Apple Akan Mulai Produksi Flagship iPhone Pertama di India

NESABAMEDIA.COM – Apple dipastikan akan segera memulai produksi flagship iPhone di India. Foxconn, yang menjadi produsen Apple dilaporkan sudah mulai memproduksi unit iPhone 11 di pabrik dekat Chennai, India.

Diungkap TechCrunch melalui laporannya, flagship iPhone mulai diproduksi di India. Ini merupakan kali pertama brand teknologi top tier itu melakukan produksi di negara tersebut. Sebelumnya Apple sudah memproduksi beberapa model low priced iPhone di India sejak 2017.

Beberapa laporan juga menyebut Apple memang sudah berencana untuk memindahkan produksi ke India. Termasuk untuk model flagship iPhone yang lebih premium.

Pindahnya produsen untuk iPhone Apple dari Cina ke India tentu akan membawa perbedaan. Bukan hanya Apple tidak akan banyak bergantung dari negara tersebut saja. Melainkan juga harga yang akan lebih murah. Terutama untuk pasar India.

India menjadi pasar penjualan smartphone terbesar kedua di dunia pada 2019. Berada satu peringkat lebih tinggi dari Ameriska Serikat, dan tepat di bawah Cina. Berdasarkan dari TechCrunch, Apple berencana untuk meningkatkan produksi di India. Salah satunya demi menurunkan keterkaitan dengan Cina, yang saat ini memproduksi nyaris semua seri dan model iPhone.

Selain itu, meski Apple menempati peringkat atas untuk pasar smartphone premium di India. Angka tersebut hanya memberikan persentase 1% dari total keseluruhan pasar smartphone negara tersebut. Harga iPhone yang terlalu tinggi untuk konsumen India merupakan penyebabnya.

Untuk itu, menjual flagship iPhone buatan pabrikan lokal akan menghindari pajak impor. Saat ini diketahui India membebankan hingga 20% pajak barang impor untuk elektronik buatan negara lain.

Harga yang lebih terjangkau dengan produksi iPhone di India diharapkan bisa meningkatkan persentase penjualan Apple di negara tersebut.

Selain itu harga yang lebih terjangkau ini juga bisa berpengaruh pada market di negara-negara lain. Meski belum dijelaskan pasti apakah Apple akan memasarkan model premium pabrikan India ini ke negara lain. Atau malah hanya akan dipasarkan di India saja.

Siap menunggu bila perubahan harga ponsel iPhone premium lebih murah setelah diproduksi di India?

Leave a Reply

Send this to a friend