ARM Catatkan Rekor Penjualan dan Laba Bersih

ARM Catatkan Rekor Penjualan dan Laba Bersih

NESABAMEDIA.COM Saat ini, prosesor buatan ARM menjadi pondasi untuk sebagian besar chipset smartphone yang ada di pasaran. Entah itu adalah chipset Qualcomm Snapdragon, MediaTek Dimensity, Apple Silicon atau Samsung Exynos, kemungkinan besar itu semua dibangun menggunakan teknologi ARM. 

Beberapa hari yang lalu, perusahaan dengan nama ARM Limited ini mengumumkan laporan keuangan perusahaan, termasuk pendapatan dan keuntungan untuk tahun fiskal 2021, dan untuk menyenangkan hati para investornya, ARM melaporkan telah berhasil memecahkan rekor pendapatan penjualan tahunan dan keuntungan sepanjang tahun 2021. 

Dalam pernyataan pers-nya, ARM mengungkap bahwa total pendapatan penjualan untuk tahun 2021 meningkat sebesar 35% jika dibandingkan dengan tahun 2020, totalnya adalah sebesar $2.7 miliar. Peningkatan paling kuat diketahui berasal dari pendapatan royalti dan non-royalti. Sementara untuk laba bersih, perusahaan mencatatkan rekor baru EBITDA sebesar $1 miliar, yang naik sebesar 68%. 

Secara spesifik, pendapatan non-royalti ARM dari lisensi untuk tahun 2021 meningkat 61% menjadi $1 miliar, karena perusahaan memperluas portofolio produk dan model bisnis baru seperti ARM Flexible Access yang memberikan pelanggan alasan lebih untuk melisensikan teknologi ARM. 

Sementara untuk pendapatan royalti, mengalami peningkatan sebesar 20% dibandingkan tahun 2020 menjadi $1,54 miliar, yang disokong oleh pertumbuhan konsisten dari smartphone 5G, lebih banyak chipset ADAS dan IVI yang digunakan di kendaraan, dan peningkatan harga untuk microcontrollers 32-bit. 

Dalam pernyataan penutupnya, CEO ARM Mr Rene Has mengatakan, “Catatan kami menunjukkan bahwa permintaan akan teknologi ARM dan kekuatan ekosistem ARM tidak pernah sebesar ini. Platform komputasi kami akan mendukung rangkaian evolusi teknologi berikutnya di seluruh komputasi awan, sistem otomotif dan otonom, IoT, Metaverse dan sebagainya. 

Di saat kami melihat masa depan yang dibangun di atas ARM, prioritas kami adalah untuk bisa terus mewujudkan strategi bisnis kami, menyediakan mitra dengan solusi yang mereka butuhkan melalui investasi lebih lanjut dalam roadmap dan bakat teknik kami, dan bersama-sama ekosistem kami mendefinisikan ulang masa depan komputasi.”

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend