Bug Instagram di iOS 14

Bug Instagram di iOS 14: ‘Camera On’ Meski Tak Ambil Foto?

NESABAMEDIA.COM – Instagram di iOS 14 menunjukan bug yang cukup mengkhawatirkan. Pengguna iOS 14 versi beta menyadari kamera menyala saat sedang menggunakan aplikasi Instagram.

Sederet pengguna mengungkap adanya indikator hijau, yang menunjukan “camera on” ketika sedang menggunakan aplikasi Instagram di iOS 14. Bug ini terjadi bahkan ketika pengguna memastikan sedang tidak mengambil foto maupun video.

Juru bicara Instagram mengungkap melalui email ke The Verge bahwa perilaku tidak biasa di aplikasi tersebut merupakan bug. Saat ini juga sedang melalui proses perbaikan. Fitur Create Mode bisa diakses dari kamera Instagram. Dimana akan mengaktifkan indicator “camera on”. Swiping pada aplikasi kamera dari feed disebutkan juga bisa mengaktifkan mode ini.

“Kami hanya mengakses kamera Anda ketika Anda memberi tahu kami – misalnya, ketika Anda menggeser dari Feed ke Camera. Kami menemukan dan sedang memperbaiki bug di iOS 14 Beta yang secara keliru menunjukkan bahwa beberapa orang menggunakan kamera ketika mereka tidak melakukannya,” kata juru bicara itu. “Kami tidak mengakses kamera Anda dalam hal itu, dan tidak ada konten yang direkam.”

Bug dari Instagram di iOS 14 ini bukan pertama kali terjadi. Salah satunya disinyalir karena fitur baru dari iOS 14 untuk new user notifications yang memang cukup agresif.

Fitur new user notifications ini sebelumnya menjadi masalah ketika beberapa aplikasi mengkopi konten dari clipboard. Aplikasi seperti TikTok, LinkedIn, dan Reddit ditemukan sedang mengakses konten clipboard pengguna. Karena setiap kali aplikasi pihak ketiga mengakses clipboard perangkat dengan iOS 14, pemberitahuan akan muncul.

Perusahaan induk TikTok, ByteDance yang berbasis di Beijing, telah mengatakan awal tahun ini bahwa mereka berencana untuk berhenti mengakses clipboard perangkat. Begitu juga dengan Reddit serta LinkedIn. Reddit mengungkap segera memperbaiki kode yang menyebabkan terjadinya bug.

Tidak jauh berbeda dengan masalah pada Instagram saat ini, tahun lalu Facebook pernah berhadapan dengan bug yang sama. Aplikasi tersebut diketahui menjalankan kamera di latar belakang tanpa diketahui pengguna. Untungnya masalah tersebut dipastikan sebagai bug dan segera diatasi.

Leave a Reply

Send this to a friend