saingan perangkat audio apple logitech bose dan sonos

Apple Stop Jual Perangkat Audio Pesaing, Ambisi Rilis Produk Sendiri?

NESABAMEDIA.COM – Apple Inc. telah menghentikan penjualan perangkat audio (headphone dan speaker nirkabel) dari para pesaingnya termasuk Sonos Inc., Bose Corp. dan Logitech International SA saat perusahaan bersiap untuk meluncurkan produk audio barunya sendiri.

Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California telah lama menjual perangkat keras pihak ketiga di situs webnya, salah satu operasi e-niaga terbesar di dunia. Semua headphone dan speaker dari Bose, speaker dari merek Logitech Ultimate Ears, dan speaker pintar terbaru Sonos menghilang dari toko online Apple pada akhir bulan lalu, menurut pemeriksaan oleh Bloomberg.

Karyawan di lokasi ritel fisik Apple juga diperintahkan untuk menghapus produk yang akan dijual di toko dalam beberapa hari terakhir. Saham Sonos turun sebanyak 7% dalam perdagangan yang diperpanjang menyusul berita tersebut.

Langkah tersebut dilakukan saat Apple mengembangkan beberapa produk baru untuk memperluas strategi perangkat audio buatannya. Headphone over-ear bermerek Apple pertama dapat diumumkan pada awal tahun ini, Bloomberg telah melaporkan. Perusahaan juga telah mengerjakan versi yang lebih kecil dari speaker pintar HomePod-nya.

Baca selengkapnya: Apple Mengembangkan Headphone Kelas Atas Dengan Komponen yang Dapat Ditukar

Apple telah membersihkan rak ritel digital dan fisiknya sebelumnya untuk memberi jalan bagi produk barunya sendiri. Pada 2014, Apple berhenti menjual perangkat wearable Fitbit Inc. segera setelah Apple Watch diumumkan. Perusahaan menarik produk Bowers & Wilkins beberapa tahun lalu dan mengeluarkan perangkat Bang & Olufsen dari rak toko awal tahun ini.

Apple telah menawarkan produk dari Bose dan Logitech selama beberapa tahun, tetapi untuk sementara menghentikan penjualan aksesori Bose pada tahun 2014 setelah Bose menggugat Beats milik Apple atas pelanggaran paten, sebuah kasus yang dengan cepat diselesaikan.

Apple mulai menjual beberapa speaker Sonos pada tahun 2016 sebelum menghentikan penjualan perangkat tersebut beberapa tahun yang lalu. Pada bulan Januari, Apple mulai menjual speaker One SL Sonos yang tidak memiliki asisten suara digital pesaing, tetapi menghapus perangkat tersebut dari toko online bulan lalu.

Apple mengatakan secara teratur melakukan perubahan pada produk yang dijualnya saat aksesori pihak ketiga baru dirilis dan kebutuhan pelanggan berubah. Ia juga mengatakan toko-tokonya terus menjual sekelompok aksesori pihak ketiga yang dikurasi untuk membantu pelanggan mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Apple.

Bose memastikan Apple tidak lagi menjual aksesorisnya. Ultimate Ears mengatakan telah diberitahu oleh Apple bahwa “mereka tidak akan lagi membawa speaker pihak ketiga secara eceran mulai September dan seterusnya.” Sonos merujuk komentar ke Apple.

Pada hari Senin, satu-satunya headphone yang ditawarkan oleh Apple adalah AirPods dan AirPods Pro miliknya sendiri, selain produk dari anak perusahaan Beats. Satu-satunya speaker pintar di situs web Apple adalah speaker HomePod dan Beats Pill + miliknya sendiri. Ini menjual satu produk pihak ketiga yang dapat dianggap sebagai speaker, speaker ruang konferensi buatan Pioneer yang dihubungkan ke iPhone, tetapi produk tersebut tidak bersaing dengan penawaran Apple mana pun.

Leave a Reply

Send this to a friend