Aplikasi Settings Windows 10 Yang Baru Juga Akan Hadir di Pembaruan Sun Valley

Aplikasi Settings Windows 10 Yang Baru Juga Akan Hadir di Pembaruan Sun Valley

NESABAMEDIA.COMSudah lebih dari delapan tahun sejak Microsoft pertama kali memperkenalkan antarmuka modern untuk halaman Settings dengan Windows 8. Meski Windows 10 diluncurkan, tidak ada antarmuka khusus untuk aplikasi Settings dan sistem operasi itu masih menggunakan Control Panel. Itu karena aplikasi Settings modern itu masih belum sempurna dan dianggap memiliki banyak kekurangan, dan pengaturan lebih lanjut pun masih belum tersedia.

Pada saat aplikasi Settings itu pertama kali diperkenalkan, Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 masih akan menggunakan Control Panel, sampai aplikasi Settings itu selesai dikembangkan. Microsoft memiliki rencana untuk memindahkan semua opsi pengaturan yang ada di Control Panel ke aplikasi Settings. Namun kenyataannya, mereka memindahkan sedikit demi sedikit, ketimbang melakukan seluruh pemindahan dalam sekali pembaruan. 

Sementara masih belum ada informasi mengenai apa yang akan terjadi dengan Control Panel pada pembaruan Windows 10 Sun Valley yang akan datang, sepertinya aplikasi Settings itu juga akan mendapatkan perubahan desain, dan akan berbasis pada bahasa desain yang baru. Ini artinya aplikasi Settings akan mendapatkan mode gelap seperti yang seharusnya, dan juga ikon-ikon yang lebih berwarna.

Microsoft sendiri juga tengah mengerjakan sejumlah ikon baru untuk beberapa pengaturan inti yang ada di aplikasi Settings. Idenya adalah untuk memberikan pengaturan seperti aplikasi Windows Update yang ada di dalam aplikasi Settings, tampilan Fluent Design dan menambahkan lebih banyak warna daripada tampilan kacau dan datar seperti yang ada sekarang ini. 

Aplikasi Settings yang baru itu nantinya tidak akan jauh berbeda dengan versi yang ada saat ini, namun yang jelas akan menjadi lebih menarik dengan ikon yang berwarna, dan tata letak yang lebih rapi. Seperti Control Panel, aplikasi Settings juga akan mendapatkan menu navigasi dengan semua opsi pengaturan utama seperti Updates & Security, Personalization, Bluetooth dan sebagainya di sebelah kiri sidebar. 

Opsi pengaturan ini akan terlihat ketika pengguna mengakses halaman yang berbeda di aplikasi Settings.

Pembaruan pada aplikasi Settings tersebut juga akan memperkenalkan opsi baru untuk melakukan kustomisasi sistem operasi Windows 10. Misalnya, Microsoft saat ini tengah mengerjakan sebuah halaman Settings yang baru, untuk membantu memudahkan pengguna dalam melakukan personalisasi pada keyboard sentuh dengan membiarkan pengguna untuk mengubah ukuran tombol, warna dan kontrol multitasking-nya. 

Namun perlu dicatat bahwa informasi ini masih berdasarkan pada versi awal dari langkah desain ulang aplikasi Settings di Windows 10, dan rencana itu bisa saja berubah kapanpun. Namun keyakinannya cukup besar, bahwa aplikasi Settings yang baru itu akan diperkenalkan dan akan memiliki ikon untuk semua opsi pengaturan yang ada, seperti Control Panel. 

Leave a Reply

Send this to a friend