Apple Akui Strategi Eksklusifitas iMessage Agar Pengguna iOS Tidak Beralih ke Android

Apple Akui Strategi Eksklusifitas iMessage Agar Pengguna iOS Tidak Beralih ke Android

NESABAMEDIA.COMEpic dan Apple sedang bersiap untuk bertarung di meja hijau dalam kasus App Store, yakni kasus terkait Fortnite yang dihapus oleh Apple dari toko aplikasi mereka karena Epic yang mengkritik monopoli yang dilakukan Apple. Kedua belah pihak pun saling mengungkapkan pandangan mereka ke persidangan. Dalam sebuah pernyataannya, Epic mengungkap bagaimana Apple mencoba mengunci para pengguna iOS untuk tetap berada di ekosistem Apple, dengan iMessage. 

Epic mengatakan bagaimana Apple menjadikan game Fortnite yang ada di App Store tidak bisa diakses oleh pengguna di luar ekosistem Apple. Namun, pernyataan Epic itu juga mengungkap soal iMessage yang lebih menarik untuk dibahas. 

Ada seluruh bagian dalam pengarsipan berbentuk PDF yang menjelaskan soal iMessage dan cara Apple menggunakannya untuk mempertahankan para pengguna mereka tetap berada di ekosistemnya. Hal itupun secara terbuka diakui oleh pihak eksekutif Apple. 

Dalam pembelaanya, pihak Apple mengatakan mereka memang memiliki rencana untuk menghadirkan iMessage ke perangkat Android. Namun pada akhirnya rencana itu dibatalkan, karena mereka merasa akan memiliki keuntungan lebih banyak jika iMessage tetap berada di luar ekosistem Android. 

Eddie Cue, Wakil Presiden Senior dari Layanan dan Perangkat Lunak Internet Apple, mengatakan bahwa pada tahun 2013 silam, ada rencana untuk menjadikan iMessage tersedia untuk perangkat Android, dengan artian iMessage bisa mendukung cross-platform antara iOS dengan Android. Sehingga pengguna di kedua platform itu bisa saling berkirim pesan secara lancar. 

Kemudian Craig Federighi, Wakil Presiden dari Teknisi Perangkat Lunak Apple mengatakan bahwa dengan menempatkan iMessage tersedia di perangkat Android hanya akan menjadikan hilangnya batas dan hambatan bagi keluarga yang menggunakan iPhone dalam memberikan smartphone Android ke anak-anak mereka. 

Selama ini perangkat smartphone Android bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan perangkat iPhone, dan hal itu akan menjadi pilihan utama untuk diberikan kepada anak-anak. Dengan iMessage tetap berada di perangkat iOS, maka diharapkan keluarga yang menggunakan iPhone, tetap bergantung kepada produk-produk Apple. 

Pernyataan itu pun akhirnya menjadi jawaban, mengapa iMessage tidak ada dan tidak akan pernah ada untuk perangkat Android.

Leave a Reply

Send this to a friend