Microsoft Cloud PC Windows 10 Peningkatan Fitur

Dokumen Microsoft Ungkap Cloud PC Windows 10 Baru Saja Diperbarui

NESABAMEDIA.COMSebuah laporan menyebutkan bahwa Microsoft secara tertutup dan diam-diam tengah mengembangkan sebuah layanan baru bernama Windows 10 Cloud PC. Layanan ini nantinya memiliki fungsi untuk memungkinkan pengguna mengakses aplikasi desktop dari perangkat manapun hanya dalam waktu hitungan detik.

Windows 10 Cloud PC ini, diprediksi akan diluncurkan Microsoft sekitar bulan Maret hingga Juni tahun 2021 ini. Beberapa detail menarik seputar layanan baru Microsoft ini pun telah bocor ke internet. 

Bagi yang mungkin baru mengenal, Cloud PC adalah layanan berbasis Azure yang dibuat di atas Windows Virtual Desktop, dan memiliki tujuan untuk memberikan arti sebenarnya dari sebuah tempat kerja modern (Modern Workplace) dan merevolusi lingkungan komputasi. 

Bocoran My Workplace di Cloud PC Windows 10

Bocoran My Workplace di Cloud PC Windows 10

Dengan Cloud PC ini, pengguna bisa memiliki perangkat desktop personal namun di Cloud, yang bisa diakses dari mana saja, seperti saat pengguna memakai OneDrive atau Google Drive. Cloud PC ini nanti akan dihosting di server Microsoft Azure dan pengguna bisa mengaksesnya menggunakan aplikasi Microsoft Remote Desktop untuk Windows, Android dan juga iOS.

Saat ini, pengguna hanya bisa menggunakan aplikasi Remote Desktop untuk melakukan mirroring layar desktop ke perangkat smartphone atau lainnya. Cloud PC akan membawanya ke level berikutnya dengan versi virtual Windows 10 di cloud. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming aplikasi desktop menggunakan internet untuk meningkatkan kinerja.

Aplikasi dan Perangkat Cloud PC

Aplikasi dan Perangkat Cloud PC

Disebutkan bahwa nanti akan ada tiga konfigurasi berbeda di Cloud PC ini. Pertama adalah Medium untuk kebutuhan umum, Heavy untuk performa yang lebih baik dan Advanced untuk konsumen bisnis.

Menurut sebuah dokumen dukungan baru dari Microsoft yang bocor, Cloud PC akan menggunakan teknologi Microsoft Graph, yakni sebuah tool untuk melakukan kolaborasi real-time, integrasi Azure, dan fitur-fitur lainnya. Microsoft Graph versi 1.0 telah diperbarui untuk ditambahkan API baru untuk Cloud PC, yang mengungkap bahwa layanan baru ini siap diluncurkan dalam waktu dekat. 

Dalam dokumen tersebut, Microsoft menjelaskan bahwa API Cloud PC ini masih dalam tahap peninjauan dan hanya tersedia untuk pengguna tertentu yang terpilih. 

Sejumlah rumor juga menyebutkan bahwa Cloud PC juga memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming aplikasi Win32 menggunakan internet ke perangkat Windows 10X. Teori ini cukup masuk akal, karena Windows 10X memang ditujukan sebagai sistem operasi yang ringan dan berbasis web dengan dukungan aplikasi melalui Windows Store. 

Leave a Reply

Send this to a friend