Masalah TPM 2.0 Windows 11 Bisa Berdampak Ke Perangkat Lunak Lain

Masalah TPM 2.0 Windows 11 Bisa Berdampak Ke Perangkat Lunak Lain

NESABAMEDIA.COMMicrosoft tidak begitu baik dalam mengkomunikasikan persyaratan sistem minimum yang ditetapkan untuk Windows 11. Upaya itu sangat buruk, bahkan mereka sampai menarik tool PC Health Check yang berfungsi mengecek kelayakan perangkat pengguna. Namun, beberapa persyaratan sudah ditetapkan, seperti teknologi keamanan TPM 2.0 yang sudah ada di banyak komputer dalam lima tahun terakhir. 

Persyaratan sistem Windows 11 ini, bagaimanapun, akan segera menjadi standar di antara perangkat lunak pihak ketiga yang akan mengandalkan cryptoprocessor untuk keamanan tambahan dan tindakan anti-kecurangan.

Microsoft membenarkan persyaratan TPM 2.0 sebagai elemen kunci dalam meningkatkan keamanan Windows 11 pada tingkat perangkat keras yang lebih mendalam. Fakta bahwa sebagian besar PC, terutama laptop dan desktop pre-built, telah terpasang dan mengaktifkan TPM 2.0 hampir membuat persyaratan itu tetap diberikan. Ini sejalan dengan persyaratan bahwa hanya prosesor Intel generasi ke-8 dan setara AMD yang akan didukung secara resmi.

Dengan Windows 11 yang membutuhkan TPM 2.0 langsung, beberapa pengembang perangkat lunak lain mungkin juga akan mengadopsinya untuk persyaratan keamanan mereka sendiri. Game populer Riot Games, Valorant, misalnya, membutuhkan keberadaan TPM 2.0 agar bisa dimainkan. Namun, tidak jelas apakah persyaratan itu berlaku untuk Windows 11 atau bahkan Windows 10.

Valorant yang akan menggunakan solusi berbasis TPM untuk mengimplementasikan mekanisme anti-cheatnya bukanlah hal yang luar biasa, tetapi pemikiran yang sama dapat diterapkan pada aplikasi dan perangkat lunak apa pun yang memerlukan semacam ID unik yang aman. Bahkan bisa digunakan untuk menerapkan semacam DRM untuk menggagalkan tindak pembajakan.

Meskipun itu tidak akan menimbulkan masalah untuk PC Windows 11 yang memenuhi syarat, tidak semua PC akan dapat memenuhi persyaratan minimum Microsoft tersebut. Microsoft masih memungkinkan komputer yang tidak memenuhi persyaratan tersebut untuk memasang Windows 11 dengan risiko ditanggung pengguna itu sendiri. Namun, itu tidak berarti mereka akan bisa memainkan Valorant favorit mereka jika tidak ada TPM 2.0, atau perangkat lunak lain yang memutuskan untuk menggunakan modul keamanan yang sama.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend