• Our Partners:

Apple Patenkan ‘Group Selfie’ Untuk Foto Bareng Tanpa Bertemu

NESABAMEDIA.COM – Di bulan Juni 2020 ini, sebanyak 57 hak paten berhasil didapatkan oleh Apple, dan salah satu diantaranya adalah hak paten teknologi untuk mengambil foto selfie bersama dari jarak jauh. Dengan teknologi ini, dua orang atau lebih yang masing-masing berada di lokasi terpisah bisa tetap foto bersama tanpa bertemu muka sekalipun.

Secara garis besar, cara kerjanya seperti berikut ini. Pertama-tama, pengguna yang ingin membuat foto bersama harus mengambil foto diri sendiri terlebih dulu.

Selanjutnya, pengguna mengundang semua orang yang diinginkannya. Setiap orang yang menyetujui undangan tersebut kemudian mengambil foto selfie dilokasinya masing-masing. Misalnya, Y di Surabaya, B di Bandung, dan X di Malang.

Setelah itu, setiap foto selfie dibagikan ke setiap ponsel milik partisipan yang secara otomatis akan digabungkan di dalam sebuah gambar. Jadi nantinya setiap orang punya dua versi foto, yaitu foto diri sendiri dan foto bersama.

Konsep Group Selfie dari Apple

Yang lebih hebat lagi, posisi setiap orang di dalam foto bersama akan tertata dengan sendirinya. Jika ada yang perlu dirubah, pengguna bisa melakukannya secara manual. Jadi, yang posisinya semula ada di kiri, bisa dipindah ke kanan. Yang tadinya di belakang dan hampir tidak terlihat karena badannya kalah tinggi, bisa dipindah ke posisi paling depan.

Karena setiap orang bisa mengedit foto bersama diponselnya masing-masing, maka nantinya akan ada lebih dari satu versi foto bersama yang tampilannya berbeda satu sama lain. Foto bersama yang ada di ponsel Y, misalnya, bisa saja menampilkan foto Y di bagian depan. Sedangkan foto bersama di ponsel X, yang tampil paling depan adalah X.

Melihat dari situasi pandemi global seperti sekarang ini, barangkali ada banyak orang yang mengira bahwa ide teknologi di atas muncul karena Apple melihat adanya peluang di balik social distancing. Tapi, ide di atas sudah muncul sejak lama, dan permintaan hak patennya sudah diajukan sejak tahun 2018. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Corona.

Masih belum ada kejelasan mengenai status konsep yang sudah dipatenkan tersebut. Mungkin Apple sudah diam-diam berusaha untuk mewujudkannya menjadi kenyataan sejak hak patennya diajukan, sehingga tidak lama lagi pengguna perangkat iOS bisa menikmatinya, atau mungkin gagasan tersebut selamanya akan hanya menjadi sebuah konsep. [az/tn]

Tags:,

Leave a Reply

Send this to a friend