Fitur Baru Dynamic View Microsoft Teams

Microsoft Hadirkan Fitur Baru Dynamic View di Teams

NESABAMEDIA.COMAplikasi Microsoft Teams dalam waktu dekat akan mendapatkan sebuah fitur baru bernama Dynamic View yang bisa diaktifkan saat pengguna melakukan meeting online. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi konten ke partisipan lainnya, dan tentunya akan memudahkan saat menyajikan presentasi konten semacam PowerPoint atau lainnya. 

Fitur Dynamic View di Microsoft Teams ini direncanakan akan dirilis pada bulan Maret, namun karena masih merupakan rencana, maka jadwalnya pun bisa berubah kapan saja. 

Saat ini pengguna bisa menyajikan video atau konten dinamis lainnya di Microsoft Teams ketika webcam dalam status aktif, namun tayangan video dari partisipan lainnya berukuran sangat kecil. Sepertinya fitur Dynamic View ini akan secara otomatis melakukan optimasi tergantung kondisi saat presentasi dan memiliki pilihan untuk mengatur tampilannya. 

Dengan fitur Dynamic View, pengguna bisa menyematkan presentasi dari partisipan lainnya dalam ruang khusus atau ditonjolkan, yang menyajikan konten seperti PowerPoint dan juga video. 

Detail fitur ini rupanya sudah dimasukkan dalam roadmap Microsoft 365 yang sedang dikembangkan oleh Microsoft, yang berbunyi:

“Dynamic View akan secara otomatis melakukan optimasi atau menyesuaikan konten yang dibagikan oleh partisipan lain saat meeting menggunakan Teams. Akan ada pengaturan baru yang memungkinkan pengguna melakukan personalisasi tampilan itu agar sesuai dengan kebutuhan dan selera pengguna.”

Fitur Dynamic View tidak hanya bisa digunakan untuk menonjolkan konten, tetapi juga tampilan kamera milik moderator atau pembicara, sehingga fokus pengguna bisa lebih baik lagi. Pasalnya saat ini tampilan gambar yang ditonjolkan adalah acak, sehingga terkadang partisipan yang tidak berkepentingan, justru memiliki ruang paling besar. 

Microsoft Teams nantinya juga akan menonjolkan secara khusus partisipan yang menggunakan fitur ‘angkat tangan’, sehingga pengalaman dalam melakukan meeting online di Teams akan menjadi semakin baik lagi. 

Pengembangan yang dilakukan Microsoft pada aplikasi Teams ini memang bukan main-main, di mana sudah banyak fitur dan peningkatan yang dihadirkan Microsoft secara rutin dan konsisten. Tidak heran, jika pengguna Microsoft Teams kini telah mencapai lebih dari 115 juta pengguna, menjadi pesaing berat dari Zoom.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend