anggota, perusahaan mengumumkan dalam panggilan pendapatan awal tahun ini. Meskipun ada aplikasi Game Pass, aplikasi tersebut tidak menawarkan streaming – dan Microsoft belum secara resmi mengumumkan rencana untuk menghadirkan xCloud ke perangkat iOS. Tetapi secara luas diharapkan untuk melakukannya.

Apple, kata Pachter, pada dasarnya menuntut potongan harga berlangganan dengan aturan terbaru di App Store, seperti yang didapatnya dengan beberapa layanan streaming lainnya. (Misalnya, mendaftar untuk akun premium Spotify melalui iPhone atau iPad Anda, dan Apple mendapat sebagian dari pembayaran bulanan, kata Pachter. Daftar premium di PC Anda, dan ternyata tidak.)

Satu-satunya perusahaan dengan pengecualian aturan itu adalah Netflix, yang tidak menawarkan pendaftaran di perangkat Apple. Microsoft, mengingat ukurannya, kemungkinan besar bernegosiasi dengan Apple untuk mendapatkan pengecualian yang serupa.

Leave a Reply

Send this to a friend