Apple dan Microsoft Hentikan Penjualan Produk dan Layanan di Rusia

Apple dan Microsoft Hentikan Penjualan Produk dan Layanan di Rusia

NESABAMEDIA.COMMenindaklanjuti invasi Rusia atas Ukraina yang dilancarkan sejak pekan lalu, negara-negara NATO dan sejumlah perusahaan teknologi mengambil langkah serius untuk membatasi akses Rusia dalam mendapatkan produk dan sumber daya ekonomi. Kini giliran Apple dan Microsoft yang saling berbagi rencana untuk menghentikan penjualan mereka di Rusia. 

Dalam pengumuman resminya, Apple mengungkapkan rasa keprihatinan mereka mengenai invasi yang dilakukan Rusia itu. Mereka mengatakan pihaknya mendukung siapapun yang ada dalam bahaya dan mendukung pemberian bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Ukraina. 

Selain itu, Apple juga menyatakan bahwa mereka telah menghentikan sementara semua penjualan produk di Rusia dan telah mulai membatasi penggunaan Apple Pay dan layanan terkait. Aplikasi untuk outlet propaganda yang didanai pemerintah Rusia, RT dan Sputnik sekarang hanya tersedia untuk pengguna di negara itu saja. 

Apple turut mengikuti pendekatan yang diambil Google dengan menghentikan visualisasi peta lalu lintas di Ukraina, sebagai tindakan keamanan dan pencegahan bagi warga Ukraina. Perusahaan menandatangani dengan mengatakan akan terus mengamati peristiwa yang terjadi dan tetap berkomunikasi dengan sejumlah pemerintah mengenai aksi yang mereka ambil. 

Langkah Apple ini meningkatkan suara kecaman di seluruh dunia terhadap tindakan Rusia, sejak mereka melakukan invasi pada tanggal 24 Februari lalu. Dengan mata uang Rubel yang terus melemah dan orang-orang berebut antre di ATM Moskow untuk menarik uang mereka, sepertinya seluruh masyarakat Rusia merasakan dampak dari sanksi ekonomi itu. 

Sementara itu, Microsoft yang sebelumnya memberikan kecaman atas invasi Rusia dan mengungkap adanya serangan siber yang menyerang Ukraina menjelang invasi, serta berjanji akan melindungi infrastruktur teknologi Ukraina kini mengambil langkah baru. Microsoft akan secara aktif membantu pemerintah Ukraina dalam mempertahankan diri dari serangan siber yang dilancarkan Rusia di berbagai bidang.

Seperti halnya Apple, Microsoft menghentikan sementara semua penjualan dari produk-produk dan layanan mereka di Rusia. Mereka juga mengatakan berkoordinasi dengan pihak pemerintah Amerika Serikat, Uni Eropa dan Inggris, untuk menyetop sejumlah bisnis yang memiliki hubungan dengan Rusia, sebagai bagian dari penetapan sanksi tersebut. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend