Apple M1 Windows 10 Kalahkan Surface Pro

Apple M1 Permalukan Surface Pro X, Saat Jalankan Windows 10 ARM

NESABAMEDIA.COMWindows 10 ARM ternyata bisa berjalan dengan cepat, jauh lebih cepat di perangkat Apple yang menggunakan chip M1, dibandingkan dengan perangkat rivalnya yakni Surface Pro X yang menggunakan CPU SQ2 ARM.

Adapun eksperimen ini dilakukan oleh seorang pengembang bernama Alexander Graf, yang kemudian mengunggah cuitan mengenai hasil dari eksperimen menjalankan Windows 10 ARM di perangkat M1. Dari hasil itu sangat nampak adanya perbedaan yang cukup jauh dari prosesor buatan Apple melawan Microsoft ARM.

Graf menjelaskan bahwa eksperimen ini dia lakukan dengan menggunakan virtualisasi, bukan menggunakan emulasi, melalui QEMU dengan tambahan sejumlah patch untuk menjalankan Windows 10 ARM di chip M1. 

“Ini ARM asli. Berjalan di Windows ARM64 Insider Preview yang divirtualisasikan melalui framework Hypervisor. Tidak ada penggunaan emulator di sini,” kata Graf.

Dengan menggunakan pengaturan tersebut, Apple M1 berhasil mencapai skor sekitar 1.300 single-core di Geekbench 5, dan sekitar 5,400 di multi-core. Sementara itu Microsoft Surface Pro X, menghasilkan skor sekitar 800 dan 3.000, jadi tidak hanya sedikit lambat, tetapi jauh lebih lambat dalam menjalankan sistem operasi buatan Microsoft itu sendiri.

Tentu saja, raihan skor ini bisa dibilang sedikit memalukan bagi Microsoft, karena memang M1 merupakan silicon mutakhir, seperti yang terungkap dalam hasil eksperimen itu. Hal ini juga bisa dijadikan refleksi, bagaimana Apple begitu jauh mendorong kemampuan dari chip M1 untuk menunjang MacBook terbaru mereka. 

Banyak pihak sangat terkesan dengan kinerja perangkat keras baru Apple, dan memang Macbook Air (M1,2020) menempati posisi teratas dalam daftar laptop untuk tahun ini. Mesin M1 diketahui menggunakan teknologi Rosetta 2, yang secara efektif mampu menerjemahkan aplikasi yang ditulis untuk chip Intel, sehingga mereka bisa berjalan dengan baik di perangkat keras ARM yang baru. 

Dalam uji coba lainnya yang menggunakan aplikasi lama dan baru yang telah dikode untuk CPU Intel, aplikasi itu bisa berjalan sangat baik di perangkat M1, dengan tanpa banyak perbedaan yang mencolok dari sisi performa.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend