pengertian google classroom

Pengertian Google Classroom Beserta Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, dengan adanya pandemi corona COVID-19 hampir seluruh negara dan kegiatan ekonomi menjadi lumpuh. Negara kita saat ini memberlakukan pelarangan untuk keluar rumah, baik untuk bekerja ataupun bersekolah. Sehingga seluruh masyarakat harus bekerja atau belajar dari rumah.

Tentunya hal tersebut akan menganggu proses belajar para siswa terlebih lagi bagi mereka yang sedang duduk di tahun terakhir. Meskipun begitu, para siswa tetap harus belajar walaupun melalui cara online.

Saat ini dengan adanya teknologi, banyak aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran seperti Google Classroom, Edmodo, dan lain sebagainya. Untuk saat ini cara mengajar yang paling aman adalah melalui aplikasi Google Classroom.

Pengertian Google Classroom

Google Classroom (Ruang Kelas Google) merupakan sebuah aplikasi pembelajaran campuran yang dilakukan secara online dan dapat digunakan secara gratis. Google Classroom juga merupakan produk ciptaan google yang terintegrasi dengan  drive, gmail, hangout, calendar, dan youtube dan calendar.

Fasilitas yang ditawarkan oleh google classroom cukup banyak, sehingga memudahkan para pendidik atau guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran disini maksudnya bukan hanya dilakukan di dalam kelas saja, tapi pendidik juga bisa melakukannya di luar kelas karena siswa atau peserta didik bisa melakukan pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan menggunakan google classroom secara online.

Para pendidik atau guru dapat membuat kelas mereka masing – masing lalu membagikan kode kelas yang mereka miliki atau mereka bisa mengundang siswa mereka masing – masing. Aplikasi google classroom dibuat untuk membantu seluruh ruang lingkup pendidikan yang memberikan kemudahan para siswa untuk menemukan dan mengatasi kesulitan saat proses pembelajaran, membagikan pelajaran dan mengerjakan tugas tanpa harus datang ke kelas.

Google classroom adalah suatu learning management system yang bisa digunakan untuk menyediakan bahan ajar dan tes atau tugas yang terhubung dengan penilaian. Perbedaan media google classroom dengan media pembelajaran lainnya yaitu efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang dimiliki oleh google classroom.

Tujuan utama dari aplikasi pembelajaran Google Classroom adalah untuk memudahkan proses berbagi file antara pendidik dan peserta didik. Google Classroom menggabungkan beberapa produk google lainnya yaitu Google Drive berfungsi sebagai pembuatan serta distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides berfungsi sebagai penulisan, Gmail berfungsi sebagai komunikasi, dan Google Calendar berfungsi sebagai penjadwalan. Para peserta didik  dapat diundang oleh pendidik untuk bergabung dengan kelas melalui kode yang dibagikan, atau secara otomatis dimasukkan dari domain sekolah.

Setiap kelas dapat membuat folder terpisah di Drive masing-masing para penggunanya, yang mana siswa bisa mengirimkan tugasnya untuk nantinya dinilai oleh guru. Aplikasi google classroom tersedia di perangkat Android ataupun iOS yang mana pengguna dapat mengambil foto serta melampirkan tugasnya, dapat berbagi file dari aplikasi lainnya serta dapat mengakses informasi secara offline. Guru juga bisa memantau perkembangan setiap siswanya, dan guru juga bisa saling bekerja sama dengan siswa melalui fitur komentar yang tersedia.

Manfaat Google Classroom

Apa itu Google Classroom? Pengertian Google Classroom

Google Classroom merupakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi yang terangkum dalam LMS (Learning Managemen System).
Google Classroom memberikan pengalaman yang terbaik bagi guru dan siswa saat melakukan proses pembelajaran. Manfaat utama yang diberikan google classroom adalah kemudahan dalam melakukan pembelajaran. Berikut ini beberapa manfaat lainnya dari google classroom: .

1. Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman

Proses set up yang dilakukan di Google Classroom sangatlah cepat dan nyaman jika dibandingkan harus mendaftar ke provider LMS atau menginstall LMS lokal. Guru cukup mengakses aplikasi Google Classroom dan bisa langsung mulai membagikan bahan ajar ataupun tugas – tugas.

Guru harus memasukkan daftar siswa secara mandiri atau guru bisa membagikan kode unik kepada para siswa untuk mengakses kelas yang sudah dibuat. Google Classroom memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga cocok untuk para guru walaupun dengan tingkat pengalaman e-Learning yang berbeda – beda.

2. Dapat menghemat waktu

Google classroom memungkinkan siswa untuk tidak harus mengunduh tugas atau pelajaran yang diberikan oleh guru. Guru hanya membuat lalu mendistribusikan dokumen untuk siswa mereka secara online. Guru juga bisa menentukan peringkat siswanya, memberikan umpan balik untuk tugas – tugasnya, serta memberikan penilaian hanya menggunakan aplikasi google classroom.

Dengan demikian, guru dan siswa dapat menghemat waktu. Semua yang dilakukan menggunakan paperless, sehingga waktu tidak akan terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan siswa pun bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu, sehingga mereka akan lebih mudah untuk memenuhi deadline yang diberikan dan jadwal belajar pun bisa disesuaikan dengan jadwal sehari – hari.

3. Menjalin kolaborasi, kerjasama, dan komunikasi

Manfaat google classroom berikutnya yang termasuk paling penting adalah memungkinkan para guru dan siswa melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru bisa memberikan pemberitahuan ke para siswa untuk mulai diskusi online atau memberitahu tentang tugas atau kegiatan pembelajaran.

Para siswa juga mempunyai kesempatan untuk melakukan umpan balik dengan siswa lainnya dengan mengunggah langsung ke fitur diskusi. Jadi, jika siswa membutuhkan bantuan karena kesulitan dalam memahami tugas, mereka bisa langsung mendapatkan masukan dari teman sekelasnya.

4. Penyimpanan data yang terpusat

Dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, semua data ditempatkan di dalam satu lokasi yang terpusat. Gutu bisa melihat seluruh tugas di dalam folder tertentu, guru juga bisa menyimpang bahan ajar serta kegiatan secara cloud dan semua nilai atau peringkat dapat langsung dilihat di dalam aplikasi. Guru ataupun siswa tidak harus khawatir dengan dokumen yang akan hilang, karena semuanya tersimpan di dalam LMS yang gratis ini.

5. Dapat berbagi sumber daya secara efisien dan cepat

Pembaruan materi pembelajaran atau bahan ajar pasti akan terjadi dari waktu ke waktu. Setiap kurikulum sudah pasti harus mempunyai acuan jelas, tapi saat akan ada pembaruan atau perkembangan terbaru siswa harusnya mendapatkan informasi tersebut. Dengan menggunakan google classroom, hal tersebut dapat mungkin terjadi. Guru bisa memberikan update materi dan informasi dengan cepat, dan bisa dimanfaatkan oleh para siswa saat itu juga.

Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Pengertian Google Classroom dan Kelebihannya

Selain memiliki banyak manfaat, google classrom juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Google Classroo.

Kelebihan Google Classroom

1. Tampilan yang mobile Friendly untuk pemula

Kelebihan pertama adalah aplikasi yang mobile friendly bagi para pemula, artinya orang yang baru pertama kali menggunakan google classroom tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya. Walaupun memiliki desain tampilan yang sederhana, google classroom memiliki banyak fitur yang bisa digunakan.

2. Dapat  dengan mudah mengelola tugas yang diberikan
Selain dapat digunakan dengan mudah, google classroom memiliki fitur lain yang bisa dengan mudah memperlihatkan satu halaman yang menyediakan laman tugas yang diberi oleh guru. Sehingga siswa tidak perlu lagi repot – repot untuk mencari tugas apa yang sudah diberikan oleh guru.

Materi atau bahan ajar yang diberikan akan otomatis tersampaikan ke halaman siswa dan guru juga bisa mengirimnya lewat email. Google classroom memberikan banyak pilihan untuk guru dalam memberikan tugas atau materi, yaitu bisa dalam bentuk dokumen, foto, tulisan, gambar dan jenis file lainnya.

3. Seluruh file akan masuk ke akun Google Drive

Seluruh bentuk file baik doc, mp4, pdf, ataupun zip akan masuk otomatis ke dalam akun google drive pengguna, sehingga tidak perlu lahi mencari penyimpanan lain untuk menyimpan file yang di upload. Google classroom juga mensikronisasikan antara akun google classroom dan akun gmail yang Anda gunakan.

4. Dapat dengan mudah meninjau tugas sebelum dikirim

Google classroom juga memberikan fitur untuk melihat tugas sebelum dikirim. Karena meninjau tugas pasti sangat diperlukan agar dapat melihat kesalahan atau kekurangan dari tugas sebelum dikirim.

5. Mudah dalam melihat pengumuman dari guru

Google classroom memberikan kemudahan untuk para guru dalam memberikan informasi baik tugas, absensi, ataupun pengumuman lainnya. Sehingga para guru tidak akan repot lagi untuk memberikan pengumuman lewat sms atau lewat media lainnya.

Kekurangan Google Classroom

1. Tampilan yang kurang menarik bagi siswa

Tampilan yang dimiliki aplikasi google classroom memang terlihat mobile friendly, tapi masih kurang menarik bagi para siswa. Google classroom awalnya hanya menampilkan gambar berupa kartun, tapi alangkah lebih baiknya tampilan memberikan sebuah gambar yang lebih menarik lagi agar siswa tidak merasa bosan.

2. Google Drive penuh, file error

Ketika google drive yang Anda miliki penuh maka Anda tidak akan bisa mengirim dokumen atau file alias error. Hal tersebut pasti sangat mengganggu sekali, sehingga mengharuskan siswa atau guru membeli drive baru ataupun meng-install penyimpanan cloud lagi.

3. Waktu pengiriman dapat diatur sesuka hati

Saat mengirim file di google classroom pengguna dapat mengatur waktu pengirimannya. Maksudnya adalah, jika seorang siswa terlambat mengirim file tugas, ia bisa mengundurkan waktu di handphone-nya agar bisa mengirim filenya. Padahal ia sudah lewat dari deadline. Google classroom mungkin belum menyadarinya atau mungkin guru bisa mengetahuinya.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang pengertian google classroom, beserta manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend