Google Chrome Cegah Data Hilang Akibat Drag and Drop File

NESABAMEDIA.COM – Pengguna PC, dan juga pengguna laptop yang lebih sering memakai mouse daripada touchpad, kadang lebih suka upload gambar ke sebuah website dengan cara drag and drop daripada melalui kotak dialog Open File. Banyak yang sependapat bahwa cara itu lebih praktis. Namun, ada satu masalah yang dari dulu masih sering terjadi.

Untuk mengunggah gambar, biasanya gambar harus diseret ke dalam area upload pada website. Jika gambar “terjatuh” di luar area upload, laman web yang sedang terbuka akan tertutup dan sebagai gantinya gambar tersebut akan ditampilkan secara utuh. Laman web tersebut bisa dibuka kembali dengan mudah, tapi biar bagaimanapun juga rasanya tetap saja mengganggu. Apalagi kalau laman web itu berisi form. Gara-gara salah drop gambar, data yang sudah diisikan ke dalam form bisa lenyap sehingga pengguna harus mengetik ulang.

Masalah ini sebenarnya sudah dikeluhkan sejak tahun 2015 tapi tidak kunjung ada solusinya. Sampai akhirnya seorang pengembang Microsoft Edge, Eric Lawrence, membuat sebuah patch untuk menyiasatinya.

Kini patch tersebut sudah diterapkan di Google Chrome Canary. Gambar yang di-drop di browser tidak akan lagi terbuka di dalam tab yang sedang aktif, melainkan di dalam tab baru, jadi tidak akan ada lagi isian form yang hilang akibat file yang di-drop di luar area upload.

Jika pengguna memang ingin menggunakan tab yang sudah ada untuk membuka sebuah file di dalam browser, misalnya untuk melihat gambar atau membaca dokumen PDF, maka file tersebut harus diseret dan dijatuhkan pada tombol tab yang terletak di bawah address bar.

Solusi lain yang disediakan Eric Lawrence adalah dengan drag and drop file pada ruang kosong di bilah tab. Cara yang demikian akan membuka file di dalam tab yang terpisah dari tab-tab yang sudah ada.

Saat ini perubahan terbaru tersebut hanya bisa dicoba di Canary, jadi pengguna versi stabil Google Chrome harus bersabar menunggu. Bagi pengguna Microsoft Edge, tidak perlu iri hati karena nantinya perubahan yang sama juga akan mendarat di browser andalan Microsoft tersebut. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend