• Our Partners:

Aplikasi Belajar Gitar untuk PC Laptop 2

10 Aplikasi Belajar Gitar untuk PC / Laptop (+Link Download)

Ingin mahir bermain gitar? Aplikasi belajar gitar untuk PC / laptop adalah solusinya. Kamu bisa mempelajari selak-beluk gitar maupun memaksimalkan output suara yang dihasilkan lewat sofware untuk Windows maupun macOS seperti ini, lho.

Ya, gitar adalah salah satu alat musik yang paling populer. Tak jarang banyak orang yang ingin mahir memainkannya. Masalahnya, mempelajari gitar tak selalu mudah. Oleh karena itu, kamu bisa mengandalkan aplikasi gitar yang tersedia untuk PC maupun laptop.

10 Daftar Aplikasi Belajar Gitar untuk PC / Laptop

Sekarang, ada cara praktis memainkan gitar yang bisa semua orang coba, yaitu lewat perangkat lunak yang bisa diinstal di berbagai macam perangkat, mobile maupun dekstop.

Untuk dekstop, kamu akan menemukan ragam software belajar gitar yang akan memaksimalkan penggunaan alat musik satu ini, mulai dari mempelajari chord-nya, menambahkan efek, dan melakukan tuning. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Mau download aplikasi belajar gitar untuk PC / laptop terbaik? Biar kamu tidak bingung, berikut kami rangkum mana saja yang layak diinstal oleh pemula maupun yang sebelumnya sudah memiliki teknik dasar bermain gitar.

1. AP Guitar Tuner

AP Guitar Tuner

Budget kamu belum cukup untuk membeli tuner gitar? Tenang, tanpa membelinya pun, kamu bisa menikmati apa yang ditawarkan tuner gitar fisik dengan download aplikasi bernama AP Guitar Tuner.

AP Guitar Tuner adalah aplikasi yang memungkinkan siapa saja, baik profesional maupun amatiran sekalipun untuk meningkatkan output suara pada gitar mereka.

Berbagai pengaturan tuning gitar tersaji secara virtual di aplikasi ini. Yang harus kamu lakukan hanyalah menghubungkan perangkat dengan gitar. Menariknya, AP Guitar Tuner tersedia secara gratis.

2. Guitar Rig

Guitar Rig

Tersedia dalam dua versi, gratis maupun berbayar, Guitar Rig adalah salah satu software efek gitar yang paling populer saat ini dengan jutaan pengguna yang sudah menggunakannya untuk belajar teknik gitar lewat PC. Contohnya seperti melakukan tuning.

Guitar Rig menawarkan kemudahan dalam bermain gitar dimana kamu bisa menggunakan 44 efek dan 50 preset. Ada pula fitur tube kompresor, studio reverb + delay, tuner, dan metronom yang pastinya akan memaksimalkan output gitar sesuai dengan selera kamu.

Tampilan antarmuka yang Guitar Rig hadirkan begitu menarik dimana kamu akan menemukan preset dan komponen rig di satu menu. Dijamin memudahkan!

3. Guitar Pro

Aplikasi Belajar Gitar untuk PC Guitar Pro

Menghadirkan fitur yang komplit, Guitar Pro menjadi aplikasi efek gitar untuk PC selanjutnya yang kami rekomendasikan. Menariknya, aplikasi ini tak hanya kompatibel dengan gitar saja, namun juga alat musik petik lainnya seperti ukulele dan banjo.

Kamu bebas menciptakan komposisi musik dengan mengandalkan Guitar Pro ini. Didukung user interface yang ramah pengguna, aplikasi ini ideal untuk siapa saja, bahkan amatiran sekalipun.

Segudang fitur yang dihadirkan Guitar Pro memungkinkan kamu untuk mengatur tempo maupun chord pada gitar dengan mudah.

4. Guitar and Bass

Guitar and Bass

Guitar and Bass juga menawarkan kemudahan melakukan tuning pada alat musik petik seperti gitar, ukulele, dan banjo. Yang harus kamu lakukan adalah menginstal software ini lalu menghubungkan alat musik ke perangkat PC maupun laptop.

Guitar and Bass menyediakan fitur kustomisasi chord yang bisa kamu atur melalui viewing screen. Proses belajar gitar pun jadi makin menyenangkan lewat fitur lengkap yang Guitar and Bass miliki.

Aplikasi ini kompatibel dengan banyak versi Windows. Semakin menarik karena ia bisa dinikmati sepenuhnya secara gratis.

5. Studio Devil

Aplikasi Belajar Gitar untuk PC Studio Devil

Buat kamu yang sudah memiliki teknik dasar bermain gitar, asah kemampuan yang kamu miliki dengan menjajal aplikasi belajar gitar untuk PC / laptop bernama Studio Devil!

Studio Devil merupakan amplifier virtual untuk gitar dimana kamu akan menemukan beberapa mode amp. Tak hanya itu, Studio Devil juga menghadirkan efek stompbox, 7-band graphic EQ, compressor, gate, echo, reverb, dan masih banyak lagi.

Pokoknya, melakukan tuning gitar akan sangat dimudahkan lewat Studio Devil ini. Terlebih, ia memiliki user interface layaknya amplifier fisik.

6. TuxGuitar

TuxGuitar

Belajar gitar jadi lebih praktis dengan mengandalkan TuxGuitar. Aplikasi ini memang ditujukan untuk mereka yang ingin belajar gitar mulai dari 0.

TuxGuitar hadir sebagai aplikasi tab gitar yang lengkap. Kamu juga bisa membuat komposisi musik dengan gitar sebagai instrumennya menggunakan aplikasi ini.

Ada dua versi aplikasi yang bisa kamu pilih. Sekadar coba-coba? Tersedia versi trial yang gratis. Kalau mau fitur yang lebih lengkap, membeli versi berbayarnya sangat kami rekomendasikan.

7. Chordious

Aplikasi Belajar Gitar untuk Windows Chordious

Bagi pemula, menggunakan alat bantu gitar akan sangat membantu untuk menguasai permainan gitar dengan cepat. Kalau budget kamu terbatas, tenang, kamu bisa menggunakan opsi lain yang pastinya gratis.

Adalah Chordious, alat chord virtual berbentuk software untuk Windows yang bisa kamu nikmati sepenuhnya gratis. Menarik, bukan?

Chordious menyediakan database chord yang lengkap tak hanya untuk gitar, namun juga alat musik lainnya seperti ukulele dan banjo.

8. Chordastic

Chordastic

Mau menciptakan lagu dengan instrumen gitar? Kamu bisa mengandalkan aplikasi berguna untuk para gitaris bernama Chordastic yang kompatibel dengan Windows 7,8, dan 10.

Chordastic menawarkan notepad yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat menulis lirik dan detail lainnya pada lagu yang sedang kamu buat sembari memetik gitar.

Jika sudah, chord gitar bisa kamu masukkan ke dalam notepad tersebut sehingga kapanpun kamu ingin memainkan demo musik tersebut, kamu tidak akan lupa dengan tangga nadanya. Memudahkan, bukan?

9. Jamulus

Jamulus

Mau berkolaborasi secara langsung dengan musisi lain namun terpisah oleh jarak dan waktu? Tenang, ada satu aplikasi yang akan memudahkan permainan gitarmu.

Ya, Jamulus adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memudahkan para musisi dalam melakukan real-time performance tanpa bertatap muka secara langsung. Canggih, bukan?

Memanfaatkan koneksi internet, Jamulus memungkinkan kamu untuk terhubung dengan musisi lainnya, termasuk alat musik yang mereka gunakan, tak sebatas gitar saja. Kamu juga bisa saling bertukar ide terkait komposisi musik nantinya.

10. HandyChords

HandyChords

HandyChords menjadi penutup aplikasi main gitar untuk pemula yang kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin mendalami permainan alat musik satu ini.

Sesuai namanya, HandyChords menawarkan kemudian mempelajari chord gitar lewat sebuah aplikasi yang handy, mudah dipahami siapa saja, dan ringan.

Tampilan antarmuka HandyChords dibuat sederhana sehingga ideal bagi mereka yang baru saja terjun menekuni bidang musik. Pilihan instrumen musiknya pun beragam, tak hanya gitar saja, lho.

Itu dia 10 daftar aplikasi belajar gitar untuk PC / laptop yang sudah kami ulas. Mana yang menurutmu paling pas digunakan oleh pemula?

Belajar gitar di PC memang menjadi solusi praktis buat kamu yang enggan menyewa jasa pelatih. Kamu bisa menguasainya secara otodidak lewat beragam software yang menyediakan fitur tuning gratis maupun menampilkan informasi chord gitar terlengkap.

Pilihannya pun ada dua, mau menggunakan yang gratis atau yang berbayar. Agar lebih maksimal, tentu penggunaan aplikasi gitar untuk PC atau laptop yang berbayar lebih disarankan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend