Desain Ulang Fitur Control Panel Windows 10

Microsoft Desain Ulang Fitur Lain di Control Panel Windows 10

NESABAMEDIA.COMFitur Control Panel telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows sejak Windows versi 1.0, dan telah memiliki fanbase dari pengguna lama yang memilih Control Panel ketimbang halaman Settings yang baru, yang saat ini fitur kuncinya masih belum lengkap. 

Mulai dari Windows 10 versi Oktober 2020 20H2, Microsoft telah mencoba untuk mendorong pengguna setia Control Panel untuk beralih ke halaman Settings, dan sepertinya Microsoft akan terus melanjutkan rencana modernisasi di Windows 10. 

Seperti yang terlihat di Preview Build terbaru, Microsoft kini menghadirkan lebih banyak halaman yang dulunya berada di Control Panel ke aplikasi Settings yang lebih modern. Pada Preview Build yang dirilis beberapa hari yang lalu, pengguna juga akan menemukan fitur Storage Spaces di aplikasi Settings.

Fitur Storage Spaces ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa perangkat penyimpanan ke komputer dan memperlakukannya seperti sebuah perangkat penyimpanan tunggal yang kemudian diberi nama “Storage Pool”.

Fitur Storage Spaces di Aplikasi Settings Windows 10

Fitur Storage Spaces di Aplikasi Settings Windows 10

Microsoft telah melakukan modernisasi antarmuka dari fitur Storage Space lama dan menambahkannya ke aplikasi Settings → System → Storage → Manage Storage Spaces. Pengguna bisa mengklik tautan yang ada di Storage Spaces itu untuk membuat dan mengelola ruang penyimpanan melalui aplikasi Settings. 

Tampilan Storage Pool Modern

Tampilan Storage Pool Modern

Dalam sebuah acara podcast, Microsoft menjelaskan bahwa halaman Settings dibuat dengan mempertimbangkan sisi aksesibilitas dan pengalaman modern. Halaman Settings juga menawarkan integrasi yang lebih baik terhadap fitur Windows asli, seperti Storage Settings dan Storage Sense. 

Tampilan Pengelola Storage Space

Tampilan Pengelola Storage Space

Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar di atas, alternatif modern dari fitur Storage Spaces memungkinkan pengguna untuk membuat, menambahkan dan mengoptimalkan penyimpanan. Pengguna juga bisa menggunakan keyboard dan Windows Narrator untuk berpindah ke halaman yang berbeda, dan tetap menggunakan beberapa perangkat penyimpanan yang memiliki antarmuka berbeda. 

Sementara itu Control Panel tidak akan ditinggalkan oleh Microsoft, tapi ada kemungkinan jika halaman itu akan dihapus atau dinonaktifkan di masa mendatang, agar seluruh aplikasi dan fitur yang ada di Windows 10 bisa seragam dengan tampilan yang lebih modern. 

Saat hal tersebut terjadi, beberapa halaman di Control Panel akan mengarahkan pengguna menuju aplikasi Settings. Microsoft juga akan memblokir aplikasi pihak ketiga yang bisa memunculkan kembali Control Panel yang telah disembunyikan itu. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend