Begini Cara Download dan Install PowerToys di Windows 10

Powertoys adalah sebuah tool pertama kali yang dipublikasikan di zaman era Windows 95. Namun tool ini tidak bertahan lama, karena sudah dihentikan penggunaannya pada zaman era Windows XP. Di era Windows 10 ini microsoft kembali mempopulerkan tool ini yang sudah lama ditinggalkan dengan berbagai penawaran fungsi untuk pengguna-penggunanya.

Didalam Powertoys Anda akan mendapatkan berbagai macam sistem utilitas dan tweak yang berfungsi agar dapar meningkatkan produktifitas penggunanya ketika memakai Windows.

Saat ini fitur-fitur yang ada di powertoys ada berbagai macam, contohnya seperti awake, color picker, fancyzones, file explorer add-ons, image resizer, keyboard manager dan lain sebagainya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengetahui cara download dan install powertoys di Windows 10.

Cara Download dan Install PowerToys di Windows 10

Mungkin Anda baru pertama kali mendengar PowerToys. Nah maka ada baiknya untuk saya memperkenalkan beberapa fungsi utilitas yang ada didalam powertoys. Simak penjelasan mengenai berbagai sistem utilitas powertoys yang ada di bawah ini.

  • Awake : Awake diciptakan agar dapat membuat komputer menyala tanpa perlu untuk mengelola di bagian menu pengaturan daya dan sleep. Fungsi ini bisa membantu Anda ketika sedang menjalankan beberapa tugas yang dapat memakan waktu cukup lama. Karena fungsi ini dapat memastikan kepada Anda bahwasanya komputer tak akan tertidur maupun mematikan monitornya.
  • Color Picker : Color Picker merupakan sebuah utilitas untuk mengambil berbagai warna dari seluruh sistem yang ada. Cara mengaktifkannya Anda cukup mengklik tombol Win + Shift + C.
  • FancyZones : FancyZones merupakan suatu pengelola jendela yang dapat memudahkan Anda dalam membuat tata letak jendela yang berantakan dan kamu dapat dengan cepat memposisikan jendela tersebut kedalam tata letak tersebut.
  • File Explorer Add-on : Fitur ini akan mengaktifkan preview pane rendering yang ada di File Explorer agar dapat menampilkan ikon bertipe data SVG atau .svg serta Markdown atau .md. Anda dapat mengaktifkan panel tersebut dengan memilih tab Lihat yang ada di File Explorer dan kemudian memilih button Priview Pane.

Ada berbagai macam utilitas-utilitas lainnya didalam Powertoys, Anda dapat mengeceknya dengan masuk kedalam link berikut. Anda akan menemukan segudang manfaat yang ditawarkan oleh tools PowerToys tersebut. Tertarik untuk mencoba PowerToys? Anda dapat menginstallnya dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengecek terlebih dahulu versi Windows yang ada dikomputer Anda. Untuk bisa menggunakan fitur powertoys ini, Anda harus memiliki versi Windows 10 1803 (build 17134) atau versi diatasnya.

2. Jika sudah mengecek versi Windows 10 yang Anda miliki dan sudah memenuhi syarat, maka selanjutnya masuklah kedalam link GitHub berikut untuk mendownload installer PowerToys. Downloadlah versi paling terbaru dari aplikasi PowerToys tersebut.  Saat ini PowerToys berada di versi 16.0. Klik link installer aplikasi PowerToys yang berekstensi .msi seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Download PowerToys di Windows 10

2. Maka akan muncul jendela Setup pada aplikasi PowerToys. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses Installasi.

powertoys

3. Maka jendela PowerToys akan memberikan anda Preview License yang berlaku di aplikasi tersebut. Lalu klik tombol Next lagi untuk melanjutkan.

Cara Download dan Install PowerToys di Windows 10

4. Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk memberikan destinasi folder dimana aplikasi ini akan disimpan. Untuk langkah ini kamu dapat membiarkannya saja dan klik tombol Next untuk melanjutkan.

powertoys

5. Nah selanjutnya aplikasi Powertoys sudah siap untuk di Install. Klik tombol Install pada jendela Setup tersebut.

Cara Download dan Install PowerToys di Windows 10

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara menginstall powertoys di Windows 10. Silakan untuk mengikuti langkah diatas dan nikmati manfaatnya.

Leave a Reply

Send this to a friend