• Our Partners:

Apple Miliki Pengguna Paling Loyal, 90 Persennya Tidak Mau Beralih ke Brand Lain

Apple Miliki Pengguna Paling Loyal, 90 Persennya Tidak Mau Beralih ke Brand Lain

Consumer Intelligence Research Partnership (CIRP) melakukan penelitian untuk mengetahui brand smartphone mana yang paling memiliki pengguna paling loyal. Seperti yang diharapkan, Apple ternyata menjadi pemimpin. Lebih dari 90% pengguna Apple sangat loyal, dengan memilih iPhone sebagai perangkat mereka berikutnya, jika ingin memperbarui atau meningkatkan.

CIRP mencatat bahwa peran besar dalam komitmen pengguna yang tinggi terhadap Apple ini adalah bahwa perusahaan tersebut adalah satu-satunya produsen perangkat iOS. Artinya, pengguna yang tidak ingin mengubah cara biasa mereka untuk berinteraksi dengan perangkat, atau tidak mau repot dengan transfer data, terpaksa membeli iPhone. Sebaliknya, pengguna Android merasa jauh lebih mudah untuk bermigrasi dari satu produsen smartphone ke yang lain.

Adapun merek lain yang dapat membanggakan loyalitas pengguna yang tinggi adalah Samsung, yang menempati urutan kedua setelah Apple. Kurang dari 70% pengguna smartphone perusahaan Korea Selatan itu lebih memilih perangkat Galaxy ketika memilih perangkat berikutnya, yang juga merupakan indikator yang sangat tinggi.

Motorola menempati urutan ketiga. Lebih dari 40% pemilik perangkat perusahaan tetap berkomitmen pada merek tersebut. Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat, di mana tidak ada smartphone dari merek Cina di pasar, yang menjelaskan ketidakhadiran mereka dalam daftar peringkat penelitian CIRP tersebut.

Data penelitian juga menunjukkan bahwa Apple menyumbang 43% dari semua smartphone yang dijual di pasar Amerika Serikat dalam tiga tahun terakhir. Samsung berada di posisi kedua dengan pangsa 31%. LG menutup tiga besar dengan 9%, tetapi angka ini akan menurun dengan cepat, karena tahun ini perusahaan meninggalkan pasar ponsel.

Terlepas dari segala masalah yang ada terkait kebijakan-kebijakan Apple terkait masalah privasi dan monopoli, laporan CIRP tersebut tentu menjadi sebuah hal yang bisa dibanggakan oleh Apple. Terlebih terkait rencana Apple yang akan melakukan pemindaian terhadap segala konten media yang ada di dalam smartphone pengguna, termasuk itu konten video, foto dan dokumen. Ekosistem iOS yang tertutup sepertinya menjadi faktor utama pengguna yang loyal tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend