• Our Partners:

Aplikasi Menggambar untuk Android

10+ Aplikasi Menggambar untuk Android yang Wajib Dicoba

Dari kecil kita pasti selalu diajarkan cara menggambar. Dan biasanya gambar tersebut diukir diatas kertas. Namun karena perkembangan teknologi, kamu bisa memanfaatkan smarphone untuk menggambar. Cara tersebut lebih efisien dan ramah lingkungan.

Cara menggambar di smarphone tidak jauh berbeda dengan menggambar di kertas. Tapi tentu saja biasanya seseorang yang menggambar harus memiliki jiwa seni dan kemampuan atau skill.

Menggambar di smarphone dapat dilakukan dengan tangan kosong. Akan tetapi untuk menghasilkan karya yang lebih bagus, lebih baik menggunakan stylus pen agar menggambar jadi lebih menyenangkan dan mudah.

10+ Aplikasi Menggambar untuk Android

Berikut ini 10 aplikasi menggambar untuk android yang dapat kamu unduh di playstore atau langsung mengklik aplikasinya dibawah ini:

1. SketchBook – draw and paint

SketchBook

Rekomendasi aplikasi yang pertama untuk menggambar di android ialah SketchBook. SketchBook biasanya tidak asing lagi bagi kalangan yang gemar menggambar di perangkat digital karena telah banyak digunakan oleh semua kalangan.

Aplikasi ini dirilis tahun 2014 oleh developer Autodesk Inc dengan rating 4,1/5. Nah, pilihan aplikasi ini sangat cocok bagi kamu karena menawarkan fitur yang beragam untuk mempermudah kita dalam menggambar. Kita bebas memilih jenis brush, seperti memilih bentuknya, warnanya dan tipe goresan brush yang akan digunakan untuk menggambar.

2. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw

Aplikasi ini dirilis tahun 2015 oleh developer Adobe dengan rating 4,3/5. Pengembangan yang unggul bagi industri media digital dan desain grafis mempunyai Adobe Illustrator Draw untuk membantu kamu menggambar di android dengan berbagai jenis lukisan berbasis vektor.

Aplikasi ini simple namun cukup powerful sebab menyediakan pilihan lintas platform yang bisa meng-export gambar ke PC. Aplikasi ini menyediakan 5 jenis brush dengan berbagai layer dan warna untuk menggambar. Selain itu, dalam proses menggambar kamu dapat melakukan zoom hingga 64 kali hingga menghasilkan gambar yang menarik dan kamu bisa melakukan proses menggambar secara detail.

3. ibis Paint X

Aplikasi Menggambar untuk Android Ibis Paint X

Aplikasi ini dirilis tahun 2015 oleh developer ibis Inc dengan rating 4,5/5. Apliksi ibis paint X telah menyediakan 142 buah brush secara gratis yang bisa kami pilih untuk menghasilkan gambar sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing.

Selain itu juga terdapat fitur pendukung lain untuk menggambar, salah satunya ialah kamu bisa menggunakan mode manga function kemudian berbagai macam tools khusus yang bisa kamu pakai untuk menggambar manga.

4. PaperDraw: Paint Draw SketchBook

PaperDraw

Aplikasi ini dirilis tahun 2016 oleh developer Colorfit dengan rating 4,2/5. Siapapun mampu menghasilkan karya seni dengan bantuan aplikasi yang mudah digunakan ini. Bebagai macam fitur yang disediakan secara gratis, mulai dari alat smudge, stiker, pembuat simetri, teks sampai kuas ajaib.

Dengan PaperDraw kamu bisa membuat sketsa gambar dan membuat gambar 3D serta menambahkan watermark pada hasil gambarmu. Untuk menambahkan ide-ide gambar yang ingin kamu buat kamu bisa berkolaborasi dengan pengguna lain dan kamu bisa membagikan hasil karyamu.

5. MediBang Paint

MediBang Paint

Aplikasi ini dirilis tahun 2015 oleh developer MediBang Inc dengan rating 4,1/5. Aplikasi yang satu ini hadir dengan berbagai jenis fitur yang menarik bagi orang-orang yang suka menggambar. Dilengkapi dengan berbagai tools yang dapat memudahkan untuk menggambar.

Menyediakan lebih dari 100 type pen, kuas dan layer yang dapat dipakai untuk menggambar. Kamu bisa menggambar manga dengan mudah yakni dengan menggunakan lebih dari 1000 jenis fonts dan layout komik. Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah seperti ‘drag and drop‘ yaitu gambar ke tempat yang kamu inginkan.

Dengan menggunakan penyimpanan cloud kamu bisa dengan mudah melihat dan memindahkan gambar ke PC. Selain itu kamu juga bisa membagikan gambar ke team lain sehingga kemungkinan kreatifitasmu tidak akan terbatas.

6. ArtFlow: Paint Draw SketchBook

ArtFlow

Aplikasi ini dirilis tahun 2013 oleh developer Artflow Studio dengan rating 3,9/5. Aplikasi ini dapat bekerja optimal pada perangkat Samsung S Pen atau Nvidia Direct Stylus. Akan tetapi masih bisa digunakan bagi perangkat lain yang tidak di bekali oleh stylus.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup menarik yaitu terdapat lebih dari 70 jenis brush dan alat-alat lain yang bisa kamu gunakan, tersedia 16 layers, kanvas dengan ukuran hingga 4096 x 4096 piksel, dapat melakukan undo yang tak terbatas.

Aplikasi ini memiliki versi yang free dan pro, aplikasi yang gratis dapat diunduh dengan cuma-cuma di PlayStore, namun aplikasi versi pro walaupun berbayar fitur yang ditawarkan sangatlah menarik.

7. Silk Paints – Drawing, Doodle & Sketch with Brush

Aplikasi Menggambar untuk Android Silk Paints

Aplikasi ini dirilis tahun 2013 oleh developer i20.biz dengan rating 4,3/5. Aplikasi Silk Paint bukanlah aplikasi menggambar biasa. Karena aplikasi ini dilnegkapi dengan cat multi kuas yang bisa menciptakan berbagai jenis karya seni.

Yang lebih bagus dari aplikasi ini ialah, menyediakan fitur “life tracks”. Yang dimaksud dengan fitur “life tracks” yakni dengan fitur ini kita bisa merekam semua proses pembuatan gambar dan bisa menayangkannya kembali.

Dengan adanya fitur tersebut kita bisa membuat wallpaper dengan ide gambar animasi bergerak. Aplikasi ini menyediakan fitur yang free dan fitur berbayar (fitur unggulan) yang harus dibeli terlebih dahulu.

8. Infinite Painter

Infinite Painter

Aplikasi ini dirilis tahun 2012 oleh developer Infinite Studio Mobile dengan rating 3,9/5. Infinite painter merupakan aplikasi yang cocok untuk ilustrator yang lebih menyukai style lukisan digital yang realistis. Karena aplikasi ini menyediakan berbagai jenis fitur mulai dari jenis brush, tools dan tampilan yang mudah untuk digunakan.

Fitur tersebut terdiri dari:

  • superior brushes (160+ natural brush preset, membuat kuas baru dan lainnya),
  • superior tools (melakukan percobaan dengan 4 jenis simetri, mode campuran layer dan lainnya)
  • superior interface (dapat dengan mudah melakukan editing, melakukan klon, dan lainnya)
  • fitur lanjutan (dapat mengubah layer secara bersamaan, putar dan balikkan kanvas,dan lainnya)
  • impor dan ekspor (menambahkan gambar dari galeri/kamera/web, mengekspor gambar sebagai JPEG, PNG, PSD, ZIP, dan lainnya)

9. Adobe Photoshop Sketch

Adobe Photoshop Sketch

Aplikasi ini dirilis tahun 2016 oleh developer Adobe dengan rating 4,1/5. Kamu bisa menuangkan berbagai ide dan kreatifitasmu ke dalam sebuah gambar dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Sketch ini.

Aplikasi ini mengklaim dapat membuat lukisan ekpresif dengan beberapa kuas dan lapisan, Dilengkapi dengan fitur umum untuk menggambar. Selain itu aplikasi ini dapat dihubungkan ke PC. Kamu juga dapat mencari insipirasi dengan melihat community sketches. Kamu juga bisa menggunakan Adobe Photosop Sketch dengan capture, photoshop, dan illustrator.

10. Sketch Master

Aplikasi Menggambar untuk Android Sketch Master

Aplikasi yang terakhir ialah Sketch Master. Aplikasi melukis dan menggambar yang dirancang kuat untuk setiap pengguna android. Aplikasi ini dirilis tahun 2012 oleh developer BariLab dengan rating 4,2/5. Aplikasi ini menawarkan beberapa jenis alat sketsa dan antarmuka pengguna yang sederhana.

Fitur yang ditawarkan ialah dapat melakukan zoom 3000% & navigasi dua jari, dapat melakukan duplikat dan menggabungkan serta atur ulang layer, memilih warna, swatch warna, 7 brush, ukuran maksimal ditentukan oleh resolusi layar, tersedia lapisan tak terbatas (ruang disk yang terpakai), impor gambar dari perpustakaan foto, membagikan hasil gambar, dan lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend