Begini Cara Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia

Bagaimana cara mengubah bahasa Classroom ke bahasa Indonesia? Bagi anda yang sekarang menerapkan LMS atau Learning Management System, pasti anda tidak asing dengan aplikasi bernama Classroom.

Classroom atau Google Classroom merupakakan aplikasi yang digunakan dalam mengelola proses pembelajaran menjadi lebih efektif tanpa harus bertatap muka. Aplikasi ini termasuk salah satu yang terbaik dan sudah banyak orang yang menggunakannya.

Meskipun ada beberapa aplikasi lainnya dengan fungsi yang sama seperti Edmodo, Moodle, Qiupperschool, namun tetap membuat aplikasi Classroom ini masih banyak digunakan.

Terlebih dengan kondisi sekarang ini dimana sektor pendidikan harus terkena imbas dari dampak virus Corona atau Covid-19. Siswa dan guru diminta untuk melangsungkan pembelajaran secara daring sehingga perlu adanya inovasi baru untuk memudahkan guru dan siswa dalam berkomunikasi terkait proses pembelajaran.

Cara Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia

Untuk memudahkan anda dalam menggunakan Classroom, anda perlu mengubah bahasanya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Adapun langkah-langkah cara mengubah bahasa classroom ke bahasa indonesia lewat HP Android:

1. Beberapa pengguna ingin mengubah default bahasa pada aplikasi Google Classroom mereka.

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 1

2. Untuk mengubah default bahasa Google Classroom, tinggal masuk ke menu Settings.

Cara Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia

3. Setelah itu anda masuk ke menu System.

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 3

4. Lalu pilih Languages & input.

Tutorial Cara Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia

5. Pilih Languages.

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 5

6. Untuk menambahkan opsi bahasa Indonesia, tinggal pilih Add a language.

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 6

7. Pilih Indonesia (Indonesia).

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 7

8. Bahasa Indonesia sudah berhasil ditambahakan ke HP anda.

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 8

9. Geser ke posisi teratas seperti pada contoh dibawah ini.

Cara Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia Terbaru

10. Buka kembali aplikasi Google Classroom. Bahasanya pun sudah berubah menjadi bahasa Indonesia.

Mengubah Bahasa Classroom ke Bahasa Indonesia 10

Manfaat Adanya Aplikasi Classroom

Salah satu cara yang dapat dipilih di dalam memudahkan proses pembelajaran secara online adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat pembelajaran tetap bermakna meskipun tanpa harus bertemu langsung adalah dengan Google Classroom.

Ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh ketika menggunakan aplikasi ini. Beberapa manfaat tersebut akan kami berikan penjelasannya sebagai berikut.

1. Proses Pengaturan Aplikasi yang Cepat

Manfaat Google Classroom yang pertama adalah aplikasi ini bisa langsung anda gunakan tanpa harus banyak mengaturnya. Google Classroom ternyata lebih mudah dan cepat di dalam proses setting-nya dibandingan dengan aplikasi LMS yang lain. Guru bisa langsung memulai kelas online dengan membagikan bahan ajar dan juga tugasnya.

Selain itu, guru juga bisa dengan mudah ketika hendak menambahkan siswa. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang semakin dan lebih tertarik untuk menggunakan Classroom dibandingkan dengan aplikasi yang lain.

2. Hemat Waktu

Pelajaran yang efektif dan efisien merupakan sala satu kunci kesuksesan dari pembelajaran itu sendiri. Untuk membantu guru dalam mensukseskan pembelajaran secara online, maka guru bisa menggunakan Google Classroom.

Aplikasi inilah yang nanti akan membuat guru bisa menulai dan mengajar di kelas online tersebut tanpa harus membuang waktu yang banyak. Yang perlu dilakukan guru adalah dengan menyiapkan dan membagikan bahan ajar kepada semua siswa yang sudah bergabung.

Selain itu, guru dapat dengan mudah ketika hendak membuat peringkat siswa maupun juga ketika hendak membagikan tugas yang harus dikerjakan siswa. Dengan semua kemudahan yang diberikan inilah membuat waktu yang diperlukan dalam proses pembelajaran ini menjadi relatif lebih singkat. Namun untuk menunjang pembelajaran yang hemat waktu disarankan agar perangkat yang digunakan memiliki koneksi internet yang stabil.

3. Hemat Kertas

Manfaat menggunakan aplikasi Google Classroom yang ketiga adalah aplikasi ini mampu menghemat penggunaan kertas. Bahkan anda tidak menggunakan kertas sama sekali alias paperless.

Semua materi dan tugas yang diberikan oleh akan langsung dibagikan di aplikasi tersebut. Tugas siswa hanyalah mengerjakannya langsung dari aplikasi tersebut. Dengan kata lain, siswa sudah tidak perlu mendownload lagi karena bisa langsung dikerjakan di aplikasi.

4. Meningkatkan Komunikasi

Penggunaan aplikasi Classroom memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dan berkomunikasi secara online. Hal ini bermanfaat untuk mulai membangun kemampuan komunikasi siswa agar mampu menyampaikan gagasan atau idenya dengan baik.

Selain itu, secara tidak langsung menggunakna aplikasi Classroom juga dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa sehingga pengalaman belajar secara online akan memberikan kesan yang bermakna bagi guru maupun siswa.

Seperti itulah cara mengubah bahasa classroom ke bahasa indonesia lewat HP Android. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend