Baru, Windows 10 Build 20152 Resmi Rilis Pada Dev Channel

NESABAMEDIA.COM – Pernahkah Anda mendengar tentang Windows Insider?

Dalam rangka mendekatkan pengguna dengan pengembangan Windows 10, Microsoft memiliki program Windows Insider. Program ini memungkinkan pengguna untuk mencoba fitur baru pada Windows 10 lebih cepat.

Fitur percobaan ini terdapat pada Preview Build yang ditampilkan melalui model ring. Pada bulan ini, Windows Insider melakukan transisi dari model ring menuju model channel. Salah satunya adalah perubahan fast ring menjadi Dev Channel untuk pengguna yang lebih memahami hal teknis atau penguji teknis.

Sejak meluncurkan Dev Channel, pihak Microsoft tetap rajin memperbarui Preview Build hampir setiap minggu. Adapun Preview Build terakhir yang diluncurkan bernomor 20152. Perlu Anda ketahui bahwa Preview Build sebelumnya bernomor 20150 yang rilis pada 17 Juni lalu.

Windows 10 Insider Preview Build 20152 (Sumber: Windows TenForums)

Windows 10 Insider Preview Build 20152 (Sumber: Windows TenForums)

Dalam peluncuran Build 20152, terdapat berbagai penyelesaian issue atau masalah yang muncul dari Build sebelumnya.

Pertama, masalah pada instalasi Notepad. Tanpa diduga, sebelumnya aplikasi editor teks ini akan terhapus ketika melakukan restart atau mulai ulang pada komputer. Pihak Microsoft pun menyarankan agar pengguna melakukan instalasi ulang Notepad melalui Optional Features (fitur opsional) pada bagian Settings (pengaturan).

Masalah kedua yang sudah terselesaikan adalah tidak ada tombol atau button Continue untuk melanjutkan setelah dialog box Window sneeds space to continue. Hal ini merupakan penanda keterbatasan memori tersedia untuk melakukan aksi tertentu.

Selanjutnya, tidak sedikit pengguna yang tidak melihat ikon Windows Update pada bar notifikasi saat seharusnya melakukan reboot. Namun pihak Microsoft telah menyelesaikan masalah ini sehingga pembaruan bisa berjalan dengan optimal.

Masalah terakhir yang sudah dipecahkan terkait dengan IME (Input Method Editor). Tidak hanya telah sukses menampilkan status ON atau OFF sesuai dengan keadaan sebenarnya, pihak Microsoft juga berhasil membenahi mode indikator pada IME.

Namun, pembaruan yang dibawa oleh Build 20152 justru menghadirkan bug atau masalah lebih banyak. Beberapa masalah yang dimaksud antara lain ialah layar yang buram saat melakukan upgrade dari versi Build sebelumnya, waktu pembaruan yang terlalu lama, dan beberapa aplikasi gagal diinstal.

Sebenarnya, masih banyak daftar masalah setelah peluncuran Build 20152 yang bisa dilihat pada situs resmi Windows. Bahkan pengguna terus rajin menggali potensi masalah yang tersedia sebagai tantangan dan kebanggaan tersendiri.

Bagaimana dengan Anda, apakah mulai tertarik untuk menjadi bagian dari program Windows Insider?

Leave a Reply

Send this to a friend