Fitur Network Connections Kembali Ke Control Panel Lama di Windows 11

Fitur Network Connections Kembali Ke Control Panel Lama di Windows 11

NESABAMEDIA.COMSebelumnya telah diketahui bahwa Microsoft berencana untuk mematikan Control Panel klasik di Windows, dan meluncurnya Windows 11 menjadi alasan yang cukup bagi perusahaan untuk mempercepat transisi ini. 

Microsoft ingin memindahkan setiap bagian dari Control Panel lawas ke aplikasi Settings baru yang dibundel dengan Windows dan memberikan pengalaman yang lebih modern. Namun dalam kasus tertentu, perpindahan dari Control Panel ke Settings tidak selalu terjadi dengan sempurna seperti yang diharapkan oleh Microsoft, sehingga mereka baru-baru ini memutuskan untuk mengembalikan perubahan tersebut.

Dengan kata lain, applet Network Connections telah kembali ke Control Panel sebagai bagian dari build Pratinjau Windows 11 terbaru. Microsoft memang belum menjelaskan alasan mengenai keputusan mengembalikan fitur tersebut, namun di sisi lain diharapkan hal ini hanya kebijakan sementara. 

Aplikasi Settings muncul sebagai bagian dari Windows 10 build pertama yang dirilis hampir 7 tahun yang lalu, dan sejak saat itu Microsoft terus berupaya memindahkan lebih banyak opsio dari Control Panel yang lama. Namun transisi itu lebih lama dari yang diharapkan, sehingga ini menjadi alasan mengapa Control Panel keberadaannya masih dibutuhkan setelah bertahun-tahun lamanya. 

Microsoft sendiri sampai sekarang belum membagikan kapan waktu estimasi Control Panel akan benar-benar dimatikan untuk selamanya, namun cukup jelas bahwa semua ini begitu lambat karena mereka ingin menyajikan perpindahan yang sehalus mungkin. 

Control Panel menjadi salah satu sisa peninggalan terakhir dari pengalaman Windows klasik, karena Microsoft sekarang ingin sistem operasi barunya itu terasa semodern mungkin. Tapi tentu saja, cukup jelas bahwa membuang Control Panel tidak bisa terjadi dalam waktu semalam. 

Oleh karena itu, sekarang Control Panel ditawarkan berdampingan dengan aplikasi Settings modern sebagai bagian dari apa yang sejumlah pengguna yakini sebagai pendekatan yang sedikit membingungkan yang kurang masuk akal setelah bertahun-tahun.

Meski demikian, seperti biasanya ada baiknya jika melihat Microsoft mau menanggapi permintaan banyak pengguna yang benar-benar menggunakan dan memanfaatkan sistem operasi mereka untuk tugas sehari-hari dan kebutuhan lainnya. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend