Apa itu Bahasa Pemrograman SAS?

Apa itu Bahasa Pemrograman SAS?

SAS merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh SAS Institute. Bahasa ini digunakan untuk melakukan analisa pengembangan, manajemen data, analisis prediktif, dan lain sebagainya. SAS dikembangkan oleh seseorang bernama Dr. James Goodnight yang dibantu oleh rekan-rekannya.

Mereka mulai membuat bahasa pemrograman SAS di North Carolina State University. Ketika berdirinya SAS Institute, bahasa ini kemudian dikembangkan lebih lanjut mulai tahun 1980 sampai dengan 1990 dengan memberikan beberapa komponen tambahan serta pengenalan JMP.

Di dalam SAS, terdapat berbagai komponen yang digunakan untuk mengakses data maupun flat, memanipulasi data, un-formatted, maupun menghasilkan sebuah output grafis yang kemudian akan ditampilkan di halaman web maupun untuk berbagai tujuan lainnya. Bahasa ini juga menjadi sebuah platform utama di dalam melakukan penelitian akademis maupun analisis data di dalam lembaga tertentu.

SAS menjadi sebuah program analisis statistik standar yang dipakai untuk mengirim uji farmasi klinis berkaitan dengan administrasi Food and Drugs AS. SAS menawarkan berbagai fungsi yang sangat bermanfaat untuk digunakan untuk berbagai keperluan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika bahasa pemrograman SAS menjadi salah satu yang terkenal pada waktu itu.

Untuk menjalankan berbagai tujuan tersebut, maka pemrograman SAS digunakan bersama dengan SAS/STAT. Sementara itu, untuk versi terbaru saat ini adalah SAS/STAT 9.3.

Komponen yang Terdapat di Dalam Bahasa Pemrograman SAS

Komponen yang Terdapat di Dalam Bahasa Pemrograman SAS

Di dalam bahasa pemograman SAS terdapat beberapa komponen seperti di bawah ini:

  • SAS/STAT: komponen yang berperan dalam hal analisis statistik
  • SAS/GRAPH: komponen yang digunakan untuk membuat grafik dna juga presentasi
  • Base SAS: komponen yang berisi prosedur dasar dan juga manajemen data
  • SAS/ETS: komponen tentang analisis Time Series dan Ekonometrika
  • SAS/IML: komponen mengenai interaktif bahasa matriks
  • SAS/OR: operation research
  • SAS/AF: fasilitas aplikasi
  • SAS/QC: kualitas kontrol
  • SAS/INSIGHT: data mining
  • SAS/PH: analisis tentang percobaan klinis
  • Enterprise Miner: data mining

Perbedaan SAS/STAT dengan Program Aplikasi yang Lain

Perlu Anda ketahui bahwa SAS/STAT tidak sama dengan pemrograman yang dimiliki oleh aplikasi statistik yang lainnya. Pertama, SAS/STAT tidak dijual dalam satu paket seperti yang Anda temukan pada aplikasi statistik yang lain. Namun SAS/STAT dalam bentuk lisensi. Selain itu, untuk bisa menggunakan SAS/STAT maka Anda harus memiliki keterampilan di dalam menggunakan bahasa pemograman SAS.

Meskipun versi terakhir dari SAS/STAT sudah berbasis Windows, namun bukan berarti untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengklik ikon seperti ketika menggunakan aplikasi berbasis Windows yang lainnya. Ketika Anda menggunakan SAS/STAT, Anda perlu menuliskan perintah yang nanti akan dikerjakan oleh SAS/STAT. Sementara aplikasi lainnya, Anda hanya perlu mengklik ikon yang tersedia di layar.

Tentu hal ini membuat pengguna bisa menyesuaikan kebutuhannya. Hanya saja, yang menjadi kekurangan dari SAS/STAT adalah Anda harus terlebih dahulu menguasai bahasa pemrograman SAS. Dengan begitu, Anda benar-benar bisa menggunakan SAS/STAT dengan baik tanpa mengalami kesulitan.

Leave a Reply

Send this to a friend