10 Aplikasi Pembuat Animasi PC / Laptop

10 Aplikasi Pembuat Animasi PC / Laptop Terbaik untuk Pengguna Windows

NESABAMEDIA.COM – Animasi merupakan sebuah gambar bergerak yang biasa ditayangkan untuk keperluan film. Animasi adalah penggabungan dari beberapa elemen yaitu seperti gambar, foto, dan audio yang menjadi satu kesatuan berbentuk sebuah file video.

Animasi biasanya juga dibuat menggunakan sebuah perangkat lunak komputer. Untuk membuat animasi yang menarik dan baik, maka Anda memerlukan keterampilan dan keahlian dalam menggunakan perangkat lunak pembuat Animasi tersebut.

Animasi yang saat ini sering Anda lihat yaitu seperti film Doraemon, anime, toy story, frozen, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari segi prestasinya, hampir seluruh film Animasi selalu menarik perhatian penonton diseluruh dunia. Dengan begitu, maka pihak produksi film animasi tersebut dapat meraup untung yang sangat besar. Anda juga dapat membuat sebuah film Animasi menggunakan aplikasi dibawah ini.

10 Aplikasi Pembuat Animasi PC / Laptop

Apabila Anda berminat dan tertarik untuk mencoba membuat sebuah film Animasi, maka Anda dapat memulainya dari sekarang. Cobalah untuk menggunakan dan belajar mengenai cara menggunakan aplikasi pembuat animasi PC atau laptop.

Dengan kesabaran dan ketekunan Anda dalam mempelajari sebuah aplikasi pembuat animasi PC, maka Anda akan semakin mahir untuk membuat animasi dikemudian hari. Nah, pada artikel ini akan memberikan Anda rekomendasi beberapa aplikasi pembuat Animasi PC yang dapat Anda pelajari mulai saat ini.

1. Blender

animasi

Blender merupakan suatu aplikasi animasi 3D yang dapat Anda gunakan secara gratis, dan aplikasi ini bersifat open source. Dalam penggunaannya aplikasi Blender telah mendukung suatu konsep video 3D untuk segala aspek, contohnya seperti rigging, modelling, simulasi, animasi, compositing, rendering, motion tracking sampai dengan membuat sebuah game.

Aplikasi Blender juga sangat cocok untuk Anda yang sedang belajar dalam membuat video animasi yang dilakukan oleh sekelompok orang maupun perorangan. Hal itu dikarenakan aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan responsif. Blender juga telah tersedia untuk berbagai platform, contohnya seperti Windows, Linux, dan MacOS.

2. Pencil2D Animation

Aplikasi Pembuat Animasi PC / Laptop

Aplikasi Pencil2D Animation juga adalah salah satu aplikasi opensource yang dapat kita gunakan secara gratis. Aplikasi ini juga dapat kitagunakan untuk membuat video animasi dengan cara manual, yakni prosesnya akan dilakukan frame by frame.

Anda bisa memilih 2 jenis gambar untuk membuat animasi diaplikasi ini yaitu gambar vektor maupun bitmap. Pencil2D Animation juga sudah didukung dengan berbagai sistem operasi, yakni Linux, Windows, Free BSD dan Mac OS.

3. Synfig Studio

animasi

Hampir sama dengan aplikasi Pencil2D Animation, aplikasi Synfig Studio juga digunakan untuk membuat video animasi dengan urutan gambar yang akan ditampilkan dengan cepat. Hal ini dilakukan agar dapat menciptakan sebuah ilusi pergerakan. Untuk membuat animasi, Anda harus menggambar masing-masing gambar yang nantinya akan disatukan dan menciptakan sebuah video animasi.

Gambar tersebut umumnya dikenal dengan frame dan metode tersebut dikenal juga dengan sebutan animasi frame by frame. Untuk bisa membuat suatu ilusi gerak yang menarik, maka Anda harus menggambar frame dalam jumlah yang banyak.

4. Pencil

animasi

Pencil merupakan sebuah aplikasi grafis yang mengusung konsep animasi 2D. Aplikasi ini telah mendukung sistem operasi Windows, MacOS, Free BSD, dan juga Linux. Aplikasi Pencil menggunakan gambar bitmap dan vector untuk membuat animasi 2D yang sederhana.

Aplikasi ini juga diciptakan menggunakan bahasa pemrograman Qt dan C++ serta memiliki lisensi GNU General Public License. Pencil saat ini telah memiliki 4 jenis layer, yaitu gambar vector, bitmap, audio maupun kamera. Pada dasarnya, dokumen baru yang berisikan layer vector dan bitmap akan berada diatas. Namun Anda bisa menambahkan bahkan menghapus layer yang tidak Anda inginkan pada tombol Layers.

5. Plastic Animation Paper

Aplikasi Pembuat Animasi PC Terbaik

Aplikasi pembuat animasi 2D lainnya yaitu bernama aplikasi Plastic Animation Paper, biasnaya aplikasi ini sering disingkat dengan PAP. Dengan menggunakan PAP, Anda bisa membuat video animasi, menghilangkan scanner dan camera.

Aplikasi ini sangat cocok digunaakn oleh seorang animator profesional maupun pemula. Anda bisa belajar dasar-dasar dalam membuat sebuah video animasi menggunakan aplikasi ini. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu merasa bingung ketika menggunakannya.

6. Stykz

animasi

Stykz adalah suatu aplikasi pembuat animasi yang dapat digunakan secara gratis dan multi platform. Aplikasi ini juga sudah tersedia untuk komputer yang memiliki sistem operasi MacOS maupun Windows. Namun, untuk komputer yang memiliki sistem operasi Linux saat ini masih dikembangkan dan masih berada dalam tahap Beta.

Adapun beberapa kelebihan dari aplikasi ini yaitu Stykz merupakan aplikasi yang ringan, menggunakan metode frame by frame, dan cocok untuk digunakan oleh animator pemula. Animasi yang sedang dikerjakan dapat diperbaiki secara langsung pada halaman kerjanya.

7. Aurora 3D Animation Maker

Aplikasi Pembuat Animasi Laptop Terbaik

Fitur utama dari aplikasi Aurora 3D animation maker yaitu dapat dilakukannya pengubahan tekstur, warna, rotasi, move, dan lain sebagainya. Pengeditan animasi pada aplikasi ini akan sangat sempurna dengan mengontrol contrast, brightness, serta mengatur ukuran.

Tidak hanya itu, Anda dapat memberikan efek pada video animasi Anda. Didalam aplikasi ini telah tersedia berbagai macam efek yaitu seperti edek salju, hujan, luar angkasa, asap, kembang api dan lain sebagainya. Apabila Anda mengganti modenya menjadi 3D graphics, maka Anda dapat memberikan teks 3D didalamnya.

8. DAZ Studio

animasi

DAZ Studio merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis yang dapat membuat animasi dengan konsep 3D. Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat yang sangat sempurna apabila Anda ingin belajar animasi dari awal. Anda dapat belajar membuat animasi seperti kendaraan, pohon, orang, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa keunggulan dari aplikasi ini yaitu dapat membuat kostum karakter maupun avatar kedalam bentuk 3 dimensi, membuat ruangan virtual dengan animasi, dan lain sebagainya.

9. Clara.io

animasi

Clara.io merupakan sebuah program yang memungkinkan Anda untuk membuat animasi dengan sangat mudah. Keunggulan-keunggulan yang ada di aplikasi ini dapat menarik minat para pengguna untuk mencobanya. Berikut adalah beberapa dari keunggulan dan fitur utama yang tersedia pada aplikasi Clara.io :

  1. Membuat design animasi dalam berbentuk 3D
  2. Memiliki design interface yang mudah dikenali, sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan mudah
  3. Memiliki design figur yang dapat kita modifikasi kembali
  4. Dapat membuat 3D Modelling dengan sangat mudah

10. OpenToonz

Aplikasi Pembuat Animasi PC / Laptop Windows

OpenToonz merupakan aplikasi grafis berkonsep 2D yang dapat diakses secara gratis dan bersifat open source. Dan tahukah kamu bahwasanya aplikasi ini juga pernah digunakan oleh para pembuat film untuk menyelesaikan project filmnya? Salah satu film yang terkenal yang menggunakan aplikasi ini sebagai software membuat animasinya yaitu film Batman Ninja.

Aplikasi ini memiliki fitur utama yaitu seperti Motion Tracking, frame by frame animation, dan lain sebagainya. Aplikasi ini cocok untuk para pemula maupun para profesional untuk membuat animasi video.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai 10 aplikasi pembuat animasi PC atau Laptop. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda referensi mengenai aplikasi pembuat animasi terbaik.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend