App Install Optimization Fitur Baru Play Store Untuk Tingkatkan Pemasangan Aplikasi

App Install Optimization Fitur Baru Play Store Untuk Tingkatkan Pemasangan Aplikasi

NESABAMEDIA.COMSepertinya, aplikasi di smartphone terus mengalami peningkatan besaran ukuran. Hal ini tentunya akan berdampak penggunaan kuota data internet. Pihak Google sendiri menyadari akan masalah ini, dan mereka mencoba untuk mengatasinya dengan menerapkan bundling aplikasi. Ini adalah sebuah sistem yang memungkinkan para pengembang aplikasi untuk membangun beberapa versi dari aplikasi mereka untuk perangkat dengan konfigurasi yang berbeda. Kini Google ingin menjadikannya lebih jauh lagi dengan menggunakan “App Install Optimization”. 

App Install Optimization ini adalah sebuah fitur yang akan mempelajari bagian dari sebuah aplikasi yang digunakan ketika aplikasi itu dibuka, dan menggunakan data tersebut untuk meningkatkan pembaruan dan proses peluncuran aplikasi. 

Begitu pengguna membuka aplikasi untuk pertama kalinya, Google akan memonitor bagian dari aplikasi yang sedang digunakan dan bagian mana yang tidak digunakan oleh pengguna. Misalnya ketika pengguna pertama kali mengunduh Instagram, mungkin pengguna akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mengatur profile dan menemukan teman. Jika ini adalah hal yang paling sering digunakan oleh pengguna, maka Play Store akan mengunduh bagian pengaturan profile terlebih dahulu, dan menjadikan alat posting atau story terpasang belakangan, atau akan diunduh ketika pengguna memiliki koneksi yang lebih stabil dan kuat. 

Data tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya di perangkat. Daripada harus membuka semua aplikasi yang memakan RAM, perangkat pengguna nantinya bisa memuat bagian yang paling sering digunakan, sehingga mengurangi pemuatan pada prosesor dan jumlah RAM yang dibutuhkan. 

Google Play Store App Install Optimization

Google Play Store App Install Optimization

App Install Optimization tentunya hanya akan mulai bekerja jika pengguna mengkonfirmasi kebijakan privasi Google yang sudah ada, sehingga tidak ada informasi pribadi milik pengguna yang digunakan, dan tidak akan melihat di luar lingkup aplikasi yang digunakan. Fitur tersebut disebutkan juga tidak akan mengumpulkan informasi mengenai apa saja yang diunduh dan dimuat lewat aplikasi tersebut, sehingga postingan yang dilihat atau dibuat pengguna di media sosial tidak akan dikirimkan untuk dilakukan analisa. 

Menurut beberapa pengguna, mereka mulai mendapatkan peringatan bahwa fitur App Install Optimization telah aktif di akun Play Store mereka mulai hari ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend