• Our Partners:

Aplikasi HTML Editor untuk PC Laptop 9

10 Aplikasi HTML Editor untuk PC / Laptop (+Link Download)

Sebagai programmer, penggunaan aplikasi HTML editor untuk PC / laptop sangatlah penting. Keberadaannya mampu menunjang pekerjaanmu.

Aktivitas coding tak bisa dipisahkan dari HTLM editor yang jumlahnya beragam. Jika kamu mau belajar coding, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari editor HTML, media untuk menulis dan mengedit berbagai macam kode bahasa pemrograman satu ini.

10 Daftar Aplikasi HTML untuk PC / Laptop

Seperti kita ketahui, HTML alias Hypertext Markup Language adalah bahasa standar pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu halaman website berikut ragam informasi yang ada di dalamnya. Untuk menulis, mengedit, dan melihat eksekusi kode HTML, medianya berupa text editor.

Buat kamu yang ingin mendalami ilmu coding, belajar HTML lewat tools yang memungkinkan kamu untuk membuat maupun mengedit kode HTML menjadi bagian yang tak boleh dilewatkan.

Tercatat ada beberapa HTML text editor yang bisa kamu gunakan. Mencari yang terbaik? Berikut rekomendasi aplikasi HTML editor untuk PC / laptop yang layak untuk diinstal.

1. Notepad++

Notepad++

Untuk para pengguna Windows, tentu tak asing dengan aplikasi bawaan bernama Notepad. Namun, banyak yang merasa jika aplikasi ini kurang mumpuni. Oleh karena itu, dihadirkanlah Notepad++ yang bisa digunakan sebagai editor HTML.

Notepad++ tersedia secara gratis. Memiliki ukuran yang kecil serta tampilan yang sederhana, Notepad++ mendukung fitur yang berguna untuk kegiatan coding dimana kamu bisa mengedit HTML, seperti melakukan highlight syntax melalui Notepad++ ini.

Terdapat pula fitur multi-edit yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengerjaan di beberapa tab sekaligus. Menarik, bukan?

2. Brackets

Aplikasi HTML Editor untuk PC Brackets

Brackets adalah aplikasi HTML PC yang bisa kamu andalkan jika mencari yang gratis namun tetap powerful. Ia memiliki segudang fitur mumpuni yang tak mengharuskan kamu untuk membayar sepeser pun.

Menariknya lagi, Brackets kompatibel dengan banyak sistem operasi, termasuk Windows. Lewat aplikasi ini, kamu bisa langsung mengedit HTML dengan memanfaatkan fitur inline editor. Terdapat pula fitur live preview yang akan menampilkan eksekusi penulisan kode yang sudah kamu lakukan.

Belum puas dengan fitur yang disediakan secara built-in, tenang, kamu bebas menambahkan extension yang jumlahnya beragam.

3. Atom

Atom

Aplikasi coding HTML berikutnya yang layak download datang dari Atom. Ia adalah tools wajib para web developer yang dijamin bakal memaksimalkan pekerjaan, terutama jika sedang menggarap project bersama tim.

Hadirnya fitur bernama teletype yang Atom hadirkan memungkinkan kamu untuk berkolaborasi bersama orang lain pada kode pemrograman tertentu yang sedang dibuat. Fitur ini memfasilitasi kerjasama pada suatu tim yang ingin mencapai suatu goals.

Atom kompatibel dengan berbagai sistem operasi. Sifatnya yang open-source membuat kamu tak perlu merogoh kocek sepeser pun untuk menikmati aplikasi text editor HTML terbaik satu ini.

4. Light Table

Light Table

Ringan dan gratis, Light Table menawarkan fitur yang luas biasa menarik. Pemula coding maupun yang sudah profesional sekalipun akan dimudahkan dengan mengandalkan aplikasi ini.

Salah satu hightlight dari Light Table yang membuatnya wajib download adalah kehadiran fitur command palate yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah pada kode yang sudah dibuat.

Lebih lanjut, terdapat pula fitur pencarian kode yang akan membuat proses eksekusi kode jadi lebih efisien. Text editor HTML ini tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.

5. Sublime Text

Aplikasi HTML Editor untuk Windows Sublime Text

Sublime Text menjadi tools edit HTML berikutnya yang tak boleh kamu lewatkan. Menawarkan biaya berlangganan mulai dari $80 per tahun, meski tidak gratis, apa yang kamu dapatkan nantinya sebanding dengan apa yang kamu bayar.

Ya, Sublime Text menawarkan berbagai fitur menarik dalam pengeditan kode HTML, contohnya fitur multiple selection dimana kamu bisa mengerjakan beberapa perubahan dalam sekali edit saja. Ada juga fitur split editing yang tak kalah apik.

Dukungan kustomisasi terlengkap inilah yang membuat Sublime Text wajib download. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Sublime Text kompatibel dengan Windows, macOS, dan Linux.

6. Bluefish

Bluefish

aplikasi HTML editor untuk PC / laptop lainnya yang layak untuk dilirik datang dari Bluefish. Ia ideal untuk siapa saja, pemula maupun profesional. Semakin menarik karena kamu bisa menikmati Bluefish 100% gratis, lho.

Ada beberapa fitur yang membuat Bluefish unggul seperti fitur autosave yang akan sangat berguna untuk meminimalisir kehilangan data yang sudah dibuat. Dukungan fitur autotag pun makin memudahkan, dimana aplikasi akan bekerja otomatis dalam memberikan tag nantinya.

Mau tampilan antarmuka yang lebih leluasa dalam pengeditan kode? Manfaatkan saja fitur full-screen editing. Beberapa fitur yang kami sebutkan tadi dijamin akan memudahkan penulisan syntax pada HTML.

7. HTMLPad

HTMLPad

HTMLPad mendukung banyak sekali bahasa pemrograman, yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. Jadi kalau kamu mencari aplikasi belajar coding untuk PC yang all-in-one, HTMLPad adalah opsi terbaik.

Meski berbayar, apa yang pengguna keluarkan nantinya sebanding dengan apa yang didapat. Mulai dari fitur-fitur pengeditan kode HTML yang lengkap hingga dukungan auto update yang secara otomatis akan bekerja jika pengembang merilis versi baru dari HTMLPad.

Aplikasi HTML ini begitu ringan saat dioperasikan. Ia juga memiliki tampilan antarmuka yang clean sehingga pemula sekalipun nantinya akan mudah beradaptasi dengan tools coding terbaik HTMLPad.

8. Aptana Studio

Aptana Studio

Sama seperti HTMLPad, Aptana Studio juga mendukung penulisan beberapa bahasa pemrograman selain HTML, yaitu Phyton, Ruby, JavaScript, dan masih banyak lagi. Fleksibilitas yang ia tawarkan membuatnya layak download.

Jika kamu ingin membangun website, Aptana Studio sangat bisa diandalkan. Selain gratis, pengguna akan dimanjakan lewat segudang fitur menarik yang jarang ada di aplikasi serupa. Contohnya adalah Integrasi Git.

Pengguna juga akan diberi kebebasan dalam melakukan berbagai macam kustomisasi lewat Aptana Studio. Baik pengguna Windows, Linux, maupun macOS sama-sama bisa menjalankan Aptana Studio di perangkat mereka.

9. WeBuilder

WeBuilder

Penulisan kode HTML jadi lebih mudah dilakukan lewat hadirnya dukungan template dan fitur autofill pada software HTML pad bernama WeBuilder.

Kompatibel dengan banyak versi Windows, WeBuilder adalah salah satu pilihan terbaik buat kamu yang ingin belajar coding. Kamu bebas memilih mau menggunakan halaman editor standar maupun mode vertikal dan horizontal.

Tak hanya untuk pemula, mereka yang sudah berpengalaman pun akan dimanjakan lewat fitur-fitur penunjang aktivitas coding yang WeBuilder sediakan.

10. CoffeeCup

Aplikasi HTML Editor untuk PC CoffeeCup

Mau membangun website dengan tampilan yang cantik dan kekinian? Kamu bisa mengandalkan software HTML editor lainnya yang bernama CoffeeCup.

Lewat CoffeeCup, kamu bisa dengan mudah menciptakan website yang ramah SEO sehingga layak untuk dimonetisasi nantinya. Dukungan tag library, salah satu fitur unggulan CoffeeCup, akan membuat pengerjaan coding jadi lebih efisien.

Ada pula fitur split-screen yang akan menampilkan preview dari kode-kode yang sudah kamu buat. Semua bisa dinikmati dengan membeli versi lengkap dari CoffeeCup seharga $20.

Mana aplikasi HTML editor untuk PC / laptop yang mau kamu gunakan? Pastikan aplikasi yang kamu pilih nantinya sesuai dengan kebutuhanmu saat ini, apakah untuk belajar coding atau memaksimalkan pekerjaanmu sebagai web developer.

Satu yang menarik dari software HTML editor adalah kebanyakan tersedia gratis dan multi-platform. Ini artinya, meskipun sistem operasi yang digunakan berbeda-beda, namun satu text editor HTML kompatibel dengan semuanya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend