Perangkat Microsoft Surface Duo

Begini Jadinya Jika Windows 10 Digunakan di Surface Duo

NESABAMEDIA.COMWindows Phone mungkin bisa dibilang tidak begitu dipedulikan atau mendapatkan perhatian lebih dari Microsoft. Ketidakmampuan Microsoft dalam memanajemen dan mengisi jarak antar sejumlah produk mereka, melahirkan sejumlah kekacauan. 

Ide yang ada di Windows Phone sebenarnya sudah mati sejak Microsoft memutuskan berhenti merilis fitur baru beberapa waktu yang lalu. 

Microsoft juga menghentikan produksi ponsel Lumia, dan juga pabrikan PC termasuk HP berhenti merilis model baru ponsel dengan sistem operasi Windows sejak Elite 3X. Setelah meninggalkan proyek Windows Mobile, sebenarnya Microsoft masih menjalankan proyek lain yang sejenis, yakni Andromeda, sebuah perangkat dengan dual screen, sebelum akhirnya beralih ke Surface Duo.

Proyek Andromeda itu juga kemudian ditinggalkan setelah kondisi Windows Store App tidak kunjung mengalami perbaikan. Microsoft akhirnya lebih memilih membuat lusinan aplikasi untuk Android dan iOS seperti, Office, Microsoft Launcher, OneNote dan lainnya. Bahkan Microsoft kemudian bekerjasama dengan Samsung melalui seri Galaxy untuk bisa terintegrasi dengan layanan mereka, termasuk salah satunya aplikasi Windows 10 Your Phone.

Sejumlah laporan juga menyebut bahwa Microsoft sedang mempertimbangkan rencana baru mereka pada perangkat besar seperti Surface Neo yang bisa berjalan baik di Windows Core dan aplikasi Android. 

Rumor tersebut rupanya benar adanya. Pada Oktober 2019, Microsoft mengejutkan semua pihak dengan merilis Surface Duo. Sebuah perangkat mobile dual screen yang dilengkapi dua layar berukuran 5.6 inci dan bisa menjalankan secara penuh versi Android berlisensi dan layanan Google lainnya dalam satu perangkat.

Jika dirangkum, ini berarti Microsoft gagal dengan proyek Windows 10 Mobile, Windows Store, dan sistem operasi Andromeda, Microsoft akhirnya justru memutuskan memproduksi ponsel dual-screen dengan OEM Android.

Namun, apa jadinya jika ternyata Surface Duo itu menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya? Salah seorang pengguna mengunggah sebuah video yang menunjukkan Surface Duo sedang berjalan menggunakan Windows 10. 

Microsoft Surface Duo Windows 10

Microsoft Surface Duo Windows 10

Diketahui, hal itu terwujud berkat sebuah aplikasi yang bernama “Duet Display”. Sebuah aplikasi yang diklaim bebas lag yang bisa menjadikan Surface Duo sebagai ekstensi dari perangkat desktop Windows. Pada dasarnya aplikasi itu mengizinkan pengguna untuk mengakses aplikasi Windows secara langsung melalui perangkat Android yang mendukung Google Play Store.

Pengembang aplikasi Duet Display pun menjanjikan pengalaman yang bebas lag dan performa mengagumkan serta bisa berjalan dengan lancar di perangkat Surface Duo. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Send this to a friend