Apa itu Bahasa Pemograman BASIC

Apa itu Bahasa Pemrograman BASIC?

Bahasa pemrograman merupakan kumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat menjalankan tugas atau fungsi tertentu. Ada banyak bahasa pemrograman komputer yang bisa Anda pelajari. Salah satunya adalah BASIC yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian Bahasa Pemrograman BASIC

Pernah mendengar bahasa pemrograman BASIC? BASIC merupakan singkatan dari Begninners All Purpose Symbolic Instruction Code. Dari nama panjangnya Anda sudah bisa menebak bahwa bahasa pemrograman ini memang dibuat untuk digunakan oleh mereka yang baru mempelajari bahasa pemrograman. Seseorang yang berjasa dalam membuat BASIC adalah John G. Kemeny yang merupakan seorang profesor dari Dartmouth College serta Thomas E. Kurtz di tahun 1960.

Meskipun begitu, bahasa pemrograman BASIC termasuk bahasa tingkat tinggi atau high level language. Bahasa ini juga termasuk sebagai bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap pemecahan masalah atau problem oriented language. Sudah banyak orang yang menggunakan BASIC dan memang bahasa ini mampu digunakan untuk berbagai keperluan mereka.

Pengertian Bahasa Pemrograman BASIC

Dengan menggunakan BASIC, Anda bisa membuat sebuah program yang sederhana meskipun tidak memiliki pengetahuan yang memadai seputar bahasa pemrograman komputer. Sejak awal kehadirannya, BASIC sudah mengalami berbagai macam perubahan. Saat ini, sudah banyak jenis dan juga versi dari BASIC seperti di bawah ini:

  • Applesoft BASIC
  • MBASIC
  • CBASIC
  • IBASIC
  • BASIC ISAM
  • GBASIC
  • KBASIC
  • BASICA
  • Power BASIC
  • GW BASIC
  • QBASIC
  • VISUAL BASIC
  • dan lain sebagainya

Sekadar informasi bahwa BASICA merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk microprosessor Intel 80286, 8086, dan juga 08386. M-DOS dan juga IBM PC DOS merupakan sistem informasi yang dibuat untuk keperluan microprosessor tersebut.

Awal Kemunculan Bahasa Pemrograman BASIC

Sebenarnya di awal kemunculannya bahasa pemrograman BASIC digunakan sebagai alat pengajaran. Namun seiring berkembangnya BASIC, bahasa ini telah digunakan untuk membuat beragam program yang sederhana. Saat ini, BASIC termasuk sebagai bahasa pemrograman yang umum digunakan. Bahasa ini dianggap sebagai sebuah langkah yang perlu dipelajari oleh siswa sebelum mereka memasuki bahasa pemrograman yang lebih kompleks.

Saat ini, BASIC (di dalam bentuk Visual .NET BASIC maupun Visual Basic) telah menjadi bahasa komputer yang paling banyak diperkenalkan di kalangan pelajar. Kemudian, hadirnya komputer pribadi membuat bahasa pemrograman BASIC semakin tersebar. Berbagai tutorial dan juga buku tentang pemrograman BASIC semakin membuat bahasa ini terkenal.

Setelah itu, di tahun 1975 Bill Gates dan Paul Allen memperkenalkan versi BASIC untuk keperluan komputer pribadi. Ini merupakan produk pertama dari Microsoft yang dijual. Setelah itu, Microsoft kembali memperkenalkan BASIC yang digunakan untuk komputer Apple serta IBM DOS.

Itulah penjelasan singkat mengenai bahasa pemrograman BASIC. Bahasa ini memang belum terlalu familiar di telinga kita. Namun sebenarnya BASIC merupakan bahasa pemrograman yang diajarkan pada para pelajar sebelum mereka menggunakan bahasa pemrograman yang lebih rumit.

Leave a Reply

Send this to a friend