Apa Saja Manfaat Menggunakan VPN dan Bagaimana Cara Melakukannya.

Apa Saja Manfaat Menggunakan VPN dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Melakukan VPN Test akan berguna sebagai pengawasan terhadap alat perlindungan privasi tersebut. Dengan pengujian pula, seseorang akan merasa lebih tenang dan aman selama proses penggunaan internet. Namun sebelum mengetahui cara-caranya, mari mengenal VPN lebih jauh. 

Beberapa Manfaat Menggunakan VPN

VPN atau yang memiliki kepanjangan Virtual Private Network merupakan sebuah bantuan perlindungan kepada pengguna internet untuk berselancar dan memakai fasilitas internet dengan lebih terjaga. Berikut manfaat secara menyeluruh dari penggunaan VPN

1. Dapat Digunakan Untuk Mengakses Situs Tertentu

Di dalam internet terdapat beberapa situs yang sulit untuk diakses bahkan dilarang karena alasan geografis. Namun disebabkan kebutuhan akses data dan pengambilan informasi, banyak pihak yang membutuhkannya sehingga perlu jalur khusus untuk menuju situs tersebut. 

Maka dari itu, dengan bantuan VPN maka Anda akan masuk ke situs tujuan dengan menggunakan alamat samaran. Dengan demikian akan lebih banyak akses bahkan untuk situs dari luar negeri yang sebagian dibatasi oleh hukum lokasi geografis. 

2. Mengamankan Privasi Lebih Baik

Selama mengakses internet ada banyak protokol serta bebas lalu lintas data yang dapat membuat informasi diri mudah ditemukan. Pemerintah atau penyedia layanan internet dapat mendeteksi aktivitas pengguna sekaligus data yang dimasukkan. 

Riwayat log aktivitas tersebut dapat diperjualbelikan di berbagai negara untuk memperluas bidang pemasaran. Oleh sebab itu, hal ini dapat dicegah dengan memanfaatkan secara maksimal  VPN test. Selain itu perlu untuk melakukan pengecekan lebih lanjut tentang keamanannya. 

3. Menghindari Jejak Kunjungan

Adapun manfaat yang ketiga adalah menghindari jejak kunjungan oleh pengguna. Dengan demikian, Anda bisa mengakses situs tanpa meninggalkan data apapun mengenai privasi atau riwayat pencarian sejak mulai pengaksesan hingga selesai menggunakannya. 

Kunjungan tersebut pun tidak akan disadari atau diketahui oleh pihak penyedia website karena bantuan VPN. Perlindungan ini pula yang banyak diandalkan oleh pengguna demi menjaga privasi tanpa diketahui oleh pihak manapun terutama website yang dikunjungi. 

Beberapa Cara Melakukan VPN Test

Menguji ketahanan VPN terhadap berbagai kebocoran sangat penting guna memproteksi berbagai kegiatan berinternet dengan lebih baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar pengguna mengetahui seberapa efektif fasilitas VPN yang digunakan. Berikut uraiannya.

1. Pengujian Kebocoran DNS

Pengujian kebocoran DNS dapat dilacak untuk menemukan adanya ketidakefektifan dari sebuah VPN. DNS memudahkan akses ke situs web dengan menerjemahkan nama ranah menjadi alamat IP. Alamat IP tersebut akan disembunyikan oleh VPN. Berikut cara mengujinya. 

  • Sambungkan VPN ke lokasi di luar negara asal
  • Gunakan peralatan tertentu untuk menghubungkannya
  • Jika terdapat alamat IP, lokasi dan informasi lain yang sesuai maka DNS bocor
  • Lakukan antisipasi dengan memilih VPN terenkripsi
  • Lakukan pengujian ulang hingga DNS tidak bocor

2. Pengujian Kebocoran Alamat IP

Tidak semua alat VPN memberikan janji perlindungan seperti yang dipromosikan. Oleh sebab itu, tak hanya cukup dengan memilih produk VPN terpercaya namun juga wajib menguji kekuatannya dalam menutup data privasi dan riwayat Anda. Berikut cara selengkapnya. 

  • Lakukan pemutusan internet saat VPN sedang aktif
  • Lalu sambungkan kembali dan jalankan pengujian
  • Segarkan masing-masing tab website yang telah terbuka
  • Jika VPN telah tersambung ulang, lakukan pemberhentian penyegaran
  • Periksa ulang hasil pengujian 
  • Jika alamat IP Anda terdeteksi pada berbagai tab, maka telah terjadi kebocoran. 
  • Gunakan VPN lain hingga seluruh data Anda terenkripsi 

3. Pengujian Kebocoran WebRTC

Pengujian kebocoran WebRTC berguna untuk mengetahui seberapa aman penggunaan situs yang tanpa perlindungan akan merekam berbagai data hingga percakapan dan video yang berhubungan dengan pengguna. Adapun cara pengujiannya adalah sebagai berikut. 

  • Buka aplikasi peramban
  • Pilih situs WebRTC
  • Lakukan pengujian terhadap VPN yang Anda gunakan
  • Nonaktifkan WebRTC untuk mencegah kebocoran data
  • Perhatikan kembali hasil pengujian
  • Beralihlah ke VPN lain jika terjadi kebocoran
  • Lakukan pengujian ulang hingga VPN benar-benar aman

Demikian informasi tentang manfaat menggunakan VPN sekaligus cara mengoperasikan VPN Test guna memastikan kinerja alat digital tersebut. Meski secara khusus tidak diatur oleh pihak penyedia VPN, namun langkah ini sangat penting untuk menindaklanjuti jika kemungkinan terjadi kebocoran sistem.

Leave a Reply

Send this to a friend