Begini Cara Menghubungkan Android ke PC Windows 10 via Bluetooth

Bluetooth sudah sangat terkenal di pasar ponsel. Bagaimana tidak? Setiap handphone telah dilengkapi fitur bluetooth untuk melakukan pertukaran data. Bluetooth juga memiliki kecepatan transfer 720 kbps dalam jarak 10 sampai 100 meter.

Meski tidak selalu menyadarinya, kita telah terbiasa dengan komunikasi nirkabel. Biasanya Anda dapat menggunakan bluetooth untuk mendownload foto dari kamera digital, mendengarkan lagu pada speaker di mobil, menghubungkan headset nirkabel, menghubungkan mouse wireless ke laptop, dsb.

Begitu banyak kegunaan yang kita dapat dari bluetooth ini. Selain bisa terhubung dengan antara dua handphone, Bluetooth juga bisa digunakan untuk mengirim data dari handphone ke laptop. Bagaimana cara menghubungkannya? Yuk, simak penjelasan cara menghubungkan android ke PC windows 10 via bluetooth berikut ini.

Cara Menghubungkan Android ke PC Windows 10 via Bluetooth

1. Klik start menu, lalu pilih settings.

1-settings

2. Selanjutnya, pilih menu Devices.

1-devices

3. Perhatikan panel sebelah kiri, klik pada bagian Bluetooth & other devices. Geser tombol slider Bluetooth ke arah kiri untuk menghidupkannya sehingga berubah menjadi warna biru. Anda juga bisa melihat nama bluetooth pada perangkat PC.

2-on

4. Klik hidden show icons yang berada di sudut kanan bawah. Kemudian, pilih menu bluetooth. Pilih add a bluetooth device.

cara menghubungkan android ke PC windows 10 via bluetooth

5. Aktifkan bluetooth di handphone Anda, jangan lupa Scan for bluetooth device. Pastikan pada perangkat tersebut muncul nama perangkat bluetooth laptop yang akan disambungkan.

5-scan

6. Selanjutnya, klik nama perangkat bluetooth tersebut. Nanti, akan muncul opsi pemasangan di handphone maupun Windows.

cara menghubungkan android ke PC windows 10 via bluetooth

7. Pada android akan muncul kode sebagai permintaan pemasangan. Klik Pair.

6-pair

8. Di Windows 10 pun akan muncul kode yang sama, dan untuk menyambungkan klik Yes.

cara menghubungkan android ke PC windows 10 via bluetooth

9. Jika berhasil akan ada pemberitahuan Pair Device Connection Succeeded seperti gambar di bawah ini.

4-sukses

10. Nantinya di perangkat android yang telah tersambung, nama perangkat bluetooth laptop Anda (LAPTOP-UHJRS9K8) akan muncul pada Paired Devices.

cara menghubungkan android ke PC windows 10 via bluetooth

Jika sudah tampak seperti gambar di atas, maka artinya kita sudah berhasil menyambungkan bluetooth Android dengan PC Windows 10, dan bisa langsung digunakan untuk transfer data, baik itu mengirim maupun menerima.

Begitulah cara menghubungkan Android dengan PC Windows 10 dengan sangat mudah. Jika ingin mengirim file dari HP caranya klik Hidden Show Icons, lalu pilih Receive a file. Setelah itu, di HP Android kamu buka file yang akan kamu bagikan, dan kirimkan melalui bluetooth yang sudah terpasang. Semoga bermanfaat. Terimakasih dan selamat mencoba tutorial di atas!

Leave a Reply

Send this to a friend