Apa itu Keyboard Mekanikal

Apa itu Keyboard Mekanikal? Mengenal Pengertian Keyboard Mekanikal

Mendengar kata keyboard pasti semua orang akan merujuk pada papan ketik yang digunakan pada komputer, laptop, maupun smartphone. Keyboard adalah sebuah perangkat yang berfungsi memasukkan huruf, angka, simbol, maupun perintah-perintah tertentu. Perintah yang Anda ketikkan di keyboard kemudian akan dimunculkan pada layar monitor.

Ada beberapa jenis keyboard di dunia. Salah satunya adalah keyboard mekanikal. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dan alasan kenapa keyboard mekanikal banyak digunakan.

Pengertian Keyboard Mekanikal

Keyboard mekanikal merupakan salah satu jenis keyboard yang ada saat ini. Keyboard ini termasuk keyboard berkualitas tinggi yang diaktifkan menggunakan tombol switch serta mempunyai susunan pegas sehingga mampu mengaktifkan sirkuit pada bawah papan keyboard. Ada beberapa varian switch yang akan memberikan pengalaman yang berbeda setiap kali Anda menggunakan keyboard mekanikal.

Pengalaman dan perasaan tersebut terjadi karena berasal dari hubungan antara pegas dan juga sirkuit yang berasal dari berbagai switch yang berbeda. Misalnya switch linear yang memberi perasaan secara langsung pada ujung jari. Ada juga tactile switch yang seolah-olah memberi hentakan ke tangan seperti merasakan pentalan di ujung jari. Hal ini memberikan perasaan seolah-olah Anda benar-benar menekan tombol tersebut.

Kenapa Anda Harus Menggunakan Keyboard Mekanikal?

Pengertian Keyboard Mekanikal

Dibandingkan berbagai jenis keyboard lainnya, ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan keyboard mekanikal:

1. Tahan Lama

Alasan pertama mengapa Anda harus menggunakan keyboard mekanikal karena jenis keyboard ini terbukti awet. Keyboard ini memang dirancang agar bisa tahan terhadap berbagai “gempuran tangan”. Bahkan perusahaan pembuat keyboard mekanikal mengklaim bahwa produknya mampu tahan terhadap 60 juta tekanan pada setiap tombolnya.

2. Mengurangi Kesalahan Ketik

Jika Anda sering menggunakan keyboard mekanikal, maka akan timbul perasaan tersendiri. Anda akan merasakan perbedaan pada setiap tombolnya. Memang perasaan seperti ini sulit untuk dijelaskan.

Namun ketika Anda sudah terbiasa menggunakan keyboard mekanikal, Anda bisa merasakan sensasi ketika menekan tombol K, A, P, dan berbagai tombol lainnya. Maka tidak heran jika banyak orang yang bisa mengetik tanpa melihat tombol pada keyboard. Hal ini karena mereka sudah bisa membedakan sensasi menekan setiap tombolnya.

3. Bisa Dihias dan Dirawat

Keyboard mekanik merupakan jenis keyboard yang mudah dirawat dan dihias. Bahkan Anda bisa memperindah tampilan keyboard tersebut. Secara teknik, setiap tombol pada keyboard bisa dicabut baik menggunakan tangan Anda sendiri maupun menggunakan alat. Selain itu, jika Anda memahami skema dari keyboard mekanik, maka Anda bisa dengan mudah mengganti keycap, switch, lampu LED Backlit, dan bahkan kerangka keyboard itu sendiri.

4. Memberikan Kepuasan Ketika Menggunakan

Ketika Anda menggunakan keyboard mekanikal, Anda akan merasakan perasaan puas setelah menggunakannya. Kenyamanan ketika mengetik menggunakan keyboard ini ditambah dengan hadirnya lampu backlit yang membuat keyboard mekanikal semakin keren. Terdapat sensasi tersendiri memang Ketika Anda mengetik maupun setelah mengetik menggunakan keyboard mekanikal.

Leave a Reply

Send this to a friend