Apa itu Bahasa Pemrograman Delphi

Apa itu Bahasa Pemrograman Delphi? Mengenal Bahasa Pemrograman Delphi

Mungkin Anda pernah atau sering mendengar istilah Delphi. Namun Anda belum mengetahui apa sebenarnya Delphi itu. Delphi merupakan IDE compiler yang digunakan sebagai bahasa pemrograman Pascal.

Bahasa pemrograman Delphi digunakan untuk membuat sebuah aplikasi. Bahasa ini juga bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman yang menerapkan visualiasi yang juga bisa Anda temukan pada Visual Basic. Akan tetapi, bahasa yang digunakan oleh Delphi sama dengan Pascal.

Secara umum, Delphi digunakan untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi yang berbasis dekstop. Namun seiring dengan berjalannya waktu membuat Delphi bersifat general purpose. Delphi digunakan untuk membuat aplikasi Windows serta program yang berbasis jaringan server atau client. Bahasa pemrograman ini juga bisa digunakan untuk merancang sebuah program .Net.

Kenapa Harus Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi?

Kenapa Harus Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi

Kita tahu bahwa ada banyak bahasa pemrograman saat ini. Anda bisa memilih mana bahasa pemrograman yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi, jika kita membandingkan bahasa pemrograman Delphi dengan yang lain, maka Delphi memiliki beberapa kelebihan. Ketika Anda sudah selesai membuat aplikasi dan ingin menjalankan aplikasi tersebut, maka secara otomatis sudah dibaca sebagai program oleh bahasa Delphi tanpa harus menjalankannya secara terpisah.

Selain itu, source code yang sebenarnya turunan dari Pascal membuat Anda tidak perlu menyesuaikan lagi. Bahasa pemrograman Delphi juga memberikan kemudahan di dalam mendistribusikan maupun mengatasi masalah yang berkaitan dengan versioning. Kelebihan lainya adalah Delphi juga membuat optimasi compiler menjadi lebih cepat.

Bahasa Delphi termasuk bahasa multi platform. Itu artinya, Delphi bisa digunakan untuk sistem operasi seperti Windows, iOS, maupun Linux. Bahkan sekarang Delphi sudah bisa digunakan oleh perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Program ini juga nanti bisa mengkompilasi sehingga menjadi sebuah aplikasi yang bersifat portable.

Kekurangan Bahasa Pemrograman Delphi

Setiap ada kelebihan tentu ada kekurangan. Bahasa pemrograman Delphi juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah libary dan platform memerlukan filter-filter header yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Pascal. Selain itu, terdapat juga masalah bahasa yang ada pada dokumentasi platform serta beberapa teknik yang agak sulit ditemukan di dalam Pascal.

Meskipun begitu, kekurangan yang dimiliki oleh Delphi tetap membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang diminati. Tidak sedikit orang yang memilih menggunakan bahasa pemrograman Delphi dibandingkan bahasa pemrograman yang lain.

Penggunaan Bahasa Pemrograman Delphi

Ketika membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Delphi, kita dimudahkan dengan adanya fungsi drag and drop. Meskipun untuk beberapa kasus, kita masih perlu membuat kodenya terlebih dahulu.

Bagi Anda yang ingin belajar Delphi, kami menyarankan untuk menggunakan Delphi Community Edition. Versi ini memang disarankan untuk Anda yang ingin belajar maupun hanya ingin membuat aplikasi sederhana. Namun jika Anda ingin membuat aplikasi yang lebih kompleks, maka Anda bisa menggunakann yang versi Pro.

Leave a Reply

Send this to a friend