Desain Baru Microsoft Windows 10

Bocoran Ungkap Kapan Desain Baru Windows 10 Akan Dirilis

NESABAMEDIA.COMSetelah sempat melakukan penundaan dan penangguhan, Microsoft mengatakan pihaknya telah selesai merilis pembaruan Windows 10 versi Oktober 2020 (20H2) ke seluruh pengguna. Kini mereka kembali disibukkan dengan tahap finalisasi pembaruan fitur berikutnya.

Dengan kata lain, tinggal beberapa hitungan hari saja sampai Microsoft mengumumkan secara resmi pembaruan berikutnya, khususnya soal desain baru dari Windows 10. Dan seperti biasanya, semuanya akan dilakukan secara perlahan.

Seperti apa yang dilakukan pada tahun lalu, Microsoft rencana juga akan mengeluarkan dua pembaruan fitur utama di Windows 10 yakni versi 21H1 dan 21H2 untuk tahun ini. Selain itu Microsoft juga meluncurkan versi Windows 10 baru yakni Windows 10X, layanan Cloud PC, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android secara native. 

Pembaruan berikutnya untuk Windows 10 adalah versi 21H1 dan akan menghadirkan peningkatan kualitas. Pembaruan utama untuk tahun ini diketahui akan menggunakan kode sandi Sun Valley, dan akan diumumkan sebagai pembaruan versi 21H2. 

Merujuk pada kode referensi yang ditemukan pada Preview Builds, Microsoft mungkin berencana untuk menyelesaikan build RTM pada bulan Juni mendatang. Hal tersebut bukan berarti bahwa Windows 10 versi 21H2 Sun Valley akan siap untuk dirilis ke publik pada bulan Juni. Bisa dipastikan bahwa rencana untuk 21H2 adalah akan dihadirkan ke publik sekitar bulan Oktober atau November, tergantung dari proses pengujian di Windows Insider. 

Kabar baiknya adalah, kita tidak harus menunggu sampai dengan bulan Juni atau bahkan Oktober untuk bisa mengetahui seperti apa perubahan tampilan dan desain baru di pembaruan yang akan datang, meski pengumuman resmi atau teasernya tidak akan muncul dalam waktu dekat. 

Pada awal pekan lalu, sebuah lowongan pekerjaan yang diposting Microsoft secara tidak langsung mengkonfirmasi perubahan yang akan datang di sistem operasi Windows 10, yang mereka sebut dengan istilah ‘menyapu’ dan ‘menyegarkan’. Lowongan kerja itu juga mengkonfirmasi bahwa Microsoft sedang membangun pengalaman ikonik yang akan menjadi masa depan dari Windows 10.

Laporan terbaru juga menunjukkan bahwa Microsoft saat ini sedang melakukan pengujian peningkatan UI untuk Start Menu, Action Center, Taskbar, File Explorer dan banyak lagi. Sementara Microsoft sedang sibuk dengan rumor peningkatan desain ulang Windows 10, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai berapa banyak fitur baru yang akan dihadirkan.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend